Lima Hal Utama Dalam Kegiatan Promosi
Sebelum mengenal arti promosi, kita harus bisa mengenal definisi dari promosi tersebut. Promosi yaitu suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain, sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Tujuan promosi secara ringkas ialah meningkatkan cashflow perusahaan.
Oleh karena itu agar promosi bisa berjalan efektif dan efisien maka ada lima hal utama yang perlu dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut :
1. Who
Who disini berarti siapa sih sebenarnya target market atas produk/jasa yg kita tawarkan. Pemahaman atau penentuan siapa target market produk/jasa yg dituju sangatlah penting karena menyangkut kebutuhan setiap target market bisa berbeda.
2. Where
Setelah mengetahui secara spesifik siapa target market sebenarnya, maka kita harus mengetahui dimana (where) sebagian besar target market biasanya berada/berkumpul. Hal ini perlu kita ketahui agara promosi yang dibuat lebih tepat sasaran pada market yang dituju.
3. What
What mempunyai arti apa, jadi apa saja yang dapat diberikan oleh produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga menjadi solusi atas kebutuhan target market yang dituju. Semakin solusi yang ditawarkan sama dengan kebutuhan target market yang dituju, maka akan banyak yang melakukan pembeli atau transaksi.
4. Why
Why disini menyangkut mengapa sasaran atau target market memilih membeli dari kita bukan dari pesaing langsung. Nilai tambah apa yang dapat diberikan oleh produk atau jasa, sehingga orang harus membeli ditempat kita.
5. How
Untuk how disini menyangkut bagaimana cara kita mampu menginformasikan segala kelebih yang dimiliki oleh produk atau jasa yang ditawarkan pada target market yang dituju.
Jika sudah mampu mengidentifikasi lima hal utama seperti diatas, maka akan memudahkan kita melakukan kegiatan promosi. Jadi nantinya promosi akan berjalan efektif dan efisien. (*DI)
No comments:
Post a Comment