Saul Bass - Desainer Grafis Amerika
Saul Bass (8 Mei 1920 - 25 April 1996) adalah seorang desainer grafis Amerika dan pembuat film, paling dikenal untuk desain dari film urutan judul, film poster dan logo perusahaan. Selama karir Bass 40 tahun bekerja untuk beberapa pembuat film yang paling menonjol Hollywood, termasuk Alfred Hitchcock, Otto Preminger, Billy Wilder, Stanley Kubrick dan Martin Scorsese.
Di antara yang paling terkenal urutan judul adalah kertas animasi cut-out dari lengan seorang pecandu heroin untuk Preminger ini The Man dengan Golden Arm, kredit balap naik dan turun apa yang akhirnya menjadi tembakan tinggi-sudut gedung pencakar langit di Hitchcock North by Northwest, dan teks yang terputus-putus ras bersama-sama dan terpisah dalam Psycho.
Saul Bass lahir pada tanggal 8 Mei 1920, di Bronx, New York, Amerika Serikat, Amerika Utara, Eropa Timur ke orang tua imigran Yahudi. Dia lulus dari James Monroe SMA di Bronx dan belajar paruh waktu di Art Students League di Manhattan sampai menghadiri kelas malam dengan Kepes György di Brooklyn College. Ia memulai waktunya di Hollywood selama 1940-an melakukan pekerjaan cetak untuk film iklan, sampai ia bekerja sama dengan pembuat film Otto Preminger untuk merancang sebuah poster film yang untuk nya 1954 Film Carmen Jones.
Preminger sangat terkesan dengan pekerjaan Bass bahwa ia memintanya untuk menghasilkan urutan judul juga. Ini adalah ketika Bass pertama kali melihat kesempatan untuk membuat urutan judul yang pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman penonton dan berkontribusi pada suasana hati dan tema film dalam saat-saat pembukaan. Bass adalah salah satu orang pertama yang menyadari potensi kreatif pembukaan dan penutupan kredit dari film.
Bass menjadi dikenal secara luas di industri film setelah membuat urutan judul untuk Otto Preminger's The Man dengan Golden Arm (1955). Subyek film adalah perjuangan musisi jazz untuk mengatasi nya heroin kecanduan, subjek tabu di pertengahan 1950-an. Bass memutuskan untuk menciptakan inovatif urutan judul untuk mencocokkan subjek kontroversial film. Dia memilih lengan sebagai gambar pusat, karena merupakan citra yang kuat berkaitan dengan heroin kecanduan. Judul menampilkan sebuah animasi, putih pada kertas hitam cut-out lengan seorang pecandu heroin. Saat ia berharap, hal itu cukup menimbulkan sensasi.
Untuk Alfred Hitchcock, Bass disediakan, urutan judul kenangan yang efektif, menciptakan jenis baru tipografi kinetik, untuk North by Northwest (1959), Vertigo (1958), bekerja sama dengan John Whitney, dan Psycho (1960). Itu semacam ini inovatif, kerja revolusioner yang membuat Bass yang dihormati desainer grafis. Sebelum munculnya urutan judul Bass di tahun 1950-an, judul umumnya statis, terpisah dari film, dan itu umum bagi mereka untuk diproyeksikan ke tirai bioskop, tirai hanya dibesarkan tepat sebelum adegan pertama film.
Bass pernah menggambarkan tujuan utamanya untuk urutan gelarnya sebagai untuk'' mencoba untuk meraih sederhana, frase visual yang memberitahu Anda apa gambar adalah semua tentang dan membangkitkan esensi dari cerita". Lain filosofi bahwa Bass dijelaskan sebagai mempengaruhi urutan gelarnya adalah tujuan mendapatkan penonton untuk melihat bagian akrab dunia mereka dengan cara yang asing. Contoh ini atau apa yang digambarkan sebagai "membuat biasa yang luar biasa" dapat dilihat pada Berjalan di Wild Side (1962) di mana kucing biasa menjadi predator berkeliaran misterius, dan Nine Hours ke Rama (1963) di mana kerja interior jam menjadi pemandangan baru yang luas.
Dia merancang urutan judul untuk lebih dari 40 tahun, dan mempekerjakan Film beragam teknik pembuatan, dari animasi cut-out untuk Anatomi Pembunuhan (1958), untuk sepenuhnya animasi mini-film seperti epilog untuk Seluruh Dunia dalam 80 Hari (1956 ), dan hidup urutan tindakan. Urutan Nya hidup tindakan pembukaan judul sering disajikan sebagai prolog untuk film mereka dan beralih mulus ke adegan pembukaan mereka. Ini "waktu sebelum" urutan judulnya bisa kompres atau memperluas waktu dengan hasil yang mengejutkan.
Judul berurutan untuk Grand Prix (1966) menggambarkan saat-saat sebelum balapan pembuka di Monte Carlo, urutan judul The Big Negara (1958) menggambarkan hari dibutuhkan pelatih panggung untuk melakukan perjalanan ke sebuah kota terpencil Barat, dan pembukaan montase Judul berurutan untuk The Victors (1963) kronik dua puluh tujuh tahun antara Perang Dunia I dan tengah Perang Dunia II, di mana film dimulai.
Menjelang akhir kariernya,
ia ditemukan kembali oleh James L. Brooks dan Martin Scorsese yang tumbuh mengagumi karya filmnya. Untuk Scorsese, Saul Bass (bekerja sama dengan istrinya Elaine Bass) menciptakan urutan judul untuk Goodfellas (1990), Cape Fear (1991), The Age of Innocence (1993), dan Casino (1995), urutan nya gelar terakhir. Kemudian bekerja dengan Martin Scorsese melihatnya menjauh dari teknik optik bahwa ia telah dirintis dan pindah ke penggunaan efek komputerisasi. Urutan judul Bass menampilkan metode baru dan inovatif produksi dan mengejutkan desain grafis .
Dalam hal tertentu, semua urutan judul pembukaan modern yang memperkenalkan suasana atau tema film dapat dilihat sebagai warisan Saul Bass karya inovatif. Secara khusus, meskipun, urutan judul untuk beberapa film terbaru dan serial televisi, khususnya mereka yang adalah pengaturan selama tahun 1960, telah sengaja ditiru gaya grafis urutan animasi nya dari masa itu. Beberapa contoh urutan judul yang menyembah grafis Bass dan urutan judul animasi adalah Catch Me If You Can (2002), X-Men: First Class (2011) dan pembukaan ke AMC seri Mad Men.
Bass bertanggung jawab untuk beberapa yang terbaik-ingat, logo yang paling ikonik di Amerika Utara, termasuk logo Bell Telephone (1969) dan penggantinya AT & T dunia (1983). Desain terkenal lainnya adalah Continental Airlines (1968), Dixie (1969) dan United Airlines (1974). Kemudian, ia akan menghasilkan logo untuk sejumlah perusahaan Jepang juga. Sebuah analisis dari sampel logo perusahaan Bass pada 2011 menemukan mereka untuk memiliki umur panjang yang tidak biasa. Penyebab paling umum dari kematian logo perusahaan Bass (dalam pemilihan dianalisis) adalah kematian atau merger perusahaan, daripada mendesain ulang logo perusahaan. Umur rata-rata dari logo Bass lebih dari 34 tahun, dan menghitung.
Saul Bass dirancang poster film lambang yang mengubah visual iklan film tersebut. Sebelum poster mani Bass untuk The Man dengan Golden Arm (1955), poster film didominasi oleh penggambaran adegan kunci atau karakter dari film, sering baik disandingkan dengan satu sama lain. Poster Bass, bagaimanapun, biasanya dikembangkan disederhanakan, desain simbolik yang secara visual dikomunikasikan elemen penting kunci dari film ini. Misalnya, poster untuk Man dengan Arm Golden, dengan lengan yang bergerigi dan off-keteraturan tipografi, starkly mengkomunikasikan perjuangan protagonis dengan kecanduan heroin.
Ikonik Bass Vertigo (1958) poster, dengan bergaya angka yang tersedot ke dalam inti pusaran spiral, menangkap kegelisahan dan disorientasi pusat film. Poster-Nya bagi Anatomi Pembunuhan (1959), menampilkan siluet mayat jarringly dibedah menjadi tujuh keping, membuat kedua pun pada sebuah judul film dan menangkap ambiguitas moral yang di mana drama ruang pengadilan terbenam.
Dia menciptakan beberapa poster nya yang paling terkenal untuk film yang disutradarai oleh Otto Preminger, Alfred Hitchcock, Billy Wilder, dan Stanley Kubrick antara lain. Lalu ditugaskan poster filmnya diciptakan untuk Steven Spielberg 's Daftar Schindler (1993), tetapi itu tidak pernah didistribusikan. Poster Karyanya membentang lima dekade dan terinspirasi banyak poster lain dan desainer grafis. Poster Film Bass ditandai dengan tipografi khas dan gaya minimalis
No comments:
Post a Comment