Tuesday, January 7, 2014

Jan van Goyen - Pelukis Lanskap



Jan van Goyen - Pelukis Lanskap




Jan van Josephszoon Goyen (13 Januari 1596 - 27 April 1656) adalah seorang pelukis lanskap Belanda. Van Goyen adalah seorang seniman yang sangat produktif, sekitar seribu dua ratus lukisan dan lebih dari seribu gambar oleh dia dikenal.

Jan van Goyen adalah putra seorang tukang sepatu dan mulai sebagai magang di Leiden, kota kelahirannya. Seperti banyak Belanda pelukis pada zamannya, Jan van Goyen belajar seni di kota Haarlem dengan Yesaya van de Velde. Pada usia 35, ia mendirikan sebuah studio permanen di Den Haag (The Hague).

Crenshaw mengatakan (dan menyebutkan sumber) bahwa lukisan lanskap Van Goyen yang jarang diambil harga tinggi, tapi dia dibuat untuk nilai sederhana potongan individu dengan meningkatkan produksinya, melukis tipis dan cepat dengan palet terbatas pigmen murah. Meskipun inovasi pasar, ia selalu mencari penghasilan lebih, tidak hanya melalui kerja terkait sebagai dealer seni dan lelang tetapi juga dengan berspekulasi di tulip dan real estate.

Meskipun yang terakhir biasanya jalan yang aman investasi uang, dalam pengalaman Van Goyen ini itu menyebabkan utang besar. Paulus Potter menyewa salah satu rumah nya. Meskipun ia tampaknya telah membuat lokakarya, satu-satunya murid yang terdaftar Nicolaes van Berchem, Jan Steen dan Adriaen van der Kabel. Daftar pelukis ia dipengaruhi jauh lagi.

Pada tahun 1652 dan 1.654 ia terpaksa menjual koleksi lukisan dan seni grafis, dan ia kemudian pindah ke rumah yang lebih kecil. Dia meninggal pada tahun 1656 di Den Haag, masih luar biasa 18.000 gulden dalam utang, memaksa jandanya untuk menjual furnitur yang tersisa dan lukisan. Masalah Van Goyen juga mungkin telah mempengaruhi prospek bisnis awal muridnya dan anak-in-hukum Jan Steen , yang meninggalkan Den Haag pada tahun 1654.

Biasanya, seorang pelukis Belanda abad ke-17 (juga dikenal sebagai Golden Age Belanda) akan jatuh ke salah satu dari empat kategori, pelukis potret, lanskap, masih Lifes-, atau genre yang. Lukisan Belanda sangat khusus dan jarang bisa seniman berharap untuk mencapai kebesaran di lebih dari satu daerah di seumur hidup lukisan. Jan van Goyen akan diklasifikasikan terutama sebagai artis lanskap dengan mata untuk mata pelajaran genre kehidupan sehari-hari.

Dia melukis banyak kanal di dan sekitar Den Haag serta desa-desa sekitar desa Delft, Rotterdam, Leiden dan Gouda. Lain pelukis lanskap populer Belanda abad XVI dan XVII adalah Jacob van Ruisdael, Aelbert Cuyp, Hendrick Avercamp, Ludolf Backhuysen , Meindert Hobbema , Aert van der Neer .

Jan van Goyen akan memulai lukisan dengan menggunakan dukungan terutama dari kayu oak tipis. Untuk panel ini, ia akan menggosok pada lapisan beberapa hewan tipis lem hide. Dengan pisau, ia kemudian akan mengikis seluruh permukaan lapisan tipis timah putih berwarna untuk bertindak sebagai ground dan untuk mengisi daerah-daerah rendah panel. Tanah ini berwarna coklat muda, kadang-kadang kemerahan, atau oker dalam warna.

Selanjutnya, Van Goyen akan longgar dan sangat cepat sketsa adegan yang akan dicat dengan pena dan tinta tanpa masuk ke rincian kecil subjek. Ini tinta walnut gambar dapat terlihat jelas di beberapa daerah tipis dicat karyanya. Untuk panduan, ia akan berubah menjadi gambar rinci. Adegan akan telah diambil dari luar kehidupan dan kemudian disimpan di studio sebagai
bahan referensi. Gambar oleh seniman waktu itu jarang karya seni dalam dirinya sendiri karena mereka dilihat hari ini.

Pada palet ia akan menggiling keluar koleksi warna netral abu-abu, umbers, oker dan hijau tanah yang tampak seperti mereka ditarik dari tanah yang sangat ia melukis. Sebuah medium minyak pernis digunakan sebagai kendaraan untuk menggiling pigmen bertenaga ke dalam cat dan kemudian digunakan untuk membantu menerapkan lapisan tipis cat yang ia bisa dengan mudah berbaur.

Daerah gelap dari lukisan itu tetap sangat tipis dan transparan dengan jumlah banyak media minyak. Lampu mencolok lukisan di bagian-bagian ini akan hilang dan diserap ke dalam tanah lukisan. The area yang lebih terang dari gambar diperlakukan lebih berat dan buram dengan murah jumlah timah putih dicampur ke dalam cat. Cahaya yang jatuh pada lukisan di bagian cahaya dipantulkan kembali pada penampil.

Efeknya adalah realisme mengejutkan dan tiga-dimensi kualitas. Permukaan sebuah lukisan selesai menyerupai mousse kenyal cairan, ahlinya dicambuk dan dimodelkan dengan sikat. Ketika melihat sebuah lukisan Van Goyen satu hampir bisa merasakan angin di pepohonan dicampur dengan aroma asap biru berlama-lama di atas sebuah pondok pedesaan, atau rasa udara asin dekat pantai ia melukis.
Legacy

Jan van Goyen adalah terkenal berpengaruh pada pelukis lanskap masanya. Kualitas tonalnya adalah fitur yang banyak ditiru. Menurut Institut Belanda untuk Sejarah Seni, ia dipengaruhi Cornelis de Bie, Jan Coelenbier, Cornelis van Noorde, Abraham Susenier, Herman Saftleven, Pieter Jansz van Asch dan Abraham van Beijeren.

No comments:

Post a Comment