Wednesday, January 22, 2014

Para Tokoh Seniman Musik Italia



Para Tokoh Seniman Musik Italia




Komponis adalah orang yang menciptakan hasil karya musik. Istilah komponis mengacu kepada orang yang menulis komposisi musik instrumental maupun vocal dalam format solo, duo trio quartet qwintet dst sampai dengan orchestra dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya. Sementara orang yang membuat lagu atau melodi saja disebut sebagai pengarang lagu, dan yang membuat iringan lagu disebut sebagai arangger. Salah satu komponis dunia yang terkenal adalah Wolfgang Amadeus Mozart.

Paolo Francesco Lorenzani


Paolo Francesco Lorenzani (5 Januari 1640 - 28 Oktober 1713) adalah seorang komponis Italia Era Baroque. Meskipun tinggal di Prancis, ia membantu mempromosikan penghargaan untuk gaya Italia musik. Lorenzani lahir di Roma dan dilatih oleh Orazio Benevoli, maestro di capella untuk Giulia Cappella di Vatikan. Ia menjabat di Roma sebagai maestro di capella di Gereja Gesu dan Collegio Romano, Jesuit pertama universitas, yang kemudian diperluas menjadi Pontifical Gregorian University. Ia kemudian disajikan di katedral Messina di Sisilia.

Pada tahun 1678, Lorenzani perjalanan ke Paris, berharap menemukan keberuntungan. motets Nya dilakukan untuk Louis XIV, yang diakui bakat dan mengangkatnya sebagai guru musik untuk ratu. Dibawah perintah dari raja, Lorenzani perjalanan kembali ke Italia dan penyanyi direkrut untuk kapel raja itu. Meskipun bantuan dari Madame de Montespan, ia tidak pernah mencapai popularitas yang cukup untuk mengatasi pertentangan besar dari Jean-Baptiste Lully, sebuah kekuatan besar dalam musik Perancis pada waktu itu. Upaya curang dengan Lully mungkin terus Lorenzani menerima posting beberapa tersedia di royale Chapelle tahun 1683. Ini kemunduran dan kematian ratu menandai awal dari istirahat Lorenzani dengan Versailles. Karena keyakinan ultramontane, ia diperintahkan untuk meninggalkan Versailles, berkat protes yang dibuat oleh Lully.

Meskipun semua itu, sebuah Serenade Italia pada 1684 terbukti menjadi sukses, berkat bantuan dari Michel-Richard Delalande. Di Paris, ia mendapatkan jabatan sebagai Maitre de musique di sebuah biara Theatines. Di sini, ia melakukan musiknya sendiri di hadapan aristokrat Italophile. Pada 1688, opera Orontée nya, terdiri dalam gaya Perancis, perdana di royale Académie di Chantilly. Pada 1693 Lorenzani diterbitkan motets Ulasan Grand nya, yang didedikasikan untuk raja. Ia kembali ke Roma pada 1695 dan menjabat sebagai maestro di capella untuk Giulia Cappella.



Pietro Filippo Scarlatti

Pietro Filippo Scarlatti (5 Januari 1679 - 22 Februari 1750) adalah seorang komponis Italia, organis dan pemimpin biduan. Dia lahir di Roma, anak tertua dari anak Alessandro Scarlatti dan saudara dari komposer Domenico Scarlatti - memulai karir musiknya pada 1705 sebagai pemimpin biduan dari katedral Urbino. Tiga tahun kemudian, tahun 1708, ayahnya membawanya ke Naples, di mana ia menjadi organ di pengadilan. Pada tahun 1728 satu-satunya opera Clitarco dipentaskan di Naples 'Teatro San Bartolomeo (skor yang hilang). Karya utama lainnya termasuk tiga cantatas dan banyak toccatas keyboard (salah satu dari yang telah dicatat oleh Luciano Sgrizzi). Dia meninggal di Naples pada tahun 1750.

Antonio Lotti

Antonio Lotti (1667 ca. - 5 Januari 1740) adalah seorang komponis musik klasik Italia. Lotti lahir di Venesia, meskipun ayahnya Matteo adalah dirigen di Hanover pada saat itu. Pada tahun 1682, Lotti mulai belajar dengan Lodovico Fuga dan Giovanni Legrenzi, keduanya dipekerjakan di Basilika St Markus, gereja utama di Venesia. Lotti membuat karirnya di St Mark, pertama sebagai seorang penyanyi alto (dari 1689), kemudian sebagai asisten organis kedua, maka sebagai organis kedua (dari 1692), maka (dari 1704) sebagai organis pertama, dan akhirnya (dari 1736) sebagai maestro cappella posisi di, yang dipegangnya sampai kematiannya.

Dia juga menulis musik untuk, dan mengajar di, Ospedale degli Incurabili. Pada tahun 1717 ia diberi izin untuk pergi ke Dresden, di mana sejumlah operanya diproduksi, termasuk Giove di Argo, Teofane dan Li quattro elementi (semua dengan librettos oleh Antonio Maria Luchini). Karya lainnya ditulis dalam Venice termasuk Giustino , Trionfo dell'Innocenza, tindakan pertama Tirsi, Achille Placato, Teuzzone, Ama più che non si Crede, Il Comando inteso e tradito, Sidonio, Isaccio Tiranno, La forze de sangue, Il Tradimento traditore di se stesso, L'Infedeltà punita, Poresenna, Irene Augusta, Polidoro, Foca superbo, Alessandro Severo, Il Vincitore Generossi. Di Dresden, ia menulis Odii del Sangue delusi. Ia kembali ke Venesia pada tahun 1719 dan tinggal di sana sampai kematiannya pada tahun 1740.

Lotti menulis dalam berbagai bentuk, menghasilkan massa, cantatas, madrigals, sekitar tiga puluh opera, dan musik instrumental. Karya sucinya paduan suara sering ditemani (a cappella). Karyanya dianggap sebagai jembatan antara Baroque didirikan dan gaya klasik muncul. Lotti diduga telah mempengaruhi Johann Sebastian Bach, George Frideric Handel, dan Johann Dismas Zelenka, semuanya memiliki salinan massa Lotti, para Sapientiae Missa. Lotti adalah seorang guru terkenal, dengan Domenico Alberti, Benedetto Marcello, Baldassare Galuppi, Giuseppe Saratelli dan Johann Dismas Zelenka di antara murid-muridnya. Ia menikah dengan Santa soprano mencatat Stella.


Severino Gazzelloni

Severino Gazzelloni (5 Januari 1919 - 21 November, 1992), adalah seorang pemain flute Italia. Dia lahir di Roccasecca dan meninggal di Cassino. Gazzelloni adalah seruling utama dalam orkestra RAI selama 30 tahun dan dedicatee dari banyak karya. Komponis termasuk Luciano Berio, Pierre Boulez, Bruno Maderna dan Igor Stravinsky menulis potongan untuknya. Gazzelloni juga seorang guru seruling. Beberapa murid terkenal itu meliputi jazz pemain Eric Dolphy, klasik pemain suling Abbie de Quant, dan komposer Norma Beecroft. Dolphy dihormati Gazzelloni dengan menamai suatu komposisi untuk dirinya yang disertakan pada tahun 1964 Out untuk makan siang! album.

Arturo Benedetti Michelangeli


Arturo Benedetti Michelangeli (5 Januari 1920 - 12 Juni 1995) adalah seorang pianis klasik Italia. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu pianis terbesar abad kedua puluh. Lahir di Brescia, Italia, ia mulai belajar musik pada usia tiga, awalnya dengan biola, tapi dengan cepat beralih ke piano. Pada sepuluh ia memasuki Konservatorium Milan. Pada tahun 1938, pada usia delapan belas tahun, ia memulai karir internasionalnya dengan memasukkan Ysaÿe International Festival di Brussels, Belgia, di mana dia ditempatkan ketujuh. Setahun kemudian ia meraih juara pertama dalam Kompetisi Internasional Jenewa, di mana ia diakui sebagai "Liszt baru" oleh pianis Alfred Cortot, seorang anggota panel juri, yang dipimpin oleh Ignacy Jan Paderewski.

Maurizio Pollini (lahir 5 Januari 1942) adalah seorang pianis klasik Italia. Pollini lahir di Milan pada rasionalis arsitek Gino Italian Pollini. Maurizio belajar piano pertama dengan Carlo Lonati, sampai usia 13, maka dengan Carlo Vidusso, sampai dia 18. Ia menerima ijazah dari Conservatory Milan dan memenangkan baik International Ettore Pozzoli Kompetisi Piano di Seregno (Italia) pada tahun 1959 dan International Chopin Piano Competition di Warsawa pada tahun 1960. Arthur Rubinstein, yang memimpin juri, menyatakan Pollini pemenang kompetisi, mengatakan:. "Anak itu bisa bermain piano lebih baik daripada kami" Segera setelah itu, ia belajar dengan Arturo Benedetti Michelangeli.

Sejak pertengahan 1960-an, ia telah memberikan resital dan muncul dengan orkestra besar di Eropa, Amerika Serikat, dan Timur Jauh. Dia membuat debut Amerika-nya pada tahun 1968 dan tur pertamanya di Jepang pada tahun 1974. Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Pollini adalah acitivist politik sayap kiri. Dia berkolaborasi dengan Luigi Nono dalam karya-karya seperti Como una ola Fuerza y ​​luz (1972), yang untuk berkabung pembunuhan Luciano Cruz, seorang pemimpin dari Front Revolusioner Chili. Dia dilakukan dengan Claudio Abbado di La Scala dalam siklus konser untuk mahasiswa dan pekerja, dalam upaya untuk membangun masyarakat baru karena mereka percaya bahwa seni harus untuk semua orang.

Pada tahun 1985, pada kesempatan tiga ratus tahun Johann Sebastian Bach, ia melakukan buku pertama lengkap dari The Well-Tempered Clavier. Pada tahun 1987 ia memainkan piano concerto lengkap Ludwig van Beethoven di New York dengan Philharmonic Wina di bawah Claudio Abbado dan diterima pada kesempatan ini Cincin Kehormatan orkestra itu. Di 1993-94 ia bermain pertama lengkap nya Beethoven Piano Sonata siklus di Berlin dan Munich dan kemudian juga di New York, Milan, Paris, London dan Wina. Pada Festival Salzburg pada tahun 1995 ia meresmikan "Progetto Pollini", serangkaian konser di mana karya-karya lama dan baru yang disandingkan.

Sebuah seri analog berlangsung di Carnegie Hall di 2000-01 dengan "Perspektif: Maurizio Pollini" dan di London Royal Festival Hall di 2010-11 dengan "Pollini Project", serangkaian lima konser dengan program mulai dari Bach ke Stockhausen. Pada bulan Maret 2012 itu diumumkan bahwa Pollini telah membatalkan semua penampilan yang akan datang di Amerika Serikat karena alasan kesehatan.

No comments:

Post a Comment