Saturday, January 4, 2014

Penemu Sistem Operasi Symbian



Penemu Sistem Operasi Symbian



David Potter - Penemu Sistem Operasi Symbian OSDavid Edwin Potter, CBE, FREng (lahir 1943) adalah pendiri dan ketua dari perusahaan sistem komputer mikro Psion PLC, dan. Psion Teklogix setelah akuisisi Psion dari Teklogix pada tahun 2000. Potter lahir di East London, Afrika Selatan pada tahun 1943 dan dibesarkan di Cape Town. Pada tahun 1963 dia mendirikan beasiswa Beit untuk membaca Ilmu Pengetahuan Alam di Trinity College, Cambridge.

Pada tahun 1966 dia diberikan beasiswa Persemakmuran untuk belajar untuk doktor dalam fisika matematika di Imperial College London di mana ia kemudian ditunjuk menjadi staf. Sebagai seorang akademis selama tahun 1970 ia mengajar di Universitas London dan di University of California, berkonsultasi dan menulis sejumlah makalah akademik dan sebuah buku tentang penggunaan komputer dalam fisika.


Potter mendirikan Psion pada tahun 1980. Pada tahun-tahun awal, Psion menjadi pemimpin dalam perangkat lunak untuk mikrokomputer rumah. Pada tahun 1984, Psion ditemukan 'The Agenda', volume pertama di dunia komputer genggam untuk penggunaan pribadi dan informasi. Pada tahun 1988, David memimpin flotasi Psion di Bursa Efek London dan melihat skala Psion dan nilai kalikan berkali-kali. Perusahaan ini diperluas lebih lanjut menjadi data-solusi komunikasi dan perusahaan seluler.

Pada tahun 1998, Psion menggunakan pengalaman dalam sistem operasi mobile kecil, David memimpin penciptaan Symbian Limited dalam kemitraan dengan Nokia, Ericsson, Motorola dan Matsushita untuk menciptakan standar sistem operasi untuk perangkat mobile wireless - sekarang dikenal sebagai Symbian. Pada tahun 1999, Potter mundur sebagai kepala eksekutif perusahaan dan berperan sebagai ketua, dan pensiun sebagai ketua pada September 2009.

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008, Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian ^3 dengan PR 02 yang disebut symbian belle. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5.

Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s. Ponsel symbian s60 v5 dan symbian ^3 rata rata menggunakan layar sentuh kecuali nokia e6-00 dan nokia e7.ponsel symbian ^3 yang pertama meluncur aadalah nokia n8 dengan kamera 12 megapiksel.symbian ^3 mendapat pembaruan pertama yang disebut symbian anna. digunakan di ponsel nokia x7-00 dan e6-00. sedangkan pembaruan terbaru disebut symbian belle. semua ponsel symbian ^3 bisa diupgrade ke symbian belle.

Sekarang keseluruhan saham di symbian limited telah dimiliki oleh nokia dan posisi sistem operasi symbian sebagai penguasa pasar sistem operasi bergerak telah direbut oleh sistem operasi buatan google yaitu sistem operasi android yang meluncur pada akhir tahun 2009 dengan ponsel pertamanya htc dreaam g1.vendor ponsel seperti samsung,lg,sony ericsson sekarang tidak laagi menggunakan sistem oprasi symbian dan menyatakan berhenti mendukung sistem operasi ini.

Potter telah menjadi anggota dari London Daerah Dewan CBI, anggota Dewan Pusat Pertama London dan co-Ketua Kelompok Manufaktur London. David bekerja di Komite Nasional tahun 1997 Kirim
ke Pendidikan Tinggi (Komite Dearing) dan dilanjutkan keterlibatannya dalam kebijakan pendidikan tinggi sebagai Anggota Dewan Pendanaan Pendidikan Tinggi Dewan Inggris. Dari tahun 1999 sampai 2003 ia adalah anggota Dewan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk pelaporan kabinet. Potter juga telah keterlibatan luas dengan lembaga pendidikan sebagai Visiting Fellow dari Nuffield College, Oxford, Kehormatan Fellow dari Imperial College, London dan Kehormatan Fellow dan Gubernur dari The London Business School.

Pada tahun 1993 ia menerima Medali Mountbatten dari Lembaga of Electrical Engineers dan telah menerima Gelar Doktor Kehormatan dari sejumlah universitas termasuk Warwick, Sheffield, Edinburgh dan York. Dia telah menulis dan berceramah secara luas pada teknologi dan ekonomi baru, termasuk Kuliah Stockton di London Business School pada tahun 1998, salah satu Kuliah Milenium di 10 Downing Street di tahun 1999, dan Kuliah Tacitus, 2000 di Aula Persekutuan.

Pada tahun 1997 Honours daftar Tahun Baru, David dianugerahi CBE untuk jasa untuk industri manufaktur dan pada tahun 2001 beliau dipilih mahasiswa Fellow di Royal Academy of Engineers. Pada tahun 1999, David Potter terpilih sebagai Entrepreneur of the Year dalam PLC Penghargaan tahunan Inggris. Pada bulan Juni 2003, Daud diangkat sebagai Direktur non-Eksekutif untuk Bank of England, mengundurkan diri pada tahun 2009.

David adalah suami dari wartawan dan penulis, Elaine Potter dan mereka memiliki tiga anak. Kepentingannya termasuk keluarganya, pendidikan, pertanian, golf, musik, membaca dan ide, ilmu pengetahuan dan ekonomi dan tenis. Dengan keterlibatan mereka dalam pendidikan dan dunia berkembang, keluarga menciptakan Daud dan Elaine Potter Yayasan untuk mendukung proyek-proyek di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan dunia ketiga. Dia melayani di Komite Presiden Afrika Selatan pada Komunikasi dan Teknologi Informasi.


No comments:

Post a Comment