Friday, March 21, 2014

8 Kiat Sehat Lahir Batin Ciputra



8 Kiat Sehat Lahir Batin Ciputra



Mencapai usia 80 tahun pada tanggal 24 Agustus tahun ini, begawan properti Dr. (HC) Ir. Ciputra tampak masih bugar dan sehat untuk standar manusia seusianya. Pak Ci masih aktif dalam berbagai kegiatan publik hingga sekarang, memberi motivasi dan coaching bagi para entrepreneur yang jauh lebih muda darinya di berbagai kesempatan, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Kesanggupan Pak Ci dalam menjalani semua kesibukannya ini ditopang dengan jiwa dan raga yang sehat. Bagaimana Pak Ci bisa memelihara kesehatannya hingga sampai usia 8 dekade? Berikut ulasannya.

#1 Memelihara kesehatan spiritual dengan selalu dekat pada Tuhan
Tekad Pak Ci untuk dekat dengan Tuhan setiap saat ialah dengan selalu mengawali hari-harinya dengan berdoa dan membaca Al Kitab. Dengan memiliki jiwa yang kuat dan sehat, beliau mampu untuk memancarkan semangat, vitalitas dan kepercayaan diri yang tinggi dalam setiap aktivitas yang ia jalani. "Ini semua berkat Tuhan semata," katanya.

#2 Makan sehat
Sayur-sayuran dan buah-buahan menjadi bagian utama menu sehari-hari Pak Ci yang disarankan oleh dokter pribadinya. Tak jarang dalam berbagai kesempatan  beliau tidak segan untuk membawa bekal makanan sehatnya sehingga kesehatan pencernaannya terjaga. Semua asupan tersebut terukur dan disesuaikan dengan kebutuhan energi harian.

#3 Berolahraga taichi

Taichi meski gerakannya sederhana dan lembut mampu meningkatkan kemampuan untuk berjalan secara normal bagi orang-orang usia lanjut. Selain itu, stamina secara umum juga bertambah. Dan yang paling penting menurut Pak Ci ialah berolahraga taichi bisa membuatnya lebih menikmati hidup.

#4 Berjalan kaki

Sudah lazim kita temui orang-orang berusia lanjut yang menggunakan kursi roda sepanjang waktu. Tidak demikian halnya dengan Pak Ci. Memperbanyak jalan kaki adalah kiat lain Pak Ci untuk tetap bugar. Untuk berjalan kaki di berbagai kesempatan beliau lebih suka mengenakan sepatu olahraga dengan sol yang empuk daripada sepatu pantofel yang trendi namun keras. Sol yang lembut mampu meredam benturan sehingga mengurangi risiko cedera pada persendian kaki.

#5 Berenang
Berenang dalam air panas meredakan ketegangan otot dan melancarkan peredaran darah. Pak Ci melakukannya setiap pagi sebelum beraktivitas sehingga merasa berenergi seharian.


#6 Melakukan waitankung

Waitankung ialah satu jenis olahraga asal Cina. Waitankung masih berhubungan dengan kungfu Cina, dan berdasarkan pada filosofi Tao dan pengobatan kuno Cina. Meski ada hubungannya dengan kungfu, waitankung bukan olahraga beladiri. Pak Ci menyukainya karena waitankung mengajarkan manusia untuk membebaskan diri dari gangguan luar demi memperoleh kedamaian dalam pikiran. Otot akan rileks, peredaran darah makin lancar, pikiran makin jernih, dan tenaga kembali meningkat setelah melakukan waitankung.

#7 Bermeditasi
Meditasi, menurut pak Ci, amat bermanfaat bagi entrepreneur yang sibuk dan harus menjalani rutinitas yang melelahkan. Meditasi membantu tubuh mengurangi serangan kecemasan dengan menurunkan tingkat laktat dalam darah.

#8 Tidak memaksakan diri

Meski suka berjalan kaki dan masih bisa berdiri secara tegak, beliau tak lupa membawa sebuah kursi lipat sederhana agar bisa digunakan jika sewaktu-waktu merasa lelah dan harus duduk di tempat-tempat di mana kursi sulit ditemukan. Seolah belajar dari pengalaman masa lalu, Pak Ci belajar bahwa memaksakan diri hingga kesehatan jiwa raga terabaikan bukanlah gaya hidup yang bijak untuk dipilih jika ingin menjadi entrepreneur produktif dan panjang umur.

No comments:

Post a Comment