Tuesday, March 25, 2014

7 Langkah Penjualan yang Efektif



7 Langkah Penjualan yang Efektif


Penjualan efektif diartikan sebagai keberhasilan Anda untuk menemukan pelanggan baru dan mengubah pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap yang akan dengan teratur dan terus menerus memesan barang-barang dari Anda. Sekarang sudah tiba saatnya bagi Anda untuk berbuat sesuatu untuk mendapatkan masa depan dan menciptakan bisnis yang lebih baik bagi Anda sendiri.


Penjualan yang efektif merupakan sebuah proses yang berkelanjutan, namun kami telah membuatnya menjadi langkah-langkah mudah untuk dilakukan, dengan membaginya menjadi 7 proses sederhana. Berkonsentrasilah pada usaha Anda di setiap tingkatan yang Anda lakukan. Hal itu akan membantu Anda dalam menciptakan bisnis penjualan yang berhasil, dimana Anda akan sangat bangga akan bisnis tersebut.

7 langkah tersebut adalah :


a. Ciptakan Kesadaran

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan kesadaran akan adanya produk-produk yang berkualitas pada klien-klien potensial yang Anda temui. Buatlah semua orang paham betul tentang produk-produk yang Anda tawarkan, tentang pelayanan mutu yang diberikan, dan juga perhatian khusus yang diberikan kepada setiap pelanggan. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana cara mereka menghubungi Anda. Brosur-brosur kecil dan juga iklan-iklan yang diterbitkan adalah cara yang baik untuk menyampaikan pesan Anda.

b. Tingkatkan Ketertarikan

Buatlah orang-orang menjadi tertarik dan penasaran pada produk-produk yang Anda tawarkan. Bicarakan pada banyak orang tentang produk Anda. Semakin banyak Anda mempromosikan bisnis Anda melalui diri Anda sendiri, maka akan semakin banyak orang yang tertarik, yang berarti semakin besar kesempatan yang Anda miliki untuk mengubah beberapa dari orang-orang itu untuk menjadi pelanggan Anda.

c. Ubahlah Menjadi Keinginan

Ketika pelanggan potensial Anda memberikan perhatian kepada Anda atau pada saat Anda menjawab telepon atau permintaan tertulis, Anda perlu menciptakan suasana untuk meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Gunakan daftar petunjuk yang sederhana untuk memberikan gambaran lengkap akan rangkaian produk yang ada, terangkan produk-produk dan filososfi perusahaan kepada pelanggan Anda.

d. Lakukan Tindakan

Sekarang Anda telah memiliki pelanggan potensial yang tertarik pada produk tersebut, dan Anda harus mendorong mereka untuk melakukan tindakan. Doronglah mereka untuk mengubah cara hidup mereka dan berjanji untuk menggunakan produk-produk yang Anda tawarkan. Tunjukan pada mereka kisah sejati akan keberhasilan/kepuasan pelanggan lain yang telah berhasil atau mendapatkan manfaat dari produk-produk yang Anda tawarkan, yang dapat Anda pilih dari cerita-cerita kesuksesan mereka yang luar biasa. Bila pelanggan potensial Anda masih belum yakin, mereka mungkin butuh informasi atau waktu lebih untuk meyakinkan diri mereka sendiri.

e. Lengkapi Produk-produk Yang Akan Anda Jual

Sekarang Anda telah memiliki pelanggan! Luangkan waktu Anda untuk menerangkan produk-produk yang mereka pesan, kapan dan bagaimana cara menggunakan produk-produk tersebut, dan bagaimana mendapatkan hasil yang terbaik yang mungkin bisa mereka dapatkan. Ingatlah untuk menyimpan catatan tentang apa dan kapan Anda menjual produk-produk tersebut kepada pelanggan Anda. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat mengulang pesanan mereka di waktu-waktu berikutnya.

f. Melanjutkan Mencari Pelanggan Baru

Kegiatan Anda tidak berhenti pada satu penjualan saja. Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan pelanggan baru, dengan cara meyakinkan klien tetap Anda. Ingatlah, bahwa Anda telah menjual jasa berkualitas bersamaan dengan produk yang bermutu. Buatlah para pelanggan Anda termotivasi untuk menyampaikan kepuasan mereka atas kualitas produk dan pelayanan Anda kepada orang lain yang mereka kenal. Berilah penghargaan kepada mereka pada setiap kesempatan yang ada. Investasikan sedikit waktu dan sedikit uang Anda untuk sekedar memberikan hadiah-hadiah mungil yang dapat menyenangkan hati mereka. Mereka akan lebih sering mengingat Anda, dan Andapun akan menuai hasil yang luar biasa dalam jangka panjang!

g. Konsentrasi Pada Setiap Usaha

Tingkat konsentrasi harus Anda tingkatkan dalam menjalani setiap usaha. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menciptakan bisnis penjualan yang berhasil. Dimana nantinya Anda akan mempunyai kepuasan sendiri dalam menjalani bisnis tersebut. (*wirausaha-online.com)

No comments:

Post a Comment