Tuesday, March 25, 2014

Bagaimana Remaja India 17 Tahun Bangun Startup dan Hasilkan $7 Juta



Bagaimana Remaja India 17 Tahun Bangun Startup dan Hasilkan $7 Juta


India mungkin saja sama seksinya dalam hal potensi ekonomi dengan Indonesia. Namun, satu hal yang sama di antara kedua negara ini ialah ketiadaan sebuah ekosistem yang mantap untuk mewadahi para entrepreneur di dalamnya sebagaimana yang kita temui di Amerika Serikat yang sudah lebih maju. Mendirikan sebuah startup atau usaha rintisan di Indonesia atau India mungkin sama menantangnya karena di kedua pasar berkembang ini tidak ditemukan adanya ekosistem produk yang kokoh dan konsisten sehingga tidak heran kita menjumpai banyak kenala di mana-mana.


Seorang remaja India Sanket Nadhani mencoba terjun dalam dunia entrepreneurship di usia yang sedemikian belia. Pertama masuk dalam bisnis, ia bekerja sebagai manajer marketing dan sales di FusionCharts , perusahaan yang didirikan kakaknya Pallav Nadhani di tahun 2002. FusionCharts dibuat dengan misi membuat grafik excel yang membosankan menjadi lebih menarik dengan penyajian yang menarik, kreatif, interaktif dan memudahkan pembaca memahaminya. Cara penggunaannya pun tergolong mudah. Cukup salin dan rekat (copy and paste).

Kini FusionCharts menjelma menjadi sebuah perusahaan dengan konsumen sebanyak 450 ribu dan  pelanggan sebanyak 20 ribu. Bisnis ini menghasilkan lebih dari 1 miliar grafik per bulan dan mencapai pemasukan tahunan 7 juta dollar.

Namun, yang paling mencengangkan bukan pada tingginya perolehan pemasukan perusahaan baru itu, namun pada kenyataan bahwa ini dihasilkan dari tangan seorang entrepreneur berusia 17 tahun yang masuk dalam dunia bisnis tanpa bekal pengetahuan dan ketrampilan wirausaha.

Nadhani dalam tulisannya di laman Onstartups.com menguraikan sejumlah pelajaran yang ia dapatkan sejak berbisnis beberapa tahun lalu.

Ingin menghasilkan uang bukan alasan buruk untuk memulai

Tanyakan pada entrepreneur manapun alasan mengapa mereka memulai dan alasannya bisa sangat bervariasi. Bisa jadi alasan keinginan menjadi kaya raya tidak begitu sering terdengar karena banyak yang berpendapat itu terkesan dangkal dan banyak yang menghindarinya karena malu terdengar seperti orang miskin. Menurut Nadhani, FusuionCharts justru dimulai berdasarkan keinginan meraup lebih banyak uang, keuntungan finansial. Ia mengakui dulu mendirikan FusionCharts sebagai sarana untuk menghasilkan uang saku sekolah saja. Pantas saja karena ia masih remaja.

Bukan hanya produk tapi keseluruhan paket

Orang tidak peduli apa yang bisa dilakukan  sebuah produk. Mereka hanya peduli apa yang bisa dilakukan sebuah produk untuk memecahkan masalah yang mereka  hadapi. Jadi percuma saja berpromosi begitu gencar dan habis-habisan tetapi mereka tidak merasa membutuhkannya. Dari awal, kata Nadhani, FusionCharts dibangun dengan dilengkapi demo yang menunjukkan bagaimana produk ini memecahkan masalah sehari-hari yang dihadapi orang. Untuk ini, Nadhani bekerja keras mengkonsep demo yang efektif, mengumpulkan data riil dan menerapkannya. Dengan demo yang efektif, Anda tidak membuang waktu untuk menjawab pertanyaan calon konsumen.

Menanggulangi penipuan dengan freemium

Tidak perlu menghabiskan terlalu banyak sumber daya untuk memecahkan satu masalah. Kadang masalah besar bisa dipecahkan dengan solusi yang murah dan sederhana. FusionCharts secara komersial merupakan open source dari awalnya. Ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna layanan, karena dengan keterbukaan ini, konsumen lebih banyak menaruh kepercayaan bagi FusionCharts.  Nadhani mengemukakan kebijakan itu malah berujung negatif untuk FusionCharts. Sebuah perusahaan dari Eropa Timur mengambil kode sumber dari FusionCharts dan menjualnya setelah mengadakan sedikit perubahan.  Tentu mereka harus dituntut secara hukum tetapi sayang startup sekecil FusionCharts belum sanggup mendanai semua proses hukum untuk mendapatkan keadilan. Takti Nadhani yang berikutnya untuk mengatasi itu ialah strategi freemium, di mana pengguna bebas menggunakan untuk proyek pribadi dan komersial tanpa syarat apapun. Sehingga apa yang dijual si pencuri dengan harga lebih murah bisa didapatkan dari pengembang aslinya sendiri tanpa pungutan apapun. Sejak itu tak seorang pun mencoba melakukan trik serupa.

Marketing bukan cuma soal uang

Versi gratis FusionCharts tak hanya mencegah pembajakan tetapi melambungkan brandnya. Para pengembang yang lelah bermain dengan versi trial, akhirnya bermain dengan produk dan menyukainya. Sebagian pengembang membuat plugin dan wrappers untuk FusionCHarts Free untuk platform berbeda. Startup yang pernah menggunakan versi gratis pun akhirnya kembali dan memutuskan menjadi konsumen produk berbayar.

Kekuatan selebritas sebagai pengguna produk Anda penting sekali

Tim O'Reilly dan Barack Obama tercatat pernah menggunakan dashboard FusionCharts dan mereka menunjukkannya pada khalayak ramai. Alhasil brand FusionCharts terangkat dan startup ini banyak diangkat dalam pemberitaan media.

Berikan alasan untuk mengingat Anda, bukan hanya produk Anda

Bisnis bukan cuma hanya produk dan penawaran. Ini adalah juga menyangkut opini orang lain tentang Anda. Berita di media yang positif dan percakapan langsung yang berkesan akan memupuk semuanya itu dalam ingatan pihak lain mengenai Anda.

No comments:

Post a Comment