Friday, March 21, 2014

Pentingnya Konsep Pemasaran 4P dalam Melakukan Bisnis



Pentingnya Konsep Pemasaran 4P dalam Melakukan Bisnis



Suatu kegiatan pemasaran dikenal konsep 4P yaitu : Product, Price, Placement and Promotion. Konsep ini bisa digunakan oleh seorang pebisnis dalam memulai usaha bisnisnya.

Product


Menentukan produk yang akan ditawarkan kepasar umumnya terjadi pada langkah awal dan ide yang didapatkan dari berbagai sumber. Cara termudahnya dengan membandingakan produk yang dijual dan melakukan riset kecil ke target pasar mengenai keuntungan dan kekurangan dari produk yang akan dipasarkan.

Hasil risetnya diharapkan memberikan suatu infomasi yang lebih akurat bagi pebisnis mengenai prospek pasar yang akan dimasuki dan produk macam mana yang diharapkan oleh target pasar.

Price


Menentukan harga suatu produk tidaklah mudah. Namun cara umum yang digunakan yaitu dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk dari awal hingga sampai dijual. setiap produknya juga memiliki komponen biaya sendiri, dari awal produksi hingga produk sudah siap dijual.

Dalam menentukan harga berdasarkan biaya dilakukan dengan penambahan persentase margin tertentu ke biaya produk dan persentase tersbeut dianggap sebagai salah satu keuntungan. Persentasenya pun harus sesuai dengan rata-rata margin di pasaran. Adapun kelemahan dalam menggunakan metode ini seperti produk akan mengalami krisis keunikan, tapi keunikan yang memiliki daya pembeda produk dari saingannya luput diperhitungan. Keunikan juga akan mampu membantu produk agar memiliki harga premium di pasar.

Placement


Tidak kalah penting juga adalah mengenai produk yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju. Pada beberapa industri masalah lokasi atau penempatan sangatlah penting. Karena pada saat memilih lokasi tempat usaha bisa saja mendapatkan lokasi yang buruk, yang akibatnya langsung pada kegagalan dari usaha yang akan dijalankan.

Promotion


Aspek yang tidak kalah penting adalah mengenai promosi dari produk. bagaimana suatu produk akan dikenalkan ke pasar, sehingga pelanggan tergerak untuk membelinya. Ada salah satu cara melakukan promosi yang efektif adalah dengan beriklan. Bagi pebisnis yang baru memulai bisnis, iklan dilakukan dengan banyak pertimbangan baik efektif dan efisiensinya. Untuk mendapatkan efektifitas beriklan seharusnya dilakukan pemilihan media iklan yang benar-benar cocok dengan karakter target pasar dari produk. Mungkin tidak seluruh media, karena belum tentu berpengaruh kepada peningkatan penjualan.

Selain itu pemasangan iklan akan berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan. Jika memulai bisnis, sebaiknya masalah biaya mendapat perhatian khusus agar tidak menjadi ganjalan dalam operasional usaha. Tentukan dengan cepat tujuan promosinya, apakah untuk menciptakan kesadaran merk atau meningkatkan penjualan. Nah, jangan lupa untuk menghitung hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan, apakah sudah sesuai dengan harapan atau masih perlu perbaikan kegiatan promosi untuk kedepannya. (*DI/berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment