Friday, March 21, 2014

Omegastones.net: Bisnis Online Pengekspor Batu Alam



Omegastones.net: Bisnis Online Pengekspor Batu Alam


Kondisi kekayaan alam Indonesia banyak memberikan celah bisnis  bagi siapa pun yang mau memanfaatkannya. Negeri kepulauan yang dijuluki “The Ring of Fire” ini ditaburi dengan gunung-gunung berapi, yang menjadi sumber bebatuan alami yang prima bagi material bangunan. Kenyataan ini membuat sebagian orang mencoba menggali potensi bisnis batu-batuan alam.

Tak terkecuali Winsen Setiawan, seorang entrepreneur yang mendirikan bisnis online Omegastones.net hanya dengan modal uang Rp 100.000. Winsen yang pernah bekerja sebagai seorang staf penjualan di perusahaan milik orang lain itu terinspirasi untuk memanfaatkan melimpahnya bebatuan di negeri ini dengan membuat sebuah situs khusus untuk memamerkan produk bebatuan alam di tahun 2005.

Awalnya, Winsen mendapatkan ide tersebut dari seorang karib yang menekuni dunia bisnis online. Keberhasilan sang teman akhirnya mendorong Winsen mendirikan bisnisnya sendiri yang memiliki keunikan.

Berbeda dari kondisi saat ini, kesadaran dan kejelian masyarakat untuk menggunakan media online belum begitu tinggi. Sementara banyak pebisnis batu alam di daerah-daerah di Indonesia bergumul dengan metode bisnis yang masih konvensional, Winsen menjadi salah satu yang pertama dalam membawa bisnis penjualan batu alam Indonesia ke ranah maya.

Upayanya itu tidak sia-sia belaka. Situsnya Omegastones.net menjadi jembatan penghubung antara penambang batu alam Indonesia dan pasar luar negeri yang tertarik menggunakannya sebagai material bangunan. Konsumen asing berbondong-bondong mengunjungi situsnya. Winsen mengaku ia bahkan tidak menggunakan jasa konsultan SEO atau menerapkan teknik SEO untuk menarik pengunjung situs dan calon pembeli produknya. Semuanya benar-benar dilakukan secara organik alias ‘alami’.

Winsen mengatakan konsumen pertamanya datang dari negeri jiran Malaysia. Order pertamanya datang 1 tahun sejak ia meluncurkan situs Omegastones.net. Apa yang dirintis sebagai bisnis online dari kamar kos Winsen, kini berkembang pesat menjadi bisnis beromset besar.

Berbekal ketekunan dan keuletan berbisnis, Winsen sanggup mengembangkan bisnis online dengan modal minim menjadi usaha kecil yang sanggup mengekspor rata-rata 20 peti kemas setiap bulannya. Para pembeli batu alam dari Omegastones.net ini, katanya, berasal dari 25 negara. (*AP)

No comments:

Post a Comment