Friday, March 21, 2014

Entrepreneur pun Harus Kenal Sastra



Entrepreneur pun Harus Kenal Sastra



Di sela kesibukan saya sebagai entrepreneur, saya sempatkan untuk membaca karya-karya sastra yang indah. Saya melakukannya untuk sejenak mengalihkan perhatian pikiran yang tiap saat harus berkutat dengan bisnis. Dengan membaca dan menikmati karya sastra yang bermutu, kehidupan saya menjadi lebih lengkap.

Ada dua sastrawan yang menjadi kesukaan saya sejak dahulu. Mereka adalah Chairil Anwar dan Kahlil Gibran.

Salah satu ekspresi Kahlil Gibran yang amat saya sukai adalah kalimat berikut ini:

Ada sesuatu yang lebih mulia
dan lebih tinggi
daripada KETENARAN
Sesuatu itu adalah KARYA BESAR
yang membawa ketenaran itu.

Aku merasa dalam diriku
suatu tenaga tersembunyi
yang hendak membenahi ketelanjangannya
dengan sebuah pakaian yang indah,
yaitu KARYA BESAR itu.

Inilah yang membuat aku
merasa bahwa
kehadiranku di dunia ini
untuk menuliskan namaku
pada wajah kehidupan ini
dengan HURUF-HURUF BESAR

Perasaan semacam ini menyertaiku
SIANG MALAM ...

Kalimat di atas adalah sebenarnya surat Kahlil Gibran kepada Amin Guraib sahabat dekatnya , di Boston, tertanggal 28 Maret 1908, yang saya kutip dari buku Kahlil Gibran: A Self Portrait oleh M. Ruslan Shiddieq.

Kata-katanya sangat indah, subtle, dalam dan menginsipirasi. Begitu kagumnya saya dengan puisi ini hingga saya sering menghadiahkannya bingkai yang berisi kalimat puitis tersebut kepada hampir semua orang terdekat saya.


No comments:

Post a Comment