Tuesday, January 9, 2018

Cara Bertanam Hidroponik Untuk Pemula



Cara Bertanam Hidroponik Untuk Pemula



Apakah anda sudah pernah mendengar tentang hidroponik ? Kebanyakan dari anda pasti pernah mendengar atau bahkan sudah pernah mencobanya. Bercocok tanam dengan cara hidroponik merupakan cara menanam yang tanpa membutuhkan media tanah sebagai tempat menanamnya.

Cara ini semakin disukai saja karena tidak membutuhkan bahan dan peralatan yang rumit, bahkan bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi. Terlebih bagi anda yang menyukai coba-coba hal baru, cara menanam dengan teknik seperti ini harus anda coba, karena akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anda. Bagi anda yang masih ingin mencoba jangan khawatir, karena ada banyak cara bertanam hidroponik untuk pemula, sehingga anda bisa mencobanya dengan sistem yang paling sederhana.

Untuk anda para pemula, hal yang harus anda perhatikan adalah anda harus memastika air nutrisi yang anda gunakan benar-benar tepat dan dapat terserap secara sempurna. Ini karena menanam tanpa media tanah ini berarti nutrisi yang didapat tanaman hanya berasal dari air nutrisi yang anda berikan. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah cahaya yang diterima tanaman anda, jangan letakkan tanaman anda pada tempat yang terlalu panas.

Berikut ini adalah dua cara bertanam hidroponik untuk pemula yang paling sederhana dan mudah dipraktekkan.

1. Dengan menggunakan Cara NFT (Nutrient Film Technique)
Cara ini bisa dibilang cara yang paling populer dan paling banyak digunakan. Teknik yang satu ini memiliki konsep dasar menanam tanaman dengan posisi akar berada pada bagian lapisan nutrisi yang dangkal, alias tidak terlalu dalam. Namun anda harus memastikan sirkulasinya berjalan lancar, sehingga oksigen dan nutrisisnya juga berjalan lancar.


Peralatan yang paling utama yang dibutuhkan untuk menanam dengan sistem NFT ini adalah tangki sebagai penampung pipa  dan pompa. Cara membuat tempatnya untuk menanam dengan cara ini adalah , dengan menyusun pipa yang dsudah diberi lubang untuk tempat tumbuhnya dengan bak penampung di bagian yang lebih rendah. Dan bagian terakhirnya anda hanya tinggal memasang pompanya untuk melancarkan aliran air nutrisi.

2. Dengan cara WICK
Cara bertanam hidroponik untuk pemula yang juga banyak dipraktekkan adalah dengan cara WICK, alias sumbu. Cara ini sangat populer karena cara membuatnya yang sangat mudah. Jadi, sangat mungkin para pemula yang ingin belajar menanam hidroponik menggunakan cara ini. Selain itu, alat dan bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan bahkan bisa barang-barang di rumah anda yang sudah jarang dibunakan lagi.


Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah botol plastik air mineral berukuran besar, alat untuk memotong, alat untuk membuat lubang yang ukurannya tidak terlalu besar, sumbu kompor yang sudah tidak terpakai, atau anda juga bisa menggunakan kain flanel dan media tanamnya terserah pilihan anda. Dan jangan lupakan juga air nutrisi yang akan anda gunakan.

Cara membuatnya :
1. Potong botol pastik bekas milik anda menjadi dua bagian dan beri lubang pada bagian tutup botol.
2. Gabungkan kedua bagian botol tersebut dan pastikan posisinya tepat.
3. Pasang sumbu kompor bekas anda atau kain flanel pada lubang di tutup botol botol, pastikan bahwa sumbu anda akan dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan secara maksimal.
4. Tanam bibit yang anda suka.
5. Isi bagian botol yang di bawah dengan air nutrisi.

Cara menanam hidroponik untuk pemula tidak terlau sulit bukan ? Itulah dua cara bertanam hidroponik untuk pemula yang sangat mudah untuk anda buat sendiri. Semakin anda kreatif, semakin keren juga tempat bertanam anda. Yang penting adalah jangan malas untuk mencoba.


No comments:

Post a Comment