Monday, October 21, 2013

Benjolan di Leher, Penyakit Apa?



Tanya:
Dok, saya punya benjolan besar di leher. Pernah dioperasi tapi 3 bulan kemudian muncul lagi. Kalau saya ikut alternatif sedot benjolan itu dengan jarum suntik, yang keluar adalah nanah. Kenapa benjolannya bisa keluar lagi dan bagaimana cara penyembuhannya dok?

Jawab:
Dari riwayat yang Anda ceritakan, benjolan leher yang Anda alami sudah pernah dioperasi. Apabila sudah pernah dilakukan operasi maka biasanya benjolan yang diambil saat operasi tersebut akan diambil dan diperiksa oleh dokter bagian Patologi Anatomi (PA) untuk menentukan apa penyebab dari benjolan tersebut. Maka penanganan selanjutnya sudah jelas berdasarkan hasil PA.

Besar kemungkinan Anda menderita penyakit kerusakan kelenjar getah bening di leher akibat infeksi kuman TB (Tuberculosis), namun bisa juga disebabkan oleh infeksi kuman lain, atau juga dapat disebabkan tumor jaringan lunak leher yang terinfeksi. Apabila memang benar karena TB maka pengobatan yang diperlukan memang cukup lama, berkisar dari 6 bulan hingga 1 tahun.



Saya anjurkan apabila belum dilakukan PA, dan apabila benjolan itu masih ada, agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah. Apabila diangkat kembali, maka pastikan Anda mendapatkan informasi mengenai hasil PA tentang benjolan yang anda alami.

dr. Janfrional

No comments:

Post a Comment