Saturday, April 5, 2014

Chairul Tanjung Tentang Kunci Suksesnya



Chairul Tanjung Tentang Kunci Suksesnya



Ciputraentrepreneurship News, Jakarta - Dengan makin makmurnya masyarakat Indonesia yang ditandai dengan naiknya pendapatan per kapita, perubahan gaya hidup juga terjadi dalam segala lini kehidupan mereka. Dari gaya hidup yang lebih sederhana, mereka kini tidak sungkan membelanjakan lebih banyak uang untuk hal-hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh generasi pendahulunya. Contohnya saja dulu orang menggunakan satu jenis sabun untuk membersihkan badan, rambut, barang-barang rumah tangga. Namun, kini trennya sudah sama sekali lain. Orang menggunakan berbagai macam produk untuk satu kegunaan: membersihkan.

Kemampuan membaca tren masa depan itulah yang menurut entrepreneur pendiri CT Group, Chairul Tanjung, menjadi kunci sukses para entrepreneur. "Sebentar lagi bangsa ini kian masuk kisaran pendapatan per kapita di atas 10 ribu dollar AS. Naiknya pendapatan per kapita ini juga berpengaruh pada karakteristik lifestyle yang berbeda," papar Chairul di acara talkshow pembukaan Global Entrepreneurship Week 2012 yang mengangkat tema "Indonesia Berwirausaha dengan Inovasi".

Ia mencontohkan tren penurunan konsumsi beras. Saat seseorang makin makmur, jumlah konsumsi beras juga menurun. "Orang yang makan beras makin lama makin sedikit,"  ujarnya. Banyak orang yang saat menjadi makin sejahtera menghindari beras karena takut menjadi gemuk dan menderita penyakit karena terlalu banyak makan karbohidrat.

Kunci sukses seorang entrepreneur, lanjutnya, ialah kemampuannya membeli masa depan dengan harga sekarang. Chairul mencontohkan bagaimana Ir. Ciputra menerapkan konsep itu dalam bisnisnya. (*AP)

No comments:

Post a Comment