Friday, December 11, 2015

6 Tanda Penuaan Dini Yang Tidak Boleh Diabaikan



Menjadi tua itu pasti, namun dewasa itu pilihan. Kalimat tersebut tentu tidak asing di telinga Anda tentunya. Penuaan akan terjadi dengan bertambahnya umur. Sering kali dengan bertambahnya usia maka bagian tubuh tertentu akan berubah, terutama kulit. Kulit menjadi tanda penuaan pertama dari tubuh.

Hal tersebut akan mulai terlihat ketika Anda sudah memasuki umur 25 tahun ke atas. Banyak orang yang mengeluh karena itu sebab bisa mengganggu penampilan Anda. Sebenarnya penuaan dini bisa terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya ialah stres yang berkepanjangan, radikal bebas, serta polusi.

Kulit tidak elastis
Banyak ahli kulit yang menyarankan untuk selalu rajin menggunakan pelembab kulit. Karena kulit yang tidak lembab akan lebih mudah terkena radikal bebas. Namun jika kulit tetap tidak elastis dan kering setelah menggunakan pelembab maka itulah salah satu tanda penuaan dini.

Bintik hitam
Penuaan dini juga ditunjukan dengan berubahnya kulit menjadi kusan kemudian muncul bintik hitam. Ini bisa terjadi karena adanya pengaruh dari paparan sinar matahari. Anda bisa menggunakan sun blok dan rajin menggunakan hand body setelah mandi. Saat berkendaraan gunakanlah masker dan sarung tangan.


Lemak menumpuk
Semakin bertambah umur tentu organ tubuh akan bekerja lebih lambat. Sehingga pembakaran lemak tidak lagi semaksimal pada saat Anda muda. Biasanya akan terbentuk lemak yang menumpuk di daerah perut. Oleh karena itu semakin tua, Anda harus lebih bisa menjaga pola makan.

Pori menjadi lebih besar
Semakin tua, maka kulit juga semakin tua dan rentan. Sehingga banyak terjadi penumpukan sel kulit yang telah mati. Hal ini menyebabkan terjadinya pembesaran pori pada kulit.

Ada kerutan
saat berekspresi wajah menjadi penuh dengan kerutan. Namun apabila Anda diam dan tanpa ekspresi kemudian terdapat kerutan, itulah tanda dari penuaan yang sebenarnya. Kerutan timbul karena kulit yang tidak lembab atau kering sehingga rajin-rajinlah menggunakan pelebab wajah.

Mulai pikun dan sering lelah
Semakin berumur, kerja otak pun semakin berat karena berbagai persoalan dan masalah yang menghadang pada hidup Anda. Sehingga tak jarang ini menyebabkan Anda sering lupa dan sangat mudah lelah. Hal tersebut juga merupakan salah satu tanda penuaan dini.

Oleh karena itu jagalah pola hidup sehat dan jangan lupa untuk berolah raga. Karena dengan berolah raga, regulasi oksigen dalam tubuh menjadi teratur dan otak pun tidak kekurangan oksigen. Tubuh tetap prima dan sehat karenanya. Penuaan dini di atas juga bisa terjadi karena mengonsumsi junk food secara berlebih dan merokok.

No comments:

Post a Comment