Friday, January 31, 2014

Kota Besar, Penyebab Turunnya Kualitas Sperma



Kota Besar, Penyebab Turunnya Kualitas Sperma



Kualitas sperma diteliti kian menurun seiring berjalannya waktu. Penyebab menurunnya kualitas sperma pun akhirnya terungkap. Seperti diutarakan oleh CEO Morula In Vitro Fertilization Indonesia, Dr. Ivan Sini, MD, SPOG, kota-kota besar merupakan faktor lingkungan yang banyak menyebabkan terjadinya penurunan jumlah dan kualitas sperma.


“Sudah ada penelitian yang menyatakan hal ini, ditambah standarisasi jumlah sperma yang dinyatakan WHO juga mengalami penurunan angka,” ujar Ivan, seperti dikutip Antaranews.com.

Ivan menjelaskan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada dekade 70an menyatakan standar jumlah sperma sehat dalam satu cc adalah 20 juta. Namun kini, standar itu mengalami penurunan menjadi 15 juta sperma setiap satu cc.

Lebih lanjut, Ivan menyatakan bahwa hal ini terjadi karena adanya ‘declining male syndrome’ atau terjadinya ketidakseimbangan atau perubahan hormon pada tubuh pria akibat pola dan gaya hidup.

“Semakin ke depan, tekanan hidup atau stres juga semakin meningkat. Gaya hidup juga semakin tidak sehat. Merokok, pola makan salah, dan kurangnya berolah raga bisa menjadi penyebab terjadinya declining male syndrome,” tutup Ivan. (jay)

No comments:

Post a Comment