Thursday, January 30, 2014

Samgyetang, Sup Gingseng dari Korea



Samgyetang, Sup Gingseng dari Korea



Ghiboo.com - Mendengar sup, pasti yang ada di benak Anda rasa hangat, segar dan tentunya lezat. Di Korea juga ada sup enak dan juga menyehatkan, namanya Samgyetang. Samgyetang atau ginseng chicken soup adalah sup tradisional di Korea.


Samgyetang adalah sup dari pulau Cheju dari akar ginseng dan dimasak seperti sayur dengan ayam. Sup ini dimasak dalam panci batu dan disajikan saat masih panas.


Biasanya, seluruh ayam direbus ditambah Ginseng Korea, kurma kering merah, bawang putih, jahe dan beras ketan. Ginseng, memang menghasilkan sedikit rasa pahit, makanya diberi kurma merah kering agar ada rasa manis.


Samgyetang sangat bagus diminum untuk mengembalikan energi yang habis karena berkeringat. Jadi, Anda mau mencoba sendiri di rumah, ini dia resepnya:


Bahan:


- 4 kecil ayam, satu untuk tiap porsi
- 4 akar ginseng segar
- 2 cangkir beras ketan
- 8 siung bawang putih
- 8 chestnut


- 8 buah jujube
- 8 kurma merah kering
- Garam, secukupnya
- Lada hitam, untuk rasa
- Daun bawang cincang panjang 4cm


Cara Memasak


1. Potong memanjang perut ayam. Buang kepala, dan kaki, iris tipis sayap dan leher opsional.
2. Bersihkan ayam dan taburi dengan garam. Cuci beras ketan dan ginseng. Kupas bawang putih dan chestnut. Iris ginseng, sesuai selera.
3. Isi perut ayam dengan ginseng, beras, dan bawang putih.
4. Menjahit rongga tubuh ayam agar tertutup.
5. Taruh isi ayam di panci tertutup dengan 15 cangkir air dan didihkan. Turunkan panas dan tambahkan jujube (permen kenyal dengan rasa buah), dan chestnut.


6. Didihkan sampai ayam benar-benar lunak.
7. Penyajian bagi yang belum berpengalaman; restoran biasanya menambahkan garam dan merica hitam secukupnya, tetapi beberapa koki segera menambahkan garam sebelum disajikan.
8. Pada musim semi biasanya ditaburi bawang sebelum disajikan.


No comments:

Post a Comment