Facebook memiliki cara tersendiri
dalam mencari karyawan berbakat. Facebook tidak memandang gelar, kekayaan, atau
penampilan seseorang sebagai modal untuk bekerja. Facebook memandang bahwa
karyawan yang berbakat adalah karyawan yang dapat menciptakan produk yang
mengagumkan. Ingin tahu lebih jauh lagi mengenai kriteria karyawan Facebook?
Berikut kriteria karyawan yang diinginkan Facebook menurut Julie Zhou, sang
direktur desain produk Facebook.
1.Bekerja dengan tim
Satu kandidat yang sangat berbakat
bisa tidak lolos menjadi karyawan Facebook jika ia tidak bekerja dengan tim.
Dalam proses screening, Facebook biasanya menempatkan kandidat dalam satu tim
lalu melihat cara ia bekerjasama dengan tim tersebut. Dinamika kerja dalam tim
yang diciptakan oleh kandidat tersebut lah yang menjadi penilaian.
2.Menciptakan karya yang bermanfaat
Karyawan Facebook tidak hanya
dituntut untuk membuat produk yang berfungsi. Mereka juga harus membuat para
pelanggan merasa produk tersebut diciptakan karena tim Facebook peduli dengan
kebutuhan banyak orang. Produk yang diciptakan harus menjadi solusi bagi suatu
masalah, berkualitas, dan tentu mudah digunakan.
3.Berpikir untuk jangka panjang
Karyawan yang diharapkan oleh tim
Facebook adalah karyawan yang memiliki pemikiran jangka panjang untuk
perusahaan. Karyawan yang dibutuhkan Facebook harus memiliki pemikiran dan
rencana untuk segala proyek yang dikerjakan. Karyawan yang tepat adalah orang
yang harus menyesuaikan diri dengan dinamika perusahaan.
4.Gelar tidak penting
Walaupun sangat bergengsi, Facebook
bukanlah perusahaan yang merekrut karyawan dengan latar belakang pendidikan
bergengsi. Perusahaan ini lebih mementingkan bagaimana seorang kandidat
memiliki kemampuan dalam menciptakan produk yang tepat dan memiliki keinginan
belajar yang sangat kuat. Para kandidat yang dapat memikat hati Facebook adalah
kandidat yang dapat belajar secara ekstrim untuk menciptakan perkembangan yang
mumpuni.
No comments:
Post a Comment