Monday, January 13, 2014

Jefferson Davis - Politikus Amerika Serikat



Jefferson Davis - Politikus Amerika Serikat




Jefferson Finis Davis (lahir di Christian County, Kentucky, 3 Juni 1808 – meninggal di New Orleans, Louisiana, 6 Desember 1889 pada umur 81 tahun) adalah seorang politikus Amerika Serikat. Dari pernikahannya dengan Varina Howell, ia tak memiliki seorang anak pun. Ia mewakili Partai Demokrat. Partai Demokrat Amerika Serikat (Democratic Party) adalah salah satu dari dua partai politik besar di Amerika Serikat; satunya lagi adalah Partai Republik.

Partai Demokrat berhaluan tengah kiri/demokrat sosial meski kebijakan-kebijakannya tidak terlalu kiri dibandingkan dengan partai-partai buruh atau demokratis sosial di negara-negara lainnya. Di Amerika Serikat sendiri, partai ini dikenal sebagai partai yang lebih "liberal", meski liberalisme ini merujuk kepada maknanya di Amerika Serikat.

Jefferson Davis juga seorang perwira. Ia adalah senator Amerika Serikat dari tahun 1847 hingga 1851 dan 1857 hingga 1861. Senat Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States Senate) adalah salah satu dari dua bagian Kongres Amerika Serikat. Bagian lain dari Kongres adalah Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (US House of Representatives).

Ia juga Menteri Pertahanan Amerika Serikat antara tahun 1853 hingga 1857. Menteri Pertahanan Amerika Serikat (United States Secretary of Defense) adalah kepala Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Dephan) yang bertanggung jawab dalam masalah angkatan bersenjata dan militer. Menteri Pertahanan bertugas sebagai penasehat tertinggi kebijakan pertahanan bagi sang Presiden, menyusun kebijakan pertahanan secara umum dan segala kebijakan yang terkait dengan Dephan, serta menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan.

Menteri Pertahanan dipilih oleh Presiden dengan persetujuan Senat dan merupakan anggota kabinet. Oleh undang-undang diharuskan bahwa sang menteri merupakan warga sipil yang tidak pernah bertugas dalam komponen aktif di angkatan bersenjata setidaknya dalam 10 tahun terakhir (pengecualian kepada George Marshall yang menjadi Menteri Pertahanan pada tahun 1950 meski baru menjadi warga sipil pada tahun 1945).

Di masa Perang Saudara Amerika ia adalah presiden Confederate States of America (CSA), negara selatan dalam perang saudara itu. Ia menjabatnya antara tanggal 18 Februari 1861 hingga 10 Mei 1865, namun ia tidak sanggup menemukan strategi yang mampu mengalahkan Negara-negara Utara yang lebih besar dan terindustrialisasi.

Negara Konfederasi Amerika (Confederate States of America, disingkat CSA, lazim disebut Konfederasi) ialah negara yang berdiri di Amerika Serikat Selatan selama Perang Saudara Amerika. Negara ini didirikan pada tahun 1861 ketika negara bagian South Carolina, Mississippi, Florida, Alabama, Georgia, Louisiana, dan Texas meninggalkan Amerika Serikat untuk membentuk pemerintahan sendiri. Belakangan Virginia, Arkansas, Tennessee, dan North Carolina bergabung dengan mereka.

Pemerintahannya menyerupai seperti di Amerika Serikat, begitupun konstitusinya. Pemerintahan AS (juga dikenal sebagai Union) tak bisa membiarkan negara ini berdiri sehingga kedua negara inipun berperang. Perang ini dikenal sebagai Perang Saudara Amerika, dan berlangsung antara tahun 1861-1865.

Ketika perang berakhir pada tahun 1865, AS mendapatkan kendali lagi atas negara selatan, dan Negara Konfederasi Amerika jatuh. Walaupun begitu, sejumlah orang meragukan apakah Konfederasi benar-benar sebuah negara. Union tak pernah setuju bahwa Konfederasi memang negara, dan karena Konfederasi masih memberlakukan perbudakan, dan tak satupun negeri di Eropa yang
setuju bila Konfederasi adalah sebuah negara, kecuali Kadipaten Sachsen-Coburg-Gotha (sekarang bagian Jerman).

Karena nama "Perang Saudara" memiliki arti bahwa pesertanya adalah orang yang berada dalam 1 negara, orang kadang-kadang menyebutnya "Perang Antara Negara Bagian". Konfederasi juga disebut "Selatan", dan negara-negara bagian yang pernah bergabung dengannya kadang-kadang disebut sebagai "Selatan".

Perang Saudara Amerika Serikat (1861–1865), juga dikenal sebagai Perang Antar Negara Bagian (lihat nama-nama lain), adalah sebuah perang saudara di Amerika Serikat. Sebelas negara bagian budak di Selatan mengumumkan pemisahan dari Amerika Serikat dan membentuk Konfederasi Amerika yang dikenal sebagai "Konfederasi". Dipimpin oleh Jefferson Davis, pihak Konfederasi memperjuangkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat.

Pemerintah federal Amerika Serikat (AS) didukung oleh dua puluh negara bagian, kebanyakan negara bagian bebas yang telah menghapus perbudakan dan lima negara bagian budak yang kelak dikenal sebagai negara bagian perbatasan. Keduapuluhlima negara bagian ini yang disebut sebagai Uni, memiliki basis populasi dan industri yang lebih besar ketimbang Selatan. Setelah empat tahun perang berdarah (kebanyakan di negara bagian Selatan), Konfederasi menyerah dan perbudakan dihapus di seluruh negara. Restorasi Serikat, dan Era Rekonstruksi yang mengikutinya, menghadapi masalah yang masih belum terselesaikan selama beberapa generasi selanjutnya.

Perang Saudara Amerika adalah menjadi salah satu perang pertama yang menunjukkan perang industri persenjataan dalam sejarah manusia. Pembuatan rel kereta, kapal-kapal uap, produksi senjata secara massal, dan berbagai macam alat militer lainnya dilakukan di mana-mana. Praktek perang total yang dikembangkan oleh Sherman di Georgia dan perang parit di sekitar Petersburg menjadi salah satu taktik yang digunakan dalam Perang Dunia I di Eropa

No comments:

Post a Comment