Friday, April 4, 2014

Bagaimana Membuat Rencana Pemasaran?



Bagaimana Membuat Rencana Pemasaran?


Tujuan strategi Rencana pemasaran adalah membuat rencana kemana arah bisnis akan dijalankan dan bagaimana cara mencapai ke sana. Dan apa alat promosi yang akan digunakankan untuk mencapai tujuan dan dan menjalankan strategi perusahaan.

Berikut ini adalah struktur yang akan cocok untuk sebagian besar (jika tidak semua) rencana pemasaran:

Visi

Dengan definisi visi harus visioner. Ini adalah tentang "apa" bukan "mengapa" atau "bagaimana". Harus mempunyai setidaknya pandangan untuk lima tahun kedepan yang berkaitan dengan gambaran besar tentang bisnis tersebut akan menjadi seperti apa.

Misi


Misi ini adalah tentang "mengapa" alasan bisnis ada akan tetap hidup. Anda harus memberitahu semua stakeholder di dalam bisnis, karyawan, pemegang saham dan pelanggan. Tentang apa tujuan bisnis anda tersebut.

Target Audiens


Kadang-kadang disebut sebagai stakeholder, tetapi pada dasarnya semua kelompok individu yang bereaksi dengan bisnis atau ingin bereaksi dengan bisnis anda di masa yang akan datang.Perbedaan Audiens harus didefinisikan secara jelas dalam hal proporsional mereka, profil sosial-ekonomi, lokasi geografis dan peraturan pembelian.

Tujuan

Tujuan sering dibingungkan oleh strategi. Tujuan adalah "apa"; strategi adalah "bagaimana". Tujuan harus berisi pernyataan-pernyataan yang tepat dari niat dalam pertumbuhan bisnis dan keuntungan yang akan dihasilkan sebagai hasil dari rencana pemasaran yang diterapkan. Metode SMART penulisan tujuan bisa berpedoman kepada hal hal berikut ini:

* Tertentu
* Terukur
* Pencapaian
* Realistis
* Waktu Pencapaian

Strategi

Ada beberapa strategi untuk mendukung tujuan tapi idealnya tidak boleh ada lebih dari lima atau enam. Strategi akan menentukan tindakan apa selanjutnya yang akan diambil untuk mencapai tujuan. Hal ini berguna untuk mengalokasikan strategi untuk setiap audienc target tertentu

Harga Produk


Berpa harga yang akan dibayar kunsumen untuk produk atau jasa anda ? Apa yang dimaksud dengan margin penjualan?

Distribusi Produk

Di mana konsumen membeli produk atau jasa anda ?

* Periklanan
* Pemasaran Langsung(termasuk online)
* Hubungan Masyarakat
* Sales Promosi
* Penyediaan Produk
* Komunikasi Internal

Semua bidang diatas memiliki sejumlah besar konsultan dan penasihat yang dapat menawarkan bantuan spesialis baik di konstruksi dan pelaksanaan kegiatan.

Riset Pasar untuk Pelanggan

Pelanggan anda mungkin akan terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan lokasi dalam bisnis. Jika anda mempunyai spesialis riset pasar yang dipekerjakan dalam bisnis maka pekerjaan nya adalah untuk:
a) menyusun semua data pelanggan dan penelitian yang ada
b) menyusun penelitian baru, di mana yang sesuai.

Pengawasan Promosi atau Riset Pemasaran

Fungsi utama lain dari penelitian ini adalah untuk meneliti efektivitas pemasaran / kegiatan promosi. Sekali lagi, ini mungkin lebih baik dibahas dalam kemitraan dengan spesialis di bidang Riset Pasar.

Anggaran


Anggaran adalah sebaiknya diatur sebelum memulai bisnis termasuk anggaran anggaran tak terduga yang keluar dari rencana semula. Dalam hal ini perlu melibatkan tenaga ahli dibidang pemasaran untuk merumuskan apa yang benar-benar membutuhkan finansial untuk mewujudkan visi dan tujuan bisnis anda. (*artikelwirausaha.com)

No comments:

Post a Comment