Tuesday, January 14, 2014

Arsitek Frank Lloyd Wright



Arsitek Frank Lloyd Wright




Frank Lloyd Wright (8 Juni 1867 – 9 April 1959) adalah seorang arsitek terkenal dari awal tahun 1900-an. Rumahnya terkenal dengan julukan Robbie House, yang tata ruangnya seperti jaringan jalan yang ruwet dan jendela kaca bernoda geometris. Informasi rumah itu bisa didapatkan dalam buku The Wright 3 karya Blue Balliet. Frank Lloyd Wright memegang jimat khusus dalam bentuk ikan Jepang nefrit. Ia mengembangkan serangkaian gaya yang amat bersifat perorangan, memengaruhi rancang bangunan di seluruh dunia, dan hingga saat ini masih merupakan arsitek terkenal dari Amerika Serikat. Wright juga terkenal sepanjang hidupnya. Kehidupan pribadinya yang berwarna sering menjadi berita utama, utamanya tentang kegagalan 2 pernikahan pertamanya dan pembakaran serta pembunuhan di studio Taliesin miliknya pada tahun 1914.

Frank Lloyd Wright lahir di kota pertanian Richland Center, Wisconsin, Amerika Serikat, pada tahun 1867, dan bernama Frank Lincoln Wright. Ayahnya, William Carey Wright (1825-1904) adalah seorang orator lokal dikagumi, guru musik, pengacara dan menteri sesekali keliling. William Wright telah bertemu dan menikah Anna Lloyd Jones (1838-1839 - 1923), seorang guru sekolah kabupaten, tahun sebelumnya saat ia bekerja sebagai pengawas sekolah untuk Richland County. Awalnya dari Massachusetts, William Wright telah menjadi pendeta Baptis namun ia kemudian bergabung dengan keluarga istrinya dalam iman Unitarian. Anna adalah anggota keluarga Jones yang besar, makmur dan terkenal Lloyd Unitarian, yang telah beremigrasi dari Wales untuk Spring Green, Wisconsin. Salah satu saudara Anna adalah Jenkin Lloyd Jones, yang akan menjadi tokoh penting dalam penyebaran iman Unitarian di Amerika Serikat Barat.

Kedua orang tua Wright yang berkemauan keras individu dengan kepentingan istimewa bahwa mereka diteruskan kepadanya. Dalam biografinya menyatakan ibunya, ketika ia hamil anak pertama, bahwa ia akan tumbuh untuk membangun gedung-gedung indah. Dia dihiasi dengan ukiran pembibitan katedral Inggris robek dari berkala untuk mendorong ambisi bayi. Keluarganya pindah ke Weymouth, Massachusetts pada tahun 1870 untuk William untuk melayani jemaat kecil. Pada tahun 1876, Anna mengunjungi Pameran Centennial di Philadelphia dan melihat pameran pendidikan blok dibuat oleh Friedrich Wilhelm Agustus Fröbel. Blok, yang dikenal sebagai Hadiah Froebel, adalah fondasi dari kurikulum TK inovatif. Seorang guru yang terlatih, Anna senang dengan program dan membeli satu set blok untuk keluarganya. Wright muda menghabiskan banyak waktu bermain dengan blok. Ini adalah berbentuk geometris dan dapat dirakit dalam berbagai kombinasi untuk membentuk komposisi tiga dimensi. Wright otobiografi berbicara tentang pengaruh dari latihan ini pada disain-disain. Banyak dari karyanya yang untuk kejelasan geometris mereka.

Keluarga Wright berjuang finansial di Weymouth dan kembali ke Spring Green, Wisconsin, di mana Lloyd Jones mendukung klan bisa membantu William menemukan pekerjaan. Mereka menetap di Madison, di mana William mengajar pelajaran musik dan menjabat sebagai sekretaris masyarakat Unitarian yang baru dibentuk. Meskipun William adalah orang tua jauh, ia berbagi kecintaannya pada musik, khususnya karya-karya Johann Sebastian Bach, dengan anak-anaknya. Segera setelah Wright berbalik 14 orang tuanya dipisahkan. Anna bahagia untuk beberapa waktu dengan ketidakmampuan untuk menyediakan William bagi keluarganya dan memintanya untuk pergi. Perceraian itu selesai pada tahun 1885 setelah William Anna digugat karena kurangnya kasih sayang fisik. William meninggalkan Wisconsin setelah perceraian dan Wright mengklaim bahwa ia pernah melihat ayahnya lagi. Pada saat ini Wright mengubah nama tengahnya dari Lincoln pada Lloyd untuk menghormati keluarga ibunya, keluarga Jones Lloyd. Sebagai laki-laki yang tersisa dalam keluarga, Wright diasumsikan tanggung jawab keuangan untuk ibunya dan dua saudara perempuan.

Wright menghadiri sekolah Madison tinggi, namun tidak ada bukti dia pernah lulus. Ia dibawa ke University of Wisconsin-Madison sebagai mahasiswa khusus pada tahun 1886. Di sana ia bergabung dengan persaudaraan Phi Delta Theta, mengambil kelas paruh waktu selama dua semester, dan bekerja dengan profesor teknik sipil, Allan D. Conover. Pada tahun 1887, Wright meninggalkan sekolah tanpa gelar (meskipun ia telah diberikan Doktor kehormatan dari Fine Arts dari University di 1955). Pada tahun 1887, Wright tiba di Chicago untuk mencari pekerjaan. Sebagai hasil dari Chicago Fire menghancurkan Besar 1871 dan ledakan penduduk terakhir, perkembangan baru ini banyak di kota. Dia kemudian ingat bahwa kesan pertama dari Chicago bahwa dari
lingkungan kotor, jalan-jalan yang ramai dan arsitektur mengecewakan, namun ia bertekad untuk mencari pekerjaan. Dalam beberapa hari, dan setelah wawancara dengan perusahaan beberapa tokoh, dia dipekerjakan sebagai juru dengan perusahaan arsitektur Joseph Lyman Silsbee. Wright sebelumnya berkolaborasi dengan Silsbee -. Terakreditasi sebagai juru dan pengawas konstruksi - pada 1886 untuk Kapel Persatuan Wright keluarga di Spring Green, Wisconsin.

Sementara dengan perusahaan, ia juga bekerja pada dua proyek keluarga lainnya:. Gereja All Souls di Chicago untuk paman, Jenkin Lloyd Jones, dan Home Sekolah Hillside saya di Spring Green untuk dua bibi-bibinya draftsmen lain yang juga bekerja untuk Silsbee pada tahun 1887 termasuk arsitek masa depan, Cecil Corwin, George W. Maher, dan George G. Elmslie.. Wright segera berteman Corwin, dengan siapa ia tinggal sampai ia menemukan rumah permanen. Dalam otobiografinya, Wright rekening bahwa ia juga memiliki tugas singkat di kantor lain arsitektur Chicago. Merasa bahwa ia rendah untuk kualitas karyanya untuk Silsbee (pada $ 8,00 per minggu), para juru muda berhenti dan menemukan pekerjaan sebagai desainer di perusahaan Beer, Clay, dan Dutton. Namun, Wright segera menyadari bahwa ia tidak siap untuk menangani desain bangunan sendiri;. Dia meninggalkan pekerjaan barunya untuk kembali ke Yusuf Silsbee - kali ini dengan menaikkan gaji.

Meskipun Silsbee dipatuhi terutama untuk arsitektur Victoria dan revivalis, Wright menemukan pekerjaan untuk menjadi lebih "anggun indah" daripada "kebrutalan" lain dari periode. Namun Wright bercita-cita untuk bekerja lebih progresif. Setelah kurang dari setahun telah berlalu di kantor Silsbee itu, Wright belajar bahwa perusahaan Chicago Adler & Sullivan "mencari seseorang untuk membuat gambar selesai untuk interior Auditorium [Gedung]." Wright menunjukkan bahwa dia adalah seorang impresionis yang kompeten desain hias Louis Sullivan dan dua wawancara singkat kemudian, adalah magang resmi di perusahaan.

Kekacauan diikuti Wright bahkan bertahun-tahun setelah kematiannya pada April 9, 1959 saat menjalani operasi di Phoenix, Arizona untuk menghapus obstruksi usus. Istri ketiganya, Olgivanna, berlari Fellowship setelah kematian Wright, sampai kematiannya sendiri di Scottsdale, Arizona pada tahun 1985. Tahun itu, ia belajar bahwa keinginannya telah sekarat bahwa Wright, dia dan putrinya dari perkawinan pertama semua dikremasi dan pindah ke Scottsdale, Arizona. Pada saat itu, tubuh Wright berbaring selama lebih dari 25 tahun di Lloyd-Jones kuburan, di samping Kapel Persatuan, dekat Taliesin, Wright kemudian-kehidupan rumah di Spring Green, Wisconsin rencana Olgivanna menyerukan sebuah taman peringatan, sudah. dalam karya, akan selesai dan siap untuk tetap mereka. Meskipun kebun belum akan selesai, jenazahnya disiapkan dan dikirim ke Scottsdale mana mereka menunggu dalam penyimpanan untuk jumlah waktu yang tak dikenal sebelum dikebumikan di daerah peringatan. Hari ini, pemakaman kecil selatan Spring Green, Wisconsin dan batu yang panjang dekat dari Taliesin, berisi batu nisan yang ditandai dengan nama Wright, tapi kuburnya kosong.

No comments:

Post a Comment