Sunday, January 5, 2014

Pelukis Kubisme Juan Gris



Pelukis Kubisme Juan Gris



Juan GrisJuan Gris (23 Maret 1887 - 11 Mei 1927) merupakan seorang pelukis berkebangsaan Spanyol. Juan Gris tinggal dan bekerja di Perancis menjadi pelukis handal dan ternama juga menjalankan profesinya sebagai pembuat patung. Dia pernah mendistribusikan gambar untuk majalah lokal. Dia pindah ke Paris pada tahun 1906 dan memiliki sahabat disana. Sahabat terbaiknya adalah Henri Matisse, Georges Braque, Fernand Léger. Dia dilukis oleh temannya tahun 1915 dan mulai menjalankan profesinya itu mengikuti jejak teman-temannya.

Juan Gris belajar gambar mesin di Escuela de Artes y Manufacturas di Madrid 1902-1904. Meskipun dia kirimkan ilustrasi muram lucu untuk jurnal seperti Le Rire, L'Assiette au beurre, Le Charivari, dan Le Cri de Paris, Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912. Dia mengembakan beberapa gaya yang salahsatunya adalah gaya Kubisme Pribadi. Potretnya dari Picasso pada tahun 1912 adalah awal yang signifikan Cubist pengecatan dilakukan oleh seorang pelukis selain Picasso atau Braque.

José Victoriano (Carmelo Carlos) González-Pérez, lebih dikenal sebagai Juan Gris, adalah seorang pelukis dan pematung Spanyol yang tinggal dan bekerja di Prancis sebagian besar hidupnya. Karya-karyanya, yang berhubungan erat dengan munculnya sebuah seni inovatif genre Kubisme-adalah di antara yang paling khas gerakan ini. Lahir di Madrid, Gris mempelajari gambar supranatural di Escuela de Artes y Manufacturas di Madrid 1902-1904, selama waktu itu ia memberikan kontribusi gambar untuk majalah lokal. Dari 1904-1905 ia belajar melukis dengan artis Maria José akademik Carbonero. Mungkin pada tahun 1905 bahwa José González mengadopsi nama samaran lebih khas Juan Gris.

Pada tahun 1906 ia pindah ke Paris dan menjadi teman dengan Henri Matisse, Georges Braque, Fernand Léger, maka pada tahun 1915 ia dilukis oleh temannya, Amedeo Modigliani. Di Paris, Gris mengikuti jejak teman lain dan rekan senegaranya, Pablo Picasso. Meskipun dia kirimkan ilustrasi muram lucu untuk jurnal seperti Le Rire, L'Assiette au beurre, Le Charivari, dan Le Cri de Paris, Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912 ia mengembangkan gaya Kubisme pribadi. Potretnya dari Picasso pada tahun 1912 adalah awal yang signifikan Cubist pengecatan dilakukan oleh seorang pelukis selain Picasso atau Braque. Meskipun Picasso Gris dianggap sebagai guru, Gertrude Stein menulis dalam The Autobiography of Alice B. Toklas bahwa "Juan Gris satu-satunya orang yang Picasso ingin pergi"

Pada awalnya Gris dicat dengan gaya analitik Kubisme, tapi setelah 1913 ia mulai konversi ke Kubisme sintetik, dimana ia menjadi juru teguh, dengan penggunaan luas kolase papier Colle atau,. Tidak seperti Picasso dan Braque,
yang karya Kubisme adalah monokromatik, Gris dicat dengan warna cerah yang harmonis di berani, kombinasi baru dengan cara temannya Matisse. Gris dipamerkan dengan pelukis dari Grup Puteaux di Salon de la Bagian d'Or pada tahun 1912. Preferensi-Nya untuk kejelasan dan ketertiban dipengaruhi gaya Purist dari Amedee Ozenfant dan Charles Edouard Jeanneret (Le Corbusier), dan membuat Gris sebuah contoh penting dari "kembalinya keamanan" pasca-perang gerakan.

Pada tahun 1924, ia pertama kali dirancang set balet dan kostum untuk Sergei Diaghilev dan Balet terkenal Russes. Gris diartikulasikan sebagian besar teori-teori estetika selama 1924 dan 1925. Dia memberikan ceramah definitif nya, Des possibilites de la peinture, di Sorbonne pada tahun 1924. Mayor Gris pameran berlangsung di Simon Galerie di Paris dan Flechtheim Galerie di Berlin pada tahun 1923, dan pada Flechtheim Galerie di Düsseldorf pada tahun 1925. Setelah Oktober 1925, Gris adalah sering sakit dengan serangan dari masalah uremia dan jantung. Dia meninggal karena gagal ginjal di Boulogne-sur-Seine (Paris) pada 12 Mei 1927, pada usia 40, meninggalkan seorang istri, Josette, dan seorang putra, Georges.

No comments:

Post a Comment