Thursday, January 9, 2014

Alvar Aalto - Tokoh Arsitek Finlandia



Alvar Aalto - Tokoh Arsitek Finlandia



Hugo Alvar Henrik Aalto (lahir di Kuortane, Finlandia, 3 Februari 1898 – meninggal di Helsinki, Finlandia, 11 Mei 1976 pada umur 78 tahun) adalah arsitek dan desainer Finlandia yang dijuluki sebagai "Bapak Modernisme" di negara-negara Nordik. Karyanya meliputi arsitektur, furnitur, tekstil dan barang pecah belah. Karier awal Aalto berjalan pada masa industrialisasi Finlandia, sehingga banyak kliennya yang merupakan industralis; salah satunya adalah keluarga Ahlström-Gullichsen.


Hugo Alvar Aalto Henrik adalah seorang Finlandia arsitek dan desainer . Karyanya meliputi arsitektur , furnitur , tekstil , dan barang pecah belah . Awal karir Aalto yang berjalan secara paralel dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan industrialisasi Finlandia selama paruh pertama abad kedua puluh dan banyak dari kliennya adalah industrialis, di antaranya adalah keluarga Ahlstrom-Gullichsen . Rentang karirnya, dari 1920-an hingga 1970-an, yang tercermin dalam gaya karyanya, mulai dari Nordic Classicism dari karya awal, ke rasional International Style Modernisme selama tahun 1930-an dengan gaya modernis yang lebih organik dari tahun 1940 dan seterusnya. Apa yang khas untuk seluruh kariernya, bagaimanapun, adalah kekhawatiran untuk desain sebagai Gesamtkunstwerk , sebuah karya seni total, dimana ia - bersama-sama dengan pertama istrinya Aino Aalto - akan merancang tidak hanya bangunan, tetapi memberikan perawatan khusus untuk interior permukaan dan desain furniture, lampu, dan perabot dan barang pecah belah. The Alvar Aalto Museum, dirancang oleh Aalto sendiri, terletak dalam apa yang dianggap sebagai kota rumahnya Jyväsk.

Hugo Alvar Aalto Henrik lahir di Kuortane , Finlandia . Ayahnya, Johan Henrik Aalto, adalah Finlandia berbahasa lahan surveyor dan ibunya, Selly (Selma) Matilda (Hackstedt née) adalah kepala kantor pos a. Ketika Aalto adalah 5 tahun, keluarganya pindah ke Alajärvi , dan dari sana ke Jyväskylä di Finlandia Tengah . Aalto belajar di sekolah Lyceum Jyväskylä, menyelesaikan pendidikan dasar pada tahun 1916. Pada tahun 1916 ia kemudian mendaftarkan diri untuk belajar arsitektur di Universitas Teknologi Helsinki , lulus pada tahun 1921.

Pada tahun 1923 ia kembali ke Jyväskylä , di mana ia membuka kantor pertama arsitektur nya. Jyväskylä akan menjadi sebuah kota terkenal untuk arsitektur nya, dengan bangunan lebih dirancang olehnya daripada di kota-kota lain. Tahun berikutnya ia menikah arsitek Aino Marsio . Bulan madu perjalanan mereka ke Italia disegel ikatan intelektual dengan budaya Mediterania wilayah yang tetap penting untuk Aalto selama sisa hidupnya. The Aaltos pindah kantor mereka untuk Turku pada tahun 1927, dan mulai bekerja sama dengan arsitek Erik Bryggman . Kantor pindah lagi pada tahun 1933 ke Helsinki.

Para Aaltos dirancang dan dibangun rumah-kantor gabungan (1935-1936) untuk diri mereka sendiri di Munkkiniemi , Helsinki, tetapi kemudian (1954-1956) memiliki kantor tujuan-dibangun dibangun di lingkungan yang sama - gedung yang terakhir saat ini merumahkan Alvar Aalto Academy . Aino dan Alvar Aalto memiliki 2 anak, seorang anak perempuan Johanna "Hanni" Alanen, lahir Aalto, 1925, dan seorang putra Hamilkar Aalto, 1928. Pada tahun 1926 Aaltos muda dirancang dan telah membangun sebuah pondok musim panas di Alajärvi, Villa Flora. Aino Aalto meninggal karena kanker pada tahun 1949. Pada tahun 1952 Aalto menikah arsitek Elissa Mäkiniemi (meninggal 1994), yang telah bekerja sebagai asisten di kantornya. Pada tahun 1952 Aalto dirancang dan telah membangun sebuah pondok musim panas, Gedung disebut Eksperimental, untuk dirinya sendiri dan istri barunya di Muuratsalo di Finlandia Tengah. Alvar Aalto meninggal pada 11 Mei 1976, di Helsinki .

Penghargaan Aalto sudah termasuk
Medali Emas Royal untuk Arsitektur dari Royal Institute of British Architects (1957) dan Medali Emas dari American Institute of Architects (1963). Ia terpilih Anggota Kehormatan Luar Negeri American Academy of Arts dan Ilmu Pengetahuan pada tahun 1957. Karir Aalto ini meliputi perubahan dalam gaya dari ( Klasisisme Nordic ) untuk purist Style International Modernisme ke modernisme, lebih pribadi sintetis dan istimewa. Aalto yang lebar berkisar bidang kegiatan desain dari skala besar perencanaan kota dan arsitektur untuk desain interior , furniture dan gelas desain dan lukisan . Telah diperkirakan bahwa selama Aalto seluruh karirnya dirancang lebih dari 500 bangunan individu, sekitar 300 di antaranya dibangun, sebagian besar yang di Finlandia. Dia juga memiliki beberapa bangunan di Perancis, Jerman, Italia dan Amerika Serikat.

Aalto mengklaim bahwa lukisannya tidak dibuat sebagai karya seni individu tetapi sebagai bagian dari proses nya desain arsitektur, dan banyak dari skala kecil nya "patung" eksperimen dengan kayu menyebabkan kemudian detail arsitektur yang lebih besar dan bentuk. Percobaan ini juga menyebabkan sejumlah paten: misalnya, ia menemukan bentuk baru dari dilaminasi membungkuk-lapis furnitur pada tahun 1932. Metode eksperimental telah dipengaruhi oleh pertemuannya dengan anggota berbagai Bauhaus sekolah desain, terutama László Moholy-Nagy , yang ia pertama kali bertemu pada tahun 1930. Furniture Aalto yang dipamerkan di London pada tahun 1935, untuk pujian kritis yang besar, dan untuk mengatasi Aalto permintaan konsumen, bersama dengan istrinya Aino, Maire Gullichsen dan Nils-Gustav HAHL mendirikan perusahaan Artek tahun yang sama. Aalto gelas (Aino serta Alvar) yang diproduksi oleh Iittala .

'Stool Tinggi' s Aalto dan 'Stool E60' (diproduksi oleh Artek ) yang saat ini digunakan di toko Apple di seluruh dunia untuk melayani sebagai tempat duduk untuk pelanggan. Selesai di pernis hitam, bangku yang digunakan untuk pelanggan duduk di 'Bar Genius' dan juga di daerah lain dari toko pada saat-saat duduk diperlukan untuk sebuah lokakarya produk atau acara khusus

No comments:

Post a Comment