John Boyd Dunlop dan André Citroën
John Boyd Dunlop (lahir di Skotlandia, 5 Februari 1840 – meninggal di Dublin, 23 Oktober 1921 pada umur 81 tahun), lahir di Skotlandia, beliau merupakan penemu yang mendirikan salah satu perusahaan ban yang bernama Dunlop Pneumatic Tyre Company. Pada tahun 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban yang berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya. Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1889, John Boyd Dunlop mendirikan pabrik pertama Dunlop Tyres di Dublin, Irlandia. Dan pada tahun 1891 dibangunlah Fort Dunlop Factory di Birmingham, Inggris yang kini menjadi kantor pusat Dunlop. Dunlop meninggal di Dublin pada tanggal 23 Oktober 1921.
Pada 1887, ia mengembangkan praktis pertama pneumatik atau ban karet untuk sepeda roda tiga anaknya, diuji di Cherryvale olahraga tanah, Belfast Selatan, dan dipatenkan itu pada tanggal 7 Desember 1888. Willie Hume menunjukkan supremasi ban baru diciptakan Dunlop pneumatik pada tahun 1889, memenangkan balapan pertama ban yang pernah di Irlandia dan kemudian Inggris. Kapten 'Cruisers Bersepeda Belfast Club', ia menjadi anggota pertama dari masyarakat untuk membeli sebuah sepeda dilengkapi dengan ban pneumatik, sehingga Dunlop menyarankan ia harus menggunakannya dalam perlombaan. Pada tanggal 18 Mei 1889 Hume memenangkan semua peristiwa bersepeda empat di Universitas Queen di Belfast Sports, dan beberapa saat kemudian di Liverpool, memenangkan semua kecuali satu dari peristiwa bersepeda.
Dua tahun setelah ia dianugerahi Dunlop paten secara resmi diberitahu bahwa itu tidak sah sebagai penemu Skotlandia Robert William Thomson (1822-1873), telah mematenkan ide di Perancis pada tahun 1846 dan di Amerika Serikat pada tahun 1847. Paten Dunlop yang kemudian dinyatakan tidak berlaku berdasarkan prior art Thomson. Pengembangan Dunlop tentang ban pneumatik tiba pada saat penting dalam pengembangan transportasi jalanskot. Produksi komersial dimulai pada 1890-an di Belfast. Dunlop ditugaskan patennya kepada William Harvey Du Cros, dengan imbalan 1.500 saham di perusahaan yang dihasilkan dan pada akhirnya tidak membuat keberuntungan besar dengan penemuannya. Dunlop meninggal di Dublin dan dimakamkan di Pemakaman Deans Grange. Citra Dunlop muncul hari ini pada catatan 10 £ dikeluarkan oleh Northern Bank yang beredar di Irlandia Utara
André-Gustave Citroën (5 Februari 1878 - 3 Juli 1935) adalah seorang industrialis Perancis. Ia dikenang terutama untuk membuat mobil bernama setelah dia, tetapi juga untuk aplikasinya gigi heliks ganda. Lahir di Paris pada tahun 1878, André-Gustave adalah anak ke-5 dan terakhir dari Yahudi tua, diamond pedagang Levie Citroen dari Belanda dan Mazra Kleinmann (dari Warsawa, Polandia). Dia adalah sepupu dari filsuf Inggris Sir AJ Ayer. Keluarga Citroen pindah ke Paris dari Amsterdam pada tahun 1873. Setelah kedatangan, tanda titik dua di atas huruf suara telah
ditambahkan ke nama, mengubah Citroen Citroën (kakek telah menjual lemon, dan telah mengubah nama Limoenman konsekuen, harfiah "man kapur", untuk Citroen, Belanda untuk "lemon"). Ayahnya bunuh diri ketika André berusia enam tahun.
Sebuah gigi herringbone, juga dikenal sebagai gigi heliks ganda, adalah jenis khusus dari peralatan yang merupakan sisi ke sisi kombinasi dari dua roda gigi heliks dari tangan yang berlawanan. Dari atas heliks alur gigi ini terlihat seperti huruf V. Tidak seperti gigi heliks mereka tidak menghasilkan beban aksial tambahan. Seperti gigi heliks, mereka memiliki keuntungan dari mentransfer kekuatan lancar seperti gigi gigi beberapa terlibat dan melepaskan diri bersamaan. Keunggulan mereka atas roda gigi heliks adalah bahwa sisi-dorong dari satu setengah seimbang dengan bahwa dari setengah lainnya. Ini berarti bahwa gigi herringbone dapat digunakan dalam gearbox torsi tanpa memerlukan substansial bantalan dorong. Karena gigi herringbone adalah langkah penting dalam pengenalan turbin uap untuk penggerak kendaraan.
Presisi gigi herringbone lebih sulit untuk memproduksi daripada setara memacu atau gigi heliks dan akibatnya lebih mahal. Mereka digunakan dalam mesin berat. Dimana gigi miring malah bertemu di tengah-tengah gigi herringbone, keselarasan mungkin sedemikian rupa sehingga ujung gigi bertemu ujung gigi, atau pelurusan dapat terhuyung-huyung, sehingga ujungnya gigi memenuhi melalui gigi. Penyesuaian kedua adalah mendefinisikan karakteristik unik dari suatu peralatan jenis Wuest dinamai herringbone.
No comments:
Post a Comment