Tuesday, January 7, 2014

Anyos Jedlik - Dinamo Motor Listrik



Anyos Jedlik - Dinamo Motor Listrik


Anyos István Jedlik ( Hungaria : Jedlik Anyos István, Slovakia : Stefan Anián Jedlík, dalam teks-teks yang lebih tua dan publikasi: Latin : Stephanus Anianus Jedlik) (11 Januari 1800 - 13 Desember 1895) adalah seorang Hungaria penemu, insinyur, fisikawan dan Benediktin imam. Ia juga anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Hungaria dan penulis beberapa buku. Dia dianggap oleh Hongaria dan Slowakia menjadi ayah tanpa tanda jasa dari dinamo dan motor listrik. Dia lahir di Szimő, Kerajaan Hungaria, (hari Zemné, Slowakia). Ibunya adalah anggota dari keluarga bangsawan Hungaria, sementara keluarga ayahnya - berdasarkan nama keluarga - mungkin asal Slovakia yang bergerak pada tahun 1720 dari Liptó kabupaten (sekarang Liptov) untuk Szímő.

Pendidikan Jedlik mulai di sekolah tinggi di Nagyszombat (hari Trnava) dan Pozsony (hari Bratislava). Pada 1817 ia menjadi seorang Benediktin, dan dari saat itu melanjutkan studinya di sekolah itu perintah, di mana ia dikenal dengan Anianus Latin namanya Stephanus. Dia mengajar di Benedictine sekolah sampai dengan 1839, maka selama 40 tahun di Universitas Budapest Ilmu departemen fisika-mekanik.

Beberapa menduga pada waktu itu bahwa kegiatan itu akan memainkan peranan penting dalam membawa sebuah generasi baru dari fisikawan. Ia menjadi dekan Fakultas Seni pada tahun 1848, dan pada 1863 ia adalah rektor Universitas. Dari 1858 ia adalah anggota yang sesuai dari Hongaria Academy of Sciences dan dari tahun 1873 adalah anggota kehormatan. Setelah pensiun, ia terus bekerja dan menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di pengasingan lengkap di biara di Győr, di mana ia meninggal.

Pada 1827, Jedlik mulai bereksperimen dengan perangkat berputar elektromagnetik yang ia sebut petir-magnetik diri rotor dan pada tahun 1828 menunjukkan perangkat pertama yang berisi tiga komponen utama praktis arus searah motor: pada stator , rotor dan komutator. Dalam prototipe kedua stasioner dan bagian-bagian bergulir elektromagnetik. The motor listrik pertama, dibangun tahun 1828, dan instruksi operasi Jedlik ini disimpan di Museum Seni Terapan di Budapest. Motor masih bekerja dengan baik hari ini.

Dia adalah seorang penulis produktif. Pada tahun 1845, Jedlik adalah profesor universitas pertama di Kerajaan Hungaria yang mulai mengajar murid-muridnya di Hungaria bukan Latin. Sepupunya Gergely Czuczor , ahli bahasa Hungaria, memintanya untuk menciptakan kosa kata teknis Hungaria dalam fisika, yang pertama dari jenisnya, dimana ia menjadi salah satu pendirinya. Pada tahun 1850-an ia melakukan eksperimen optik dan gelombang-mekanik, dan pada awal tahun 1860-an ia dibangun sebuah optik yang sangat baik parut.

Dia berada di depan orang sezamannya dalam karya ilmiahnya, tapi dia tidak berbicara tentang penemuan yang paling penting, prototipe nya dinamo, sampai tahun 1856, hal itu tidak sampai 1861 bahwa ia menyebutkannya secara tertulis dalam daftar inventaris universitas. Meskipun dokumen yang bisa berfungsi sebagai bukti status Jedlik sebagai originator, penemuan dinamo yang terkait dengan Siemens nama 'karena penemuan Jedlik itu tidak bangkit untuk melihat pada waktu itu.

Pada 1863 ia menemukan kemungkinan perkalian tegangan dan pada tahun 1868 menunjukkan hal itu dengan "generator tegangan tubular", yang berhasil ditampilkan di Wina Dunia Pameran pada tahun 1873. [19] Itu adalah bentuk awal dari generator impuls sekarang diterapkan di nuklir penelitian. [2] [20] Juri dari Pameran Dunia tahun 1873 di Wina diberikan kondensor tegangan nya mengalikan dari koneksi kaskade dengan hadiah "Bagi Pembangunan". Melalui kondensor ini, Jedlik dibingkai prinsip generator gelombang koneksi mengalir. (Sambungan Cascade adalah penemuan penting lainnya dari Anyos Jedlik)

Penemuan Jedlik terbaik dikenal adalah prinsip dinamo diri eksitasi. Pada 1827, Jedlik mulai bereksperimen dengan perangkat berputar elektromagnetik yang ia sebut elektromagnetik diri rotor. Dalam prototipe single tiang listrik starter, baik diam dan bagian-bagian bergulir elektromagnetik. Pada dasarnya, konsep ini adalah bahwa bukan magnet permanen, dua elektromagnet menentang menginduksi medan magnet di sekitar rotor. Ia merumuskan konsep dinamo diri bersemangat tentang 1861, enam tahun sebelum Siemens dan Wheatstone.

Sebagai satu sisi kumparan lewat di depan kutub utara, melintasi garis gaya, saat ini diinduksi. Sebagai frame berputar lebih lanjut saat
ini berkurang, kemudian tiba di depan kutub selatan itu naik lagi tapi mengalir dalam arah yang berlawanan. Frame terhubung ke komutator, dengan demikian arus selalu mengalir dalam arah yang sama di luar sirkuit .

Berikut semua diberikan di Perpustakaan Elektronik Hungaria:

(in Latin) Tentamen publicum e Physica ... ex Institutine primi semestris Aniani Jedlik ("Public examination on Physics ... from the first semester education of Ányos Jedlik"). Pozsony. 1839.
(in Latin) Tentamen publicum e Physica quod in regia univers. Hung. e praelectionibus ("Public examination on Physics for election to the Royal Hungarian University"). Pest: Trattner-Károlyi. 1845.
(in Latin) Mathesis adplicata ("Applied Science"). Pest: Kőnyomat.
(in Latin) Compendium Hydrostaticae et Hydrodinamicae usibus Auditorum Suorum adaptatum per Anianum Jedlik ("Compendium of Hydrostatics and Hydrodynamics. Lecture Notes adapted by Ányos Jedlik"). Pest: Kőnyomat. 1847.
Elements of natural science. 16. Pest: Eisinfels. 1850.
(in Hungarian) Viznyugtanhoz tartozó Pótlékok ("Supplements for science of still/calm water"). Pest: Kőnyomat. 1850.
Goldsmith, Irta (1851). Ányos Jedlik, Lecturer in natural sciences at the University of Pest in 1851. ed (in Hungarian). Fénytan ("Science of Light"). Pest: Kőnyomat.
Goldsmith, Irta (1990) [1851]. Ányos Jedlik, Lecturer in natural sciences at the University of Pest in 1851. ed (in Hungarian). Hőtan ("Science of Heat"). Budapest: Műszaki Könyvkiadó.

Kontribusi oleh Jedlik dalam karya-karya lainnya:

Vagács, Caesar, ed. (1854). "A hévmérő s kellékei ("The thermometer and its accessories")" (in Hungarian). Olvasmány a főgymnasiumi középosztályok ("Reading material for grammar school students"). Hartleben. pp. 259–261.
ibid., pp. 256–258
(in German, Hungarian) Német – magyar tudományos műszótár a csász. kir. gymnasiumok és reáliskolák számára ("German – Hungarian Scientific Dictionary for Imperial and Royal grammar schools and primary schools"). VIII. Pest: Hekenast. 1858.
"Ueber die Anwendung des Elektro-Magnetes bei elektro-dynamischen Rotationen ("On the application of electromagnets in electrodynamic rotations")" (in German). Aemtlicher Bericht über die XXXII. Versammlung deutscher Naturforscher und Aerzte zu Wien im Sept. 1856 ("Report of the 32nd Conference of German Naturalists and Physicists at Vienna, September 1856"). Vienna. 1858. pp. 170–175.
"Modification der Grove’schen und Bunsen’schen Batterie ("Modification of the Grove and Bunsen batteries")" (in German). ibid.. pp. 176–178.
Various authors (1859–1876) (in Hungarian). Egyetemes Magyar Encyclopaedia ("Universal Hungarian Encyclopaedia"). 1–13. Pest: Szent István Társulat.

No comments:

Post a Comment