Friday, February 28, 2014

Mengapa Teman Sekelas yang Lebih Muda Lebih Sukses



Mengapa Teman Sekelas yang Lebih Muda Lebih Sukses



Pernahkah Anda merasa tersaingi dengan seseorang yang usianya tak lebih tua dari Anda, bahkan lebih muda tetapi telah berada setingkat dengan Anda? Anda bisa menemukan orang-orang seperti ini di berbagai kesempatan, seperti di kelas saat Anda masih sekolah dulu, atau kuliah atau bahkan saat sekarang bekerja. Mereka bisa saja masuk lebih awal atau bersamaan dengan kita, tetapi mereka melaju lebih kencang dalam berbagai hal. Apa pasal?

Sebuah temuan menarik mengatakan bahwa para mahasiswa universitas yang usianya lebih muda mencetak prestasi yang lebih tinggi daripada teman sekelas mereka yang usianya lebih tua. Persentase perbedaan prestasi itu dari 0,6% hingga 3,3% untuk setiap perbedaan usia 11 bulan. Ini adalah simpulan dari sebuah penelitian ilmiah yang dilaksanakan oleh ilmuwan Michele Pellizzari dan Fransesco C. Billari dari Bocconi University di Italia.

Satu alasan yang masuk akal untuk itu mungkin adalah bahwa para mahasiswa yang usianya lebih belia dalam sebuah kelas cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan ini mendorong mereka untuk menyingkir dari kehidupan sosial. Dengan tidak terlalu banyak bergaul, mereka cenderung pula untuk menghabiskan waktunya untuk belajar, demikian kata para peneliti. (*AP)

Sumber gambar:
utkstair.org

No comments:

Post a Comment