Saturday, January 11, 2014

Maria Sibylla Merian - Pelukis Ilmiah



Maria Sibylla Merian - Pelukis Ilmiah



Maria Sibylla Merian (2 April 1647 - 13 Januari 1717) adalah seorang naturalis dan ilustrator ilmiah yang mempelajari tanaman dan serangga dan membuat lukisan rinci tentang mereka. Pengamatan rinci dan dokumentasi metamorfosis kupu-kupu membuatnya signifikan, meskipun tidak terkenal, kontributor entomologi.

Maria Sibylla Merian lahir pada 2 April 1647 di Frankfurt, Jerman, dalam keluarga pengukir Swiss dan penerbit Matthäus Merian. Ayahnya meninggal tiga tahun kemudian pada tahun 1651 dan ibunya menikah dengan pelukis Marrel Yakub. Marrel mendorong Merian untuk menggambar dan melukis. Pada usia 13 ia melukis gambar pertama dari serangga dan tanaman dari spesimen yang dia tangkap.

Pada tahun 1665 Merian Marrel menikah dengan Johann Andreas Graff dari Nuremberg, ayahnya adalah seorang penyair dan direktur dari sekolah menengah setempat, salah satu sekolah terkemuka di Jerman abad ke-17. Dua tahun kemudian ia melahirkan anak pertamanya, Johanna Helena dan keluarganya pindah ke Nuremberg . Sementara tinggal di sana, Maria Sibylla melanjutkan lukisan, bekerja pada perkamen dan linen dan menciptakan desain untuk pola bordir. Dia memberikan pelajaran menggambar untuk anak perempuan yang belum menikah dari keluarga ningrat kaya, yang membantu keluarga secara finansial, dan meningkatkan status sosial mereka. Ini memberinya akses ke kebun terbaik, dikelola oleh orang kaya dan elit.

Buku Pertama (1675-1680) - Buku pertamanya, Neues Blumenbuch (buku New Flower) muncul di tiga bagian di 1675-1680. Gambar-gambar bunga tunggal atau karangan bunga bunga adalah untuk melayani sebagai pola untuk lukisan amatir atau menjahit wanita. Buku ini melanjutkan tradisi karya serupa dari (Merians) rumah penerbitan ayahnya. Dalam kebun, Merian mulai mempelajari serangga, khususnya siklus hidup ulat dan kupu-kupu. Banyak sarjana dari waktu masih percaya bahwa serangga berasal dari "generasi spontan lumpur busuk".

Francesco Redi adalah salah satu ilmuwan yang telah menunjukkan bahwa cacing yang lahir dari telur. Terhadap pendapat yang berlaku, Merian mempelajari apa yang sebenarnya terjadi dalam transformasi ulat menjadi kupu-kupu. Dia mencatat transformasi, bersama dengan rincian kepompong dan tanaman yang mereka digunakan untuk memberi makan diri mereka sendiri, kemudian, ia mengumpulkan semua sketsa dan ilustrasi dari tahapan perkembangan mereka dalam buku studinya.

Pada 1678 putri keduanya, Dorotha Maria (istri pelukis Georg Gsell), lahir, dan satu tahun kemudian ia menerbitkan volume pertama buku kedua disebut Der Raupen wunderbare Verwandlung und sonderbare Blumennahrung - Transformasi Marvelous The Caterpillar dan Makanan Floral Aneh . Dalam buku ini ia disajikan tahap-tahap perkembangan yang berbeda spesies kupu-kupu bersama dengan tanaman yang mereka makan.

Dalam kata pengantar dia meminta pembaca Suche demnach hierinnen nicht meine sondern allein Gottes Ehre Ihn als einen Schöpfer auch dieser Kleinsten und geringsten Würmlein zu Preisen (Jangan mencari kemuliaan saya di sini tapi hanya Tuhan yang dipuji dia sebagai pencipta juga ini terkecil dan paling sederhana cacing). Ini label "buku ulat" sebuah buku untuk meditasi daripada sebuah buku ilmiah, melainkan harus dilihat dalam tradisi mencari Tuhan di alam.

Pada 1681 Jacob Marrell meninggal dan keluarga Graff kembali ke Frankfurt tahun 1683 untuk menangani perkebunan, termasuk rumah, karya seni, perpustakaan dan keuangan masalah terpecahkan pada saat kematiannya. Didampingi ibunya dan putri, dia pindah ke Labadist komunitas religius di Friesland, yang hanya menerima pernikahan antara anggota komunitas mereka. Keluarga pindah ke sebuah rumah yang dimiliki oleh Cornelis van Sommelsdijk, gubernur Suriname. Di sini ia mempelajari dunia flora tropis Amerika Selatan dan fauna.

Lima tahun kemudian ibunya
meninggal dan dia pindah ke Amsterdam. Merian suami yang menceraikannya dua tahun kemudian, pada 1692. Di Amsterdam Merian dan karyanya menarik perhatian ilmuwan kontemporer berbagai. Putrinya tua, Johanna Helena, menikah dengan pedagang Jacob Herolt, juga mantan anggota Labadists, dan pindah bersamanya ke Suriname , yang pada waktu itu sebuah koloni Belanda baru saja diakuisisi.

Perjalanan ke Suriname - Pada tahun 1699 kota Amsterdam disponsori Merian untuk melakukan perjalanan ke Suriname di Amerika Selatan, bersama dengan putrinya yang lebih muda Dorothea Maria. Merian bekerja di Suriname (yang termasuk apa yang kemudian dikenal sebagai, Guianas Perancis Belanda dan Inggris) selama dua tahun, berkeliling koloni dan membuat sketsa binatang lokal dan tanaman. Dia juga mengkritik cara Belanda pekebun diperlakukan Amerindian dan hitam budak . Dia mencatat nama asli lokal untuk tanaman dan menjelaskan kegunaan lokal. Tahun 1701 malaria memaksanya untuk kembali ke Belanda.

Kembali di Belanda dia menjual spesimen dia dikumpulkan dan diterbitkan koleksi ukiran tentang kehidupan di Suriname. Pada 1705 ia menerbitkan sebuah buku Metamorfosis Surinamensium Insectorum tentang serangga dari Suriname. Pada 1.715 Merian menderita stroke dan lumpuh sebagian. Dia melanjutkan pekerjaannya tetapi penyakit mungkin mempengaruhi kemampuannya untuk bekerja, kemudian registry daftar dia sebagai pengemis. Maria Sibylla Merian meninggal di Amsterdam pada tanggal 13 Januari 1717. Putrinya Dorothea published Erucarum Ortus Alimentum et paradoxa Metamorfosis, koleksi karya ibunya.

Sesaat sebelum kematiannya Merian yang karyanya terlihat di Amsterdam oleh Peter Agung. Setelah kematiannya ia memperoleh sejumlah besar lukisannya yang sampai hari ini disimpan dalam koleksi akademis di St Petersburg. Dalam tahun-tahun terakhir abad ke-20, karya Merian telah ditemukan kembali dan diakui. Misalnya, fotonya dicetak pada catatan 500 DM sebelum Jerman dikonversi ke euro. Fotonya juga muncul pada perangko 0,40 DM, dirilis pada tanggal 17 September 1987, dan banyak sekolah yang dinamai menurut namanya. Pada tahun 2005, modern kapal penelitian bernama Maria S. Merian diluncurkan di Warnemünde, Jerman.

No comments:

Post a Comment