Insinyur Tehnik Pembuatan Jembatan
Thomas Telford (1757-1834) adalah seorang insinyur Skotlandia yang ahli dalam pembuatan jembatan lengkung dari batu, menciptakan konstruksi perkerasan jalan yang prinsipnya seperti jembatan lengkung. Prinsip tersebut yaitu menyusun batu-batu belah yang dipasang berdiri secara berdesakan, dan pemasangannya menggunakan tangan. Konstruksi ini sangat berhasil dan kemudian disebut Sistem Telford. Sistem telford banyak dimanfaatkan di Indonesia, khususnya pada jalan-jalan pedesaan.
Pada 1787, melalui kaya pelindung William nya Pulteney, ia menjadi Surveyor Pekerjaan Umum di Shropshire. Teknik sipil adalah disiplin yang masih dalam masa pertumbuhan, sehingga Telford didirikan pada membangun dirinya sebagai arsitek. Proyeknya termasuk renovasi Shrewsbury Castle, penjara kota (selama perencanaan yang ia bertemu penjara terkemuka pembaharu John Howard), Gereja St Maria Magdalena, Bridgnorth dan gereja lain di Madeley. Sebagai surveyor daerah Shropshire, Telford juga bertanggung jawab atas jembatan. Pada 1790 ia merancang sebuah jembatan membawa jalan London Holyhead selama Severn River di Montford, yang pertama dari sekitar 40 jembatan yang dibangunnya di Shropshire, termasuk penyeberangan utama dari Severn di Buildwas, dan Bridgnorth. Jembatan di Buildwas adalah jembatan besi pertama Telford. Ia dipengaruhi oleh jembatan Abraham Darby di Ironbridge, dan diamati bahwa itu terlalu berlebihan dirancang untuk fungsi, dan banyak bagian komponen yang buruk dilemparkan. Dia adalah salah seorang insinyur pertama untuk menguji bahan secara menyeluruh sebelum konstruksi.
Reputasi Telford di Shropshire menyebabkan pengangkatannya pada tahun 1793 untuk mengelola desain rinci dan pembangunan Terusan Ellesmere, menghubungkan pabrik besi dan collieries Wrexham melalui utara-barat Shropshire kota Ellesmere, dengan Chester, memanfaatkan Terusan Chester yang ada, dan kemudian Sungai Mersey. Telford juga melakukan pekerjaan jalan
raya di Dataran rendah Skotlandia, termasuk 184 mil (296 km) dari jalan baru dan jembatan. Telford berkonsultasi pada tahun 1806 oleh Raja Swedia tentang pembangunan kanal antara Gothenburg dan Stockholm. Rencananya diadopsi dan pembangunan Terusan Göta dimulai pada 1810. Telford perjalanan ke Swedia pada waktu itu untuk mengawasi beberapa penggalian awal lebih penting.
Karya-karya lain oleh Telford termasuk St Katharine Docks (1824-1828) dekat dengan Tower Bridge di pusat kota London, di mana ia bekerja dengan arsitek Philip Hardwick, yang Gloucester dan Berkeley Kapal Canal (hari ini dikenal sebagai Gloucester dan Canal Ketajaman), Over Bridge dekat Gloucester, Terowongan Harecastle kedua di Trent dan Mersey Canal (1827), dan Birmingham dan Liverpool Junction Canal - mulai Mei 1826 tetapi selesai, setelah kematian Telford, pada Januari 1835. Pada saat pembangunannya tahun 1829, Galton adalah Jembatan span tunggal terpanjang di dunia. Dia juga membangun pelabuhan Whitstable di Kent pada tahun 1832, sehubungan dengan Canterbury dan Whitstable Kereta Api dengan sistem yang tidak biasa untuk membilas lumpur menggunakan waduk pasang surut. Pada 1820, Telford diangkat Presiden pertama Lembaga yang baru dibentuk of Civil Engineers, sebuah pos dia pegang sampai kematiannya.
No comments:
Post a Comment