Friday, January 17, 2014

Pendiri Perusahaan Otomotif Audi



Pendiri Perusahaan Otomotif Audi




August Horch (12 Oktober 1868 - 3 Februari 1951) adalah seorang insinyur berkebangsaan Jerman dan juga merupakan pendiri dari perusahaan otomotif Audi. Horch lahir di Winningen. Latar belakang keluarganya adalah pandai besi, dan ia kemudian bersekolah di Hochschule Mittweida (Mittweida Technical College). Setelah lulus menjadi seorang insinyur, ia bekerja di bidang perkapalan. Ia juga pernah bekerja pada Karl Benz dari tahun 1896, kemudian mendirikan perusahaan sendiri bernama A. Horch & Co. bulan November 1899, di Ehrenfeld, Köln, Jerman.

Audi AG adalah sebuah produsen mobil asal Jerman yang menjual mobil di berbagai macam kelas dan harga. Perusahaan ini dimiliki penuh (99,5%) oleh Grup Volkswagen sejak tahun 1966. Diposisikan sebagai kelas mobil mewah. Perusahaan ini bermarkas di Ingolstadt, Bavaria, Jerman. Nama perusahaan ini sebenarnya berasal dari nama panggilan pendirinya August Horch, yang mempunyai arti "mendengar" dan jika diterjemahkan ke Bahasa Latin menjadi Audi. Semboyan Audi adalah Vorsprung durch Technik, yang dapat diartikan "Keunggulan melalui teknologi".

Pemilik terbesar dari Audi AG adalah Volkswagen AG, yang memiliki 99 persen saham perusahaan ini dari tahun 1966. Belakangan ini, adanya kemungkinan Audi dilepas oleh Volkswagen telah menjadi perdebatan. Dari tahun 2002 sampai 2007, Audi mengepalai Audi Brand Group, sebuah sub-divisi dari Grup Volkswagen yang terdiri dari Audi, SEAT dan Lamborghini.

Tanggal 14 November 1899, August Horch (1868–1951) mendirikan sebuah perusahaan bernama A. Horch & Cie. di distrik Ehrenfeld, Cologne, tapi karena adanya pertengkaran di antara dirinya dan dewan pengawas perusahaan, Horch harus mengundurkan diri. Beberapa tahun kemudian, Horch mendirikan perusahaan kedua bernama Horch Automobil-Werke GmbH tahun 1909. Mobil pertama ciptaan Audi, Audi Tipe A 10 bertenaga 22 hp Sport-Phaeton, diproduksi tahun 1910 di Zwickau.

Mobil pertama dari Horch dibuat pada tahun 1901. Setelah itu, perusahaannya pindah ke Reichenbach tahun 1902 dan Zwickau tahun 1904. Horch meninggalkan perusahaannya tahun 1909 setelah berselisih dengan rekan kerja lamanya, dan memulai bisnis baru lagi di Zwickau. Perusahaan barunya bernama Horch Automobil-Werke GmbH, tapi karena masalah perselisihan itu pula maka ia tidak boleh menggunakan nama Horch lagi, dan ia pun disuruh untuk mengganti nama perusahaan itu. Horch akhirnya menamai perusahaan barunya sebagai Audi Automobilwerke GmbH tahun 1910. Audi adalah terjemahan Bahasa Latin dari Horch. Tahun 1909 pula, Horch dipaksa keluar dari perusahaan yang ia dirikan sendiri. Lalu ia mendirikan perusahaan baru lagi di Zwickau tapi tetap memakai nama Horch. Partner lamanya menggugat dia karena pelanggaran merk dagang. Mahkamah Agung Jerman (Reichsgericht) akhirnya memutuskan kalau merk Horch dipunyai oleh perusahaanya yang dulu.

August Horch akhirnya dilarang untuk memakai nama keluarga untuk bisnis perusahaan barunya. Ia pun mengadakan pertemuan dengan teman
bisnisnya, Paul dan Franz Fikentscher. Di apartemen Franz Fikentscher, mereka mendiskusikan nama apa yang cocok untuk perusahaan baru mereka itu. Ceritanya, selagi pertemuan itu pula, anak laki-laki Franz sedang belajar bahasa Latin di pojok ruangan itu. Beberapa kali ia terlihat ingin mengatakan seseatu tapi ia terus saja belajar sampai akhirnya berkata: "Ayah– audiatur et altera pars... bukankah lebih baik disebut audi saja daripada horch?" ("Horch!" dalam bahasa Jerman artinya mendengarkan, dan dalam bahasa Latin adalah "Audi".) Segera, ide ini diterima dengan antusias seluruh orang yang ada disitu. Mobil pertama Audi, Audi Tipe B, 10/28PS diluncurkan tahun 1910.

August Horch meninggalkan perusahaan ini tahun 1920 karena diangkat menjadi Menteri Transportasi, tapi masih aktif di perusahaan sebagai dewan pengawas. Tahun 1921, Audi menjadi perusahaan otomotif Jerman pertama yang meluncurkan mobilnya dalam versi setir kiri. Horch meninggalkan Audi tahun 1920 kemudian pergi ke Berlin untuk bekerja di beberapa bidang. Ia mempublikasikan autobiografinya yang berjudul I Built Cars (Ich Baute Autos) tahun 1937. Ia juga pernah bekerja sebagai dewan di Auto Union, penerus dari Audi Automobilwerke GmbH. Ia juga menjadi warga terhormat dari kota Zwickau dan namanya menjadi sebuah jalan di Zwickau dan Winningen, tempat kelahirannya. Ia juga menjadi professor terhormat di Braunschweig University of Technology.

No comments:

Post a Comment