Sunday, January 12, 2014

Peneliti Ukuran Kepintaran Binatang



Peneliti Ukuran Kepintaran Binatang




Peter, Pieter, atau Petrus Camper (11 Mei 1722 di Leiden – 7 April 1789 di The Hague) adalah ahli anatomi, penyelidik alam, antropologis Belanda, dan juga pembuat furnitur, pembuah skulptur dan seni. Ia tertarik pada anatomi komparatif dan paleontologi. Ia juga menemukan pengukuran "sudut fasial" untuk mengukur kepintaran binatang. Dia mempelajari orangutan, badak, dan tengkorak paus. Salah satu yang pertama untuk kepentingan sendiri dalam anatomi komparatif dan paleontologi. Camper bukanlah seorang profesor yang membosankan di perpustakaan, menjadi selebriti di Eropa dan anggota dari Royal Society. Dia tertarik pada arsitektur, matematika dan membuat gambar-gambar untuk kuliah. Ia merancang dan membuat alat untuk pasiennya, selalu berusaha untuk menjadi praktis. Selain ia adalah seorang pematung, pelindung seni dan konservatif politisi.

Camper adalah anak dari seorang menteri dengan well-to-do lokal, yang membuat kekayaannya di Hindia Timur. Sebagai alumnus brilian, ia belajar di Universitas Leiden baik kedokteran dan filsafat, dan mendapat gelar dalam kedua ilmu pada hari yang sama pada usia 24. Profesor Nya termasuk Pieter van Musschenbroek dan Willem Jacob 's Gravesande untuk fisika dan matematika, Herman Boerhaave dan Hieronymus David Gaubius untuk obat, dan François Hemsterhuis untuk filsafat. Setelah kedua orangtuanya meninggal Camper kemudian melanjutkan perjalanan pada tahun 1748 ke Prusia, Inggris (di mana ia bertemu dengan William smellie ), Perancis dan Swiss.

Dia ditawari professorships galanya, menjadi profesor bernama pertama filsafat, anatomi dan bedah pada tahun 1750 di University of Franeker . Kemping menikah Johanna Bourboom pada 1756, putri dari burgomaster Leeuwarden, siapa dia bertemu pada 1754 sementara memperlakukan suaminya, burgomaster dari Harlingen , yang meninggal pada tahun yang sama ia menikahinya.

Mulai tahun 1755, ia tinggal di Amsterdam di mana ia menduduki kursi anatomi dan pembedahan di Illustre Athenaeum, kemudian diselesaikan oleh kursi kedokteran. Dia menyelidiki hernia inguinal, patela dan bentuk terbaik dari sepatu. Dia menarik lima tahun kemudian mendedikasikan dirinya untuk penelitian ilmiah dan tinggal di tanah miliknya di luar Franeker. Pada tahun 1762 ia menjadi aktif secara politik di Groningen, dan setahun kemudian ia memilih untuk menerima kursi dari anatomi, bedah dan botanics di universitas di sana.

Baik di Amsterdam dan di tahun kemudian, Camper terus klinik bedah dan menunjukkan gambar selfmade untuk menggambarkan kuliah fasih, sebelum pensiun pada 1773. Fokus utamanya adalah perhatian untuk anatomi, zoologi dan koleksi mineral dan fosil. Di antara banyak karya, ia mempelajari ilmu tulang burung dan menemukan adanya udara dalam rongga bagian dalam kerangka burung'. Dia meneliti anatomi delapan orangutan, dan mengklaim itu adalah spesies yang berbeda dari manusia, dan bukan hanya "degenerate" jenis (putih) manusia, karena beberapa ilmuwan berteori kontemporer. Petrus Camper diterbitkan memoar pada pendengaran ikan dan suara katak, dan membedah sebuah gajah, dan badak dari Jawa. Dia mempelajari penyakit rinderpes dan rabies.

Dia dikunjungi oleh Samuel Thomas von Sömmering, yang kemudian menjadi seorang profesor di Göttingen.
Dia menjadi rekan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis dan memiliki pidato untuk menghormatinya disusun oleh Nicolas de Condorcet dan Félix Vicq-d'Azyr.
Pada tahun 1776 ia menjadi terlibat dalam rencana tanggul konstruksi.
Pada tahun 1780 ia mengambil pelajaran dari Étienne Maurice meriam ringan.
Dalam gagasannya tentang seni Camper dipengaruhi oleh Johann Joachim Winckelmann.
Dia membuat gambar dari Dolmen selatan Groningen.
Dia berada di panitia seleksi untuk kontes hadiah untuk desain townhall baru di Groningen yang kemudian diberikan kepada temannya Jacob Otten Husly, yang ia tahu dari karyanya untuk Academy Menggambar Amsterdam.
Ia menjadi salah satu direktur Kelautan Friesland.
Dia diangkat sebagai ( Orangist ) burgomaster dari Workum pada tahun 1783, menentang Patriots (faksi).
Pada bulan September 1787 ia menjadi presiden dewan negara dari Republik Belanda dan hangat menyambut stattholder William V dari Orange dan istrinya Wilhelmine dari Prusia.
Pada akhir hidupnya ia menderita pleuritis, Camper minum segelas sampanye dan meninggal.

Salah satu sarjana pertama yang mempelajari anatomi perbandingan, Petrus Camper menunjukkan prinsip korelasi dalam semua organisme dengan latihan mekanik yang disebut "metamorfosis". Pada 1778 ceramahnya, "Di Tempat Kesamaan antara Spesies Manusia, Quadrupeda, Burung, dan ikan, dengan Aturan untuk Menggambar, didirikan pada Kesamaan
ini," ia bermetamorfosis kuda ke manusia, sehingga menunjukkan kesamaan antara semua vertebrata. Étienne Geoffroy Saint-Hilaire (1772-1884) berteori ini pada 1795 sebagai "kesatuan komposisi organik," pengaruh dari yang jelas dalam semua tulisan berikutnya nya, alam, ia mengamati, menyajikan kita dengan hanya satu rencana konstruksi, sama pada prinsipnya, namun bervariasi di bagian aksesori. Metamorfosis kemping yang menunjukkan hal ini "kesatuan Rencana" sangat terkesan Diderot dan Goethe. Pada tahun 1923 dan 1939 beberapa penulis Belanda menyarankan bahwa Camper meramalkan ide yang terkenal Goethe tentang "tipe" - pola struktural umum dalam beberapa cara.

Petrus Camper juga dikenal karena teorinya tentang " sudut wajah "awalnya sehubungan dengan dua ia memberi ceramah di Amsterdam pada tahun 1770 untuk siswa seni keindahan dan potret. Dia prihatin dengan fakta bahwa semua seniman melukis Magus hitam di Natal dengan wajah Kaukasia. Dia menetapkan bahwa manusia modern memiliki sudut wajah antara 70 ° dan 80 °, dengan sudut Afrika dan Asia lebih dekat ke 70 °, dan sudut Eropa lebih dekat ke 80. Menurut teknik potret barunya, sudut terbentuk dengan menggambar dua baris: satu horizontal dari hidung ke telinga , dan yang lainnya tegak lurus dari bagian maju dari bagian atas tulang rahang ke bagian yang paling menonjol dari dahi .

Dia mengklaim bahwa antik Yunani-Romawi patung disajikan sudut 100 ° -95 °, Eropa dari 80 °, 'Oriental' dari 70 °, orang Hitam dari 70 ° dan orangutan dari 42-58 °, tapi tidak dalam terang-terangan rasis fashion-dia hanya menyatakan bahwa, dari semua ras manusia, Afrika yang paling dihapus dari rasa klasik keindahan yang ideal. Hasil tersebut kemudian digunakan sebagai rasisme ilmiah, dengan penelitian dilanjutkan dengan Étienne Geoffroy Saint-Hilaire (1772-1844) dan Paul Broca (1.824-1.880). Camper bagaimanapun, setuju dengan Buffon dalam menggambar garis tajam antara manusia dan hewan (meskipun ia disalahartikan oleh Diderot , yang menyatakan bahwa dia adalah seorang pendukung Rantai Besar Menjadi teori).

Georges Cuvier (1769-1832) memuji nya "jenius mata" namun mengkritik dia untuk menjaga dirinya untuk sketsa sederhana ("Camper porta, pour ainsi mengerikan en passant, le coup d'oeil du jin sur une foule d'objets intéressants, mais presque tous ses travaux ne furent que des ébauches ").Putranya Adriaan Gilles juga menjadi ilmuwan dan diterbitkan banyak penelitian yang tidak dipublikasikan ayahnya di samping biografi dirinya. Pada 1888, putra dari keturunan perempuan terakhir dari Petrus Camper mengajukan petisi kepada Ratu Belanda untuk perubahan nama untuk menghormati ibunya, Theodora Aurelia Louisa Camper (1.821-1.890). Petisi itu diberikan oleh Dekrit Kerajaan No 15, dan keturunan Abraham Adriaan Aurelius Gerard Camper-Titsingh Sr (1.845-1.910) dan Abraham Adriaan Aurelius Gerard Camper-Titsingh Jr (1.889-1.974) hari ini hidup di Amerika Serikat. Penulis Belanda, Thomas Rosenboom, digunakan Petrus Camper sebagai karakter dalam novelnya, Gewassen vlees (1994)

No comments:

Post a Comment