Thursday, January 16, 2014

Penemu Mesin Pembakaran Dalam



Penemu Mesin Pembakaran Dalam




Samuel Morey (Connecticut, 23 Oktober 1762 - Vermont, 17 April 1843) adalah penemu asal Amerika yang menciptakan mesin pembakaran dalam dan seorang pionir kapal uap yang mengumpulkan 20 paten. Danau Morey di AS mengambil nama dari tokoh ini. Dia adalah anak kedua dari tujuh anak dari pasangan Israel Morey (1735-1809) dan Martha Palmer (1733-1810) dan Lahir di Hebron, Connecticut, tetapi pindah ke Orford, New Hampshire, bersama keluarganya di 1768. Dia kemudian pindah ke seberang Sungai Connecticut untuk Fairlee, Vermont, tetapi dikuburkan di Orford pada tahun 1843. Danau Morey di Vermont dinamai untuk menghormatinya.

Paten pertama Morey, dalam 1793, adalah untuk mesin bertenaga uap, tetapi dia punya rencana megah. Morey menyadari uap yang bisa menjadi sumber listrik di 1780-an, dan ia mungkin dihargai potensi sebuah kapal uap dari bekerja pada feri ayahnya dan kunci dia mendesain sepanjang sungai Connecticut. Pada tahun 1790-an ia dilengkapi roda dayung dan mesin uap untuk perahu kecil dan didukung itu dan menyusuri Sungai Connecticut. Legenda mengatakan, ini dilakukan pada hari Minggu pagi, ketika kota itu di gereja, untuk menghindari cemoohan jika ia gagal.

Mesin pembakaran dalam adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber). "Mesin pembakaran dalam" sendiri biasanya merujuk kepada mesin yang pembakarannya dilakukan secara berselang-seling. Yang termasuk dalam mesin pembakaran dalam adalah mesin empat tak dan mesin dua tak, dan beberapa tipe mesin lainnya, misalnya mesin enam tak dan juga mesin wankel. Selain itu, mesin jet dan beberapa mesin roket termasuk dalam mesin pembakaran dalam.

Mesin pembakaran dalam agak berbeda dengan mesin pembakaran luar (contohnya mesin uap dan mesin Stirling), karena pada mesin pembakaran luar, energinya tidak disalurkan ke fluida kerja yang tidak bercampur dengan hasil pembakaran. Fluida kerja ini dapat berupa udara, air panas, air bertekanan, atau cairan natrium yang dipanaskan di semacam boiler.

Sebuah mesin piston bekerja dengan membakar bahan bakar hidrokarbon atau hidrogen untuk menekan sebuah piston, sedangkan sebuah mesin jet bekerja dengan panas pembakaran yang mendorong bagian dalam nozzle dan ruang pembakaran, sehingga mendorong mesin ke depan. Secara kontras, sebuah mesin pembakaran luar seperti mesin uap, bekerja ketika proses pembakaran memanaskan fluida yang bekerja terpisah, seperti air atau uap, yang kemudian melakukan kerja.

Mesin jet, kebanyakan roket dan banyak turbin gas termasuk dalam mesin pembakaran dalam, tetapi istilah "mesin pembakaran dalam" seringkali menuju ke "mesin piston", yang merupakan tipe paling umum mesin pembakaran dalam. Mesin pembakaran dalam ditemukan di Cina, dengan penemuan kembang api pada Dinasti Song. Mesin pembakaran dalam resiprokat (mesin piston) ditemukan oleh Samuel Morey yang menerima paten pada 1 April.

Mesin dapat diklasifikasikan
dalam banyak macam: siklus mesin yang digunakan, layout yang dipakai, sumber enerfi, penggunaan mesin atau dari sistem pendinginnya. Mesin pembakaran dalam dapat dikelompokkan berdasarkan konfigurasinya. Layout mesin yang umum adalah :

Mesin piston: Mesin dua-tak, Mesin empat-tak, Mesin enam-tak, Mesin diesel, Siklus Atkinson
Mesin rotari: Mesin Wankel
Pembakaran terus-menerus: Turbin gas, Mesin jet (termasuk turbojet, turbofan, ramjet, Rocket, dll.)

Semua mesin pembakaran dalam bergantung pada pembakaran dari bahan bakar kimia, yang biasanya dibakar dengan campuran oksigen dari udara (memungkinkan juga untuk menginjeksikan nitrogen oksida, yang gunanya untuk mendapatkan tenaga tambahan). Proses pembakaran ini menghasilkan panas dalam jumlah besar, ditambah dengan bahan kimia lain misalnya karbon dioksida.

Bahan bakar yang paling umum digunakan saat ini tersusun dari hidrokarbon yang berasal dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil mencakup bahan bakar diesel, bensin, LPG, dan juga propana. Mesin yang bahan bakarnya menggunakan bensin, mereka juga dapat menggunakan bahan bakar natural gas atau LPG tanpa perlu banyak perubahan.

Pada 2004, 10 paten Morey termasuk satu untuk mesin pembakaran internal, yang "ditemukan" di Dartmouth College arsip. Sebenarnya, mereka tidak pernah benar-benar telah hilang; mereka sebelumnya dalam kepemilikan keluarganya dan banyak peneliti telah diakses mereka. Namun, mereka kini telah dipindai dan tersedia dari situs web kantor paten.

No comments:

Post a Comment