Sunday, January 12, 2014

Robert Owen - Bapak Koperasi Dunia



Robert Owen - Bapak Koperasi Dunia



Robert Owen (lahir di Newton, Powys, Montgomeryshire, Wales, 14 Mei 1771 – meninggal 17 November 1858 pada umur 87 tahun) adalah seorang pemikir utama sosialisme utopis dan salah satu reformis sosial Welsh juga pendiri gerakan koperasi. Dia adalah seorang pelaku bisnis sukses yang menyumbangkan banyak laba dari bisnisnya demi peningkatan hidup karyawannya. Dia dianggap sebagai "Bapak" gerakan koperasi. Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Filsafat Owen didasarkan pada tiga pilar intelektual: Pertama, tidak ada yang bertanggung jawab atasnya kemauan dan tindakannya sendiri karena karakter seluruh hidupnya terbentuk secara independen dari dirinya sendiri; orang adalah produk dari faktor keturunan dan lingkungan, maka dukungannya untuk pendidikan dan tenaga kerja reformasi, membuat dia pelopor dalam investasi modal manusia. Kedua, semua agama didasarkan pada imajinasi konyol yang sama, yang membuat seorang pria hewan, lemah dungu; fanatik marah dan fanatik, atau seorang munafik yang menyedihkan;. (Meskipun dalam tahun-tahun ia memeluk Spiritualisme). Ketiga, dukungan untuk sistem meletakkan-out bukan sistem pabrik.

Robert Owen lahir di Newtown, sebuah kota pasar kecil di Montgomeryshire, Mid Wales, pada tahun 1771. Dia adalah anak keenam. Ayahnya memiliki bisnis kecil sebagai kuda tunggangan dan penjual besi. Ibu Owen datang dari salah satu keluarga petani makmur. Berikut muda Owen menerima hampir semua pendidikan sekolahnya, yang berakhir pada usia sepuluh. Pada 1787, setelah melayani di toko pedagang pakaian untuk beberapa tahun, ia menetap di London. Dia melakukan perjalanan ke Manchester, dan memperoleh pekerjaan di kain Satterfield di St Ann Square (plak saat menandai situs).

Pada saat ia berusia 21 ia adalah seorang manajer pabrik di Manchester pada Mills Putar Chorlton. Semangat kewirausahaan, keterampilan manajemen dan pandangan moral yang muncul progresif dengan tahun 1790-an. Pada 1793, ia terpilih sebagai anggota Society Manchester Sastra dan Filsafat, di mana ide-ide reformis dan filsuf Pencerahan dibahas. Dia juga menjadi anggota komite Dewan Manchester Kesehatan yang didirikan untuk mempromosikan perbaikan di bidang kesehatan dan kondisi kerja pekerja pabrik.

Dalam kunjungan ke Glasgow ia jatuh cinta dengan Caroline Dale putri dari New Lanark pemilik pabrik itu David Dale. Owen diinduksi mitra untuk membeli New Lanark, dan setelah pernikahannya dengan Caroline pada bulan September 1799, ia mendirikan rumah di sana. Dia adalah manajer dan pemilik bagian dari pabrik (Januari 1810). Didorong oleh sukses besar dalam pengelolaan pabrik kapas di Manchester, ia berharap untuk melakukan Lanark Baru pada prinsip-prinsip yang lebih tinggi dan kurang fokus pada prinsip-prinsip komersial.

Dia mendirikan suatu pabrik tekstil di New Lanark, Skotlandia dan memperkenalkan waktu kerja lebih pendek, membangun sekolah untuk anak-anak dan merenovasi rumah-rumah tempat tinggal pegawainya. Ia juga menyediakan suatu komunitas Owenite yg disebut New Harmony (Keselarasan Baru) di Indiana, AS. Kontribusi utama Owen ke pikiran kaum sosialis adalah pandangan yang dimana perilaku sosial manusia tidaklah tetap atau absolut, dan manusia itu mempunyai kemauan bebas untuk mengorganisir diri mereka ke dalam segala bentuk masyarakat yg mereka inginkan.

Pabrik New Lanark telah dimulai pada 1785 oleh Dale dan Richard Arkwright. Air daya diberikan oleh jatuh dari Clyde membuatnya menjadi daya tarik besar. Sekitar dua ribu orang memiliki asosiasi dengan pabrik. Lima ratus di antaranya adalah anak-anak yang dibawa pada usia lima atau enam dari poorhouses dan amal of Edinburgh dan Glasgow. Anak-anak telah diperlakukan dengan baik oleh Dale, namun kondisi umum masyarakat sangat tidak memuaskan. Banyak pekerja berada di tingkat terendah penduduk; pencurian, mabuk-mabukan, dan kejahatan lainnya yang umum, pendidikan dan sanitasi diabaikan, dan kebanyakan keluarga tinggal di satu ruangan. Orang-orang negara terhormat menolak untuk tunduk kepada jam yang panjang dan membosankan demoralisasi dari pabrik.

Banyak majikan dioperasikan sistem truk, di mana pembayaran kepada para pekerja dibuat sebagian atau total dengan token. Ini token tidak memiliki nilai luar "toko truk" pemilik pabrik itu. Para pemilik mampu untuk memasok barang ke toko buruk truk dan menetapkan harga atas. Serangkaian "Kisah Truck" (1831-1887) berhenti penyalahgunaan ini. Kisah dibuat ini merupakan suatu pelanggaran untuk tidak membayar karyawan di mata uang bersama. Owen membuka sebuah toko dimana orang bisa membeli barang-barang kualitas suara pada sedikit lebih dari biaya grosir, dan dia ditempatkan penjualan alkohol di bawah pengawasan ketat. Dia menjual barang-barang berkualitas dan lulus pada tabungan dari pembelian massal barang ke para pekerja. Prinsip-prinsip ini menjadi dasar bagi toko-toko koperasi di Inggris yang terus diperdagangkan hari ini.

Keberhasilan yang terbesar adalah dalam mendukung kaum muda, yang ia mengabdikan perhatian khusus. Dia adalah pendiri perawatan anak bayi di Inggris, terutama di Skotlandia. Meskipun ide-ide reformasinya menyerupai ide-ide reformasi Eropa waktu itu, dia kemungkinan besar tidak dipengaruhi oleh pandangan luar negeri; itu ide dari pendidikan yang ideal adalah sendiri.

Dia pada awalnya dicurigai sebagai orang asing tetapi ia segera memenangkan kepercayaan dari rakyatnya. Pabrik terus sukses komersial yang besar, tetapi beberapa skema Owen terlibat biaya yang cukup besar, yang tidak senang rekan-rekannya. Bosan dengan batasan yang dikenakan kepadanya oleh orang-orang yang ingin melakukan
bisnis pada prinsip-prinsip biasa, pada 1813 Owen mengatur agar mereka membeli oleh investor yang ditemukan baru. Ini, termasuk Jeremy Bentham dan terkenal Quaker, William Allen, sudah puas untuk menerima hanya £ 5000 laba atas modal mereka, yang memungkinkan Owen lingkup yang lebih bebas karena kedermawanannya. Pada tahun yang sama, Owen pertama menulis beberapa esai di mana ia menguraikan tentang prinsip-prinsip yang mendasari filosofi pendidikan.

Owen awalnya menjadi pengikut dari Bentham Jeremy klasik liberal dan utilitarian. Namun, seiring berjalannya waktu Owen menjadi lebih dan lebih sosialis, sedangkan Bentham berpikir bahwa pasar bebas (khususnya, hak-hak pekerja untuk bergerak dan memilih majikan mereka) akan membebaskan pekerja dari kelebihan daya kaum kapitalis.

Pada usia dini ia telah kehilangan semua kepercayaan dalam bentuk yang berlaku agama dan telah dipikirkan dengan sebuah keyakinan untuk dirinya sendiri, yang dianggap sebagai penemuan yang sama sekali baru dan asli. Poin-poin utama dalam filosofi ini adalah bahwa karakter manusia dibuat tidak oleh dia tapi untuknya, bahwa telah terbentuk oleh keadaan dimana dia tidak memiliki kontrol, bahwa ia bukan subjek yang tepat baik dari pujian atau menyalahkan. Prinsip-prinsip ini mengarah ke kesimpulan praktis bahwa rahasia besar dalam pembentukan karakter kanan manusia adalah untuk menempatkan dia di bawah pengaruh tepat fisik, moral dan sosial-dari tahun-tahun awal.

Prinsip-prinsip tidak bertanggung jawab manusia dan pengaruh pengaruh awal membentuk kunci untuk seluruh sistem Owen pendidikan dan perbaikan sosial. Mereka yang diwujudkan dalam karya pertamanya, Pandangan Baru tentang Masyarakat, atau Esai tentang Prinsip Pembentukan Karakter Manusia, yang pertama dari empat esai yang muncul di 1813. Pandangan baru Owen teoritis milik sistem yang sangat lama filsafat, dan orisinalitas adalah untuk ditemukan hanya dalam aplikasi beliau yang mulia dari mereka.

Untuk beberapa tahun ke depan kerja Owen di New Lanark terus memiliki signifikansi nasional dan bahkan Eropa. Skema Nya untuk pendidikan para pekerjanya mencapai sesuatu seperti penyelesaian pada pembukaan lembaga di Lanark Baru di 1816. Dia adalah seorang pendukung fanatik dari undang-undang pabrik menghasilkan UU Factory tahun 1819, yang sangat kecewa dia. Dia wawancara dan komunikasi dengan anggota terkemuka pemerintah, termasuk perdana menteri, Robert Bank Jenkinson, Tuhan Liverpool, dan dengan banyak penguasa dan negarawan terkemuka di Eropa.

Prinsip-prinsip baru juga diadopsi oleh Robert Owen dalam meningkatkan standar barang yang dihasilkan. Di atas tempat kerja masing-masing masinis, sebuah kubus dengan wajah berwarna yang berbeda dipasang. Tergantung pada kualitas pekerjaan dan jumlah yang diproduksi, warna yang berbeda digunakan. Pekerja kemudian harus beberapa indikasi kepada orang lain kualitas kerja-nya. Karyawan memiliki kepentingan dalam bekerja untuk yang terbaik. Meski tidak sendiri merupakan insentif besar, kondisi di New Lanark untuk pekerja dan keluarganya yang indah untuk waktu.

New Lanark itu sendiri menjadi tempat yang sering dikunjungi banyak ziarah untuk reformis sosial, negarawan, dan tokoh kerajaan, termasuk Nicholas, kemudian kaisar Rusia. Menurut kesaksian bulat dari semua orang yang mengunjunginya, New Lanark muncul tunggal baik. Budi pekerti anak-anak, dibesarkan di bawah sistem, adalah indah anggun, ramah dan tak terbatas, kesehatan, kemakmuran, dan kepuasan menang; mabuk hampir tidak diketahui, dan anak haram sangat jarang terjadi. Hubungan antara Owen dan pekerjanya tetap sangat baik, dan semua operasi dari pabrik berjalan dengan kehalusan hati dan keteraturan. Bisnis ini sukses komersial yang besar.

Owen mengaku memiliki kontak dengan medium roh Benjamin Franklin, Thomas Jefferson, dan lainnya, tujuan komunikasi yang adalah, "untuk mengubah ini, palsu, negara terpecah belah dan menyedihkan eksistensi manusia, untuk, benar bersatu dan bahagia negara ... untuk mempersiapkan dunia untuk perdamaian universal, dan untuk menanamkan ke dalam semua semangat amal, kesabaran dan cinta ". Setelah kematian spiritualis Owen mengklaim bahwa rohnya mendikte "Tujuh Prinsip Spiritualisme" ke Hardinge Emma menengah Britten pada tahun 1871.

No comments:

Post a Comment