Sunday, January 12, 2014

Filsuf Jerman Mazhab Idealisme



Filsuf Jerman Mazhab Idealisme




Johann Gottlieb Fichte (19 Mei 1762 - 27 Januari 1814 - umur 51 tahun) adalah seorang filsuf Jerman yang turut menjadi pionir dalam mengembangkan Mazhab Idealisme. Mazhab inilah yang memainkan peranan penting pada era pasca-Kant. Fichte lahir di Saxony pada tahun 1762. Ayahnya adalah seorang penyamak kulit di sebuah desa kecil. Pada tahun 1780, Fichte belajar teologi di Jena dan Leipzig. Karena tidak memiliki uang, Fichte berhenti dari studinya lalu bekerja sebagai guru pada beberapa keluarga kaya. Di sinilah, Fichte kemudian berkenalan dengan filsafat Kant yang amat mempengaruhinya. Fichte meninggal pada tahun 1814.

Fichte memulai filsafatnya dengan kesadaran atau keyakinan subyek terhadap dirinya sendiri. Pengetahuan tentang segala sesuatu berawal dari kegiatan berpikir subyek yang merefleksikan dirinya sendiri. Jika kita mengamati diri sendiri, maka dengan sadar manusia akan melihat adanya gagasan-gagasan yang muncul dengan sendirinya. Sistem dari gagasan-gagasan tersebut disebut pengalaman. Menurut Fichte, hanya ada dua unsur dalam pengalaman manusia, yakni benda dan intelegensi (dalam bahasa Jerman Ding und Intelligenz). Benda atau obyek adalah sasaran pengetahuan, sedangkan intelegensi adalah daya yang memungkinkan subyek mengarahkan diri kepada obyek, untuk mengenali, dan menanggapi obyek juga.

Fichte sering dianggap sebagai tokoh filsafat yang membentuk jembatan antara ide-ide Kant dan orang-orang dari Jerman Idealist Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Baru-baru ini, filsuf dan sarjana telah mulai menghargai Fichte sebagai filsuf penting di kanan sendiri karena wawasan aslinya ke dalam sifat dari kesadaran diri atau kesadaran diri. Seperti Descartes dan Kant sebelum dia, ia termotivasi oleh masalah subjektivitas dan kesadaran. Fichte juga menulis karya-karya filsafat politik dan dianggap salah satu bapak nasionalisme Jerman.

Fichte lahir di Rammenau, Upper Lusatia. Anak seorang penenun pita, dia datang dari saham petani yang tinggal di wilayah tersebut selama beberapa generasi. Keluarga tercatat di lingkungan untuk kejujuran dan kesalehan. Kristen Fichte, ayah Johann Gottlieb, menikah agak di atas stasiun itu. Ia telah mengemukakan bahwa ketidaksabaran tertentu yang ditampilkan Fichte dirinya sepanjang hidupnya adalah warisan dari ibunya.

Muda Fichte menerima dasar-dasar pendidikan dari ayahnya. Dia awal menunjukkan kemampuan luar biasa, dan itu karena reputasinya di antara penduduk desa bahwa ia mendapatkan kesempatan untuk pendidikan yang lebih baik daripada yang dinyatakan akan diterima. Cerita berjalan bahwa Freiherr von Militz, pemilik tanah negara, tiba terlambat untuk mendengar Pendeta berkhotbah. Ia Namun, menginformasikan bahwa seorang pemuda di lingkungan itu akan dapat mengulangi khotbah praktis kata demi kata. Akibatnya baron mengambil anak itu ke dalam perlindungannya, yang berarti bahwa dia membayar biaya perkuliahannya.

Fichte ditempatkan di keluarga Pendeta Krebel di Niederau dekat Meissen dan ada menerima landasan menyeluruh dalam klasik. Dari saat ini dan seterusnya, Fichte melihat sedikit dari orang tuanya. Pada bulan Oktober 1774, ia menghadiri dirayakan dasar-sekolah di Pforta dekat Naumburg. Sekolah ini dikaitkan dengan nama-nama Novalis Agustus Wilhelm dan Friedrich Schlegel Schlegel, Fichte dan Nietzsche. Semangat lembaga itu semi-biara dan, sementara pendidikan yang diberikan sangat bagus di jalan, diragukan apakah ada kehidupan yang cukup sosial dan kontak dengan dunia untuk murid dari temperamen Fichte dan pendahulunya. Mungkin pendidikan diperkuat kecenderungan introspeksi dan kemerdekaan, karakteristik yang muncul kuat dalam doktrin dan tulisan-tulisannya.

Pada 1780, ia mulai studi di seminari teologi Jena. Fichte tampaknya telah mendukung dirinya pada periode kemiskinan pahit dan perjuangan keras. Freiherr von Militz terus mendukungnya, tetapi ketika ia meninggal pada tahun 1784, Fichte harus mengakhiri studinya prematur, tanpa menyelesaikan gelar itu. Selama tahun 1784-1788, ia mendukung dirinya dengan cara yang genting sebagai tutor dalam keluarga Saxon berbagai. Fichte kemudian bekerja sebagai tutor pribadi di Zürich selama dua tahun,
yang merupakan waktu kepuasan yang besar baginya. Di sini dia bertemu Johanna Rahn, dan berkenalan dengan Pestalozzi.

Pada 1790, ia bertunangan dengan Johanna Rahn, yang kebetulan menjadi keponakan dari FG penyair terkenal Klopstock.. Tahun 1790 Fichte mulai mempelajari karya Kant, tetapi ini pada awalnya terjadi karena salah seorang siswa ingin tahu tentang mereka. Mereka memiliki efek yang berlangsung di lintasan hidupnya dan berpikir. Sementara ia asimilasi filsafat Kantian dan mempersiapkan untuk mengembangkan itu, nasib dia ditangani pukulan: keluarga Rahn menderita membalikkan keuangan, dan pernikahan yang akan datang harus ditunda.

Dari Zurich, Fichte kembali ke Leipzig, dan pada 1791 memperoleh pembimbing di Warsawa, di rumah seorang bangsawan Polandia. Situasi Namun, terbukti tidak menyenangkan. Ia segera dirilis. Dia kemudian mendapat kesempatan untuk melihat Kant di Königsberg. Setelah wawancara mengecewakan, ia mengurung diri di penginapan dan melemparkannya seluruh energinya ke dalam komposisi sebuah esai yang akan memaksa perhatian Kant dan bunga. Esai ini, selesai dalam lima minggu, adalah einer Versuch Kritik aller Offenbarung (Mencoba dengan Kritik Wahyu All, 1792). Buku ini yang meneliti hubungan antara wahyu ilahi dan filsafat kritis Kant.

Edisi pertama buku ini diterbitkan, tanpa Kant atau pengetahuan Fichte, tanpa nama Fichte dan ditandatangani kata pengantar;. Itu sehingga keliru dianggap sebagai karya baru oleh Kant sendiri. Setiap orang, termasuk review pertama dari buku ini, diasumsikan Kant adalah penulisnya, ketika Kant dibersihkan kebingungan dan secara terbuka memuji karya dan penulis, reputasi Fichte meroket, sebagai intelektual banyak hari itu berpendapat bahwa itu "... berita yang paling mengejutkan dan menakjubkan ... [sejak ] siapa pun kecuali Kant bisa saja menulis buku ini. berita ini menakjubkan dari matahari ketiga di langit filosofis telah menempatkan aku dalam kebingungan seperti ...

Fichte juga terus memberikan ceramah swasta dan universitas pada versi selanjutnya dari Wissenschaftslehrenya. Namun, selain sebuah karya singkat hampir 15 halaman dari 1810: The Science of Pengetahuan dalam Garis Besar Umum, Fichte tidak mempublikasikan salah satu kuliah kursus. Sebuah pilihan kecil diterbitkan tiga puluh tahun setelah kematian Fichte oleh anaknya, tetapi sebagian besar baru-baru ini telah dibuat tersedia dalam beberapa dekade terakhir abad kedua puluh, di Gesamtausgabe. Tulisan-tulisan ini mencakup versi substansial ulang dari Wissenschaftslehre dari tahun 1810, 1811 dan 1813, serta Doktrin Kanan (1812), sebuah Doktrin Etik (1812).

No comments:

Post a Comment