Friday, January 10, 2014

Mikhail Gorbachev - Politikus Rusia



Mikhail Gorbachev - Politikus Rusia



Mikhail Sergeyevich Gorbachyov (bahasa Rusia: Михаи́л Серге́евич Горбачёв, Mihaíl Sergéevich Gorbachëv) dengan panggilan Gorbachev lahir di Stavropol, 2 Maret 1931; umur 81 tahun) adalah politikus Rusia dan pemimpin Uni Soviet periode 1985 hingga bubarnya pada tahun 1991. Pada tanggal 11 Maret 1985, ia menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet kelima untuk menggantikan Konstantin Chernenko yang wafat. Pada masa pemerintahannya, ia melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik yang secara langsung maupun tidak langsung memicu bubarnya Uni Soviet. Ia mengundurkan diri sebagai Presiden Uni Soviet pada tanggal 25 Desember 1991 menyusul percobaan kudeta oleh kelompok garis keras di Moskwa pada bulan Agustus 1991 yang dipicu oleh adanya pertentangan atas rencana perubahan bentuk negara. Gorbachev adalah penerima Nobel Perdamaian pada tahun 1990 dan penerima pertama Penghargaan Kebebasan Ronald Reagan dari mantan seterunya, Ronald Reagan, pada tahun 1992.

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet (disebut Sekretaris Pertama pada 1953-1966) adalah jabatan pemimpin Uni Soviet de facto setelah kematian Vladimir Lenin pada tahun 1924. Posisi ini pada awalnya merupakan jabatan administratif sewaktu diciptakan pada tahun 1922 dengan Josef Stalin sebagai orang pertama yang mendudukinya. Akses dan otoritas terhadap birokrasi partai yang dimiliki oleh jabatan ini meningkatkan kekuasaan Stalin sewaktu Lenin jatuh sakit dan terutama setelah kematiannya. Setelah Stalin mendominasi politbiro, posisi sekretaris jenderal menjadi sinonim dengan pemimpin partai dan merupakan penguasa de facto Uni Soviet. Setelah 1934, Stalin semakin cenderung untuk menandatangani dokumen-dokumen dengan jabatan "Sekretaris Komite Pusat". Walaupun tidak ditemukan rujukan resmi mengenai posisi tersebut antara Kongres Partai XIX pada bulan Oktober 1952 sampai kematian Stalin pada 5 Maret 1953, tidak pernah ada keraguan bahwa ia tetap memangku jabatan tersebut.

Sewaktu dilakukan restrukturisasi terhadap Komite Pusat menyusul kematian Stalin, jabatan sekretaris jenderal lowong untuk beberapa saat, walaupun dua anggota senior politbiro, Georgy Malenkov (perdana menteri yang baru) dan Nikita Khrushchev dilibatkan dalam Sekretariat Partai. Pada 14 Maret 1943, Malenkov dijatuhkan dari sekretariat dan membuat Khrushchev memiliki penguasaan efektif terhadap badan tersebut. Posisinya disahkan melalui rapat pleno Komite Pusat pada bulan September 1943 yang mengangkatnya menjadi Sekretaris Pertama Komite Pusat. Menyusul kudeta Agustus 1991, Mikhail Gorbachev mengundurkan diri sebagai sekretaris jendral. Ia digantikan oleh wakilnya, Vladimir Ivashko, yang hanya menjabat selama lima hari sebelum Majelis Agung Uni Soviet membekukan semua kegiatan Partai Komunis Uni Soviet pada tanggal 29 Agustus 1991.

Uni Soviet (bahasa Rusia: Сове́тский Сою́з, Sovétskiĭ Soyúz) atau Uni Republik Sosialis Soviet (bahasa Rusia: Сою́з Сове́тских Социалисти́ческих Респу́блик (CCCP), Soyúz Sovétskih Sotsialistícheskih Respúblik (SSSR)) adalah negara komunis yang pernah ada antara tahun 1922-1991 di Eurasia. Uni Soviet menganut sistem politik satu partai yang didominasi oleh Partai Komunis hingga 1990. Walaupun Uni Soviet sebenarnya adalah suatu kesatuan politik dari beberapa republik Soviet dengan ibu kota di Moskwa, nyatanya Uni Soviet menjelma menjadi negara yang pemerintahannya sangat terpusat dan menerapkan sistem ekonomi komando. Revolusi Oktober yang bergolak di Rusia pada tahun 1917 menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Rusia. Penerusnya, Pemerintahan Sementara Rusia, hanya bertahan beberapa bulan.

Setelah kaum Bolshevik menang dalam Perang Sipil Rusia pascarevolusi, Uni Soviet didirikan pada tanggal 30 Desember 1922 dengan anggota Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia, Republik Sosialis Federasi Soviet Transkaukasia, Republik Sosialis Soviet Ukraina, dan Republik Sosialis Soviet Byelorusia. Pasca-kematian pemimpin Soviet yang pertama, Vladimir Lenin, pada tahun 1924, Josef Stalin menjadi penggantinya setelah memenangkan perebutan kekuasaan dan memimpin negara tersebut melewati proses industrialisasi besar-besaran dengan sistem ekonomi komando dan penindasan politik. Dalam suasana Perang Dunia II, pada bulan Juni 1941, Nazi Jerman dan sekutunya menyerang Uni Soviet melalui Operasi Barbarossa walaupun sebelumnya kedua negara telah menandatangani Pakta Molotov–Ribbentrop yang berisi perjanjian untuk tidak saling menyerang. Setelah empat tahun berperang secara besar-besaran, Uni Soviet muncul sebagai salah satu dari dua negara adidaya pemenang perang selain Amerika Serikat.

Uni Soviet dan negara-negara satelitnya di Eropa Timur terlibat dalam Perang Dingin, yaitu perebutan pengaruh ideologi dan politik global yang berkepanjangan melawan Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Blok Barat. Pada akhirnya, Uni Soviet mengalami kekalahan dalam hal ekonomi serta politik dalam dan luar negeri. Pada akhir tahun 1980-an, pemimpin Soviet yang
terakhir, Mikhail Gorbachev, mencoba merestrukturisasi negara yang dipimpinnya melalui kebijakan glasnost dan perestroika, tetapi justru memicu perpecahan di Uni Soviet yang akhirnya secara resmi bubar pada tanggal 26 Desember 1991 setelah gagalnya percobaan kudeta pada bulan Agustus sebelumnya. Hak dan kewajiban negara ini kemudian dilanjutkan oleh Federasi Rusia. Pada masanya, Uni Soviet memiliki tiga perwakilan di PBB, yaitu Uni Soviet, Ukraina, dan Byelorusia.

Presiden Uni Soviet merupakan kepala negara Uni Soviet antara tanggal 15 Maret 1990 hingga 25 Desember 1991. Mikhail Sergeyevich Gorbachev merupakan satu-satunya tokoh yang menduduki jabatan tersebut. Gorbachev juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet (posisi yang dipegangnya sejak bulan Maret 1985) antara bulan Maret 1990 dan Agustus 1991. Ia menurunkan pembagian kekuasaan yang makin besar sebagai presiden hingga mundur sebagai sekretaris jenderal setelah percobaan kudeta tahun 1991. Jabatan ini tidak ada hingga tahun 1990; sebelumnya kepala negaranya adalah Ketua Komite Eksekutif Pusat Uni Soviet (Ketua Komite Eksekutif Seluruh Uni, ВЦИК) antara tahun 1922-1938, Ketua Presidium Soviet Agung antara tahun 1938-1989, kemudian Ketua Soviet Agung antara tahun 1989-90.

Dari pertengahan tahun 1920-an ke depan, semua kekuasaan politik eksekutif berada di tangan Sekjend Partai Komunis Uni Soviet, dengan ketua yang hanya menjalankan tugas simbolik dan namanya saja. Bermula dari Leonid Brezhnev pada tahun 1977, 4 SekJend terakhir menjabat Ketua Soviet Agung secara serentak sepanjang masa jabatannya. Wakil Presiden Uni Soviet adalah Gennady Ivanovich Yanayev, yang secara singkat merampas kekuasaan Gorbachev sebagai presiden dalam percobaan kudeta sebagai pimpinan Komite Negara untuk Keadaan Darurat. Berikut ini adalah daftar pemimpin Uni Soviet: Vladimir Lenin, Lev Trotsky, Josef Stalin, Nikita Khrushchev, Leonid Brezhnev, Yuri Andropov, Konstantin Chernenko dan Mikhail Gorbachev

Federasi Rusia (Bahasa Rusia: Росси́йская Федера́ция, Alihaksara: Rossiyskaya Federatsiya)Tentang suara ini dengarkan (bantuan·info), atau Rusia (Bahasa Rusia: Росси́я, alihaksara: Rossiya;bahasa Tatar:Рәсәй), adalah sebuah negara yang membentang dengan luas disebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Cina (Tiongkok; RRT), Kanada atau Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan. Berikut ini adalah daftar pemimpin Federasi Rusia: Boris Yeltsin, Vladimir Putin dan Dmitry Medvedev.

Negara ini dahulu pernah menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Rusia adalah ahli warisutama Uni Soviet; negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya. Kota- kota besar di Rusia antara lain Moskow, Saint Petersburg, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, Samara, Omsk, Kazan, Chelyabinsk, Rostov na Donu, Ufa, Volgograd, Perm, Krasnoyarsk, Saratov, Voronezh, Tolyatti, Krasnodar, Ulyanovsk, dan Izhevsk. Saat ini Rusia berusaha keras untuk meraih status sebagai negara adidaya lagi. Meskipun Rusia adalah negara penting, tetapi statusnya masih jauh dibandingkan dengan status Uni Soviet dulu

No comments:

Post a Comment