Friday, January 10, 2014

Zhou Enlai, Perdana Menteri Tiongkok



Zhou Enlai, Perdana Menteri Tiongkok

Zhou Enlai (Hanzi sederhana: 周恩来; Hanzi tradisional: 周恩來; pinyin: Zhōu Ēnlái; Wade-Giles: Chou En-lai); 5 Maret 1898 – 8 Januari 1976) adalah seorang negarawan penting di Republik Rakyat Cina dan menjabat sebagai Perdana Menteri Cina dari sejak kemerdekaan negara itu tahun 1949 sampai dengan sepeninggalnya bulan Januari 1976. Zhou menjabat di bawah Mao Zedong dan berperan penting dalam mengkonsolidasikan kontrol dari Partai Komunis naik ke tampuk kekuasaan, membentuk kebijakan luar negeri, dan mengembangkan perekonomian China .

Seorang diplomat yang terampil dan mampu, Zhou menjabat sebagai Cina menteri luar negeri 1949-1958. Advokasi hidup berdampingan secara damai dengan Barat setelah jalan buntu Perang Korea , ia berpartisipasi dalam Konferensi Jenewa 1.954 dan membantu mengorganisir 1.972 kunjungan Richard Nixon ke Cina . Dia membantu menyusun kebijakan mengenai pertengkaran sengit dengan AS, Taiwan, Uni Soviet (setelah 1960), India dan Vietnam. Zhou paling dikenal sebagai asisten lama atas ke Mao Zedong , yang mengkhususkan diri dalam kebijakan luar negeri. Kepribadian mereka kontras membuat mereka tim yang efektif.

Terutama karena keahliannya, Zhou mampu bertahan pembersihan pejabat lainnya selama Revolusi Kebudayaan tahun 1960-an. Upayanya untuk memitigasi Pengawal Merah kerusakan 'dan upaya untuk melindungi orang lain dari murka mereka membuatnya sangat populer di tahap-tahap selanjutnya Revolusi itu. Sebagai kesehatan Mao Zedong mulai menurun pada tahun 1971 dan 1972, Zhou dan Gang of Four berjuang internal alih kepemimpinan China. Kesehatan Zhou juga gagal, bagaimanapun, dan ia meninggal delapan bulan sebelum Mao pada tanggal 8 Januari 1976. Curahan publik besar-besaran duka di Beijing berubah menjadi kemarahan terhadap Gang of Four, yang mengarah ke Insiden Tiananmen . Meskipun digantikan oleh Hua Guofeng, itu Deng Xiaoping , sekutu Zhou, yang mampu mengungguli Gang of Four politik dan akhirnya mengambil tempat Mao sebagai pemimpin Paramount dengan 1977.

Zhou Enlai lahir di Huai'an , Jiangsu provinsi pada tanggal 5 Maret 1898, anak pertama dari cabang terhadap keluarga Zhou. Keluarga Zhou awalnya dari Shaoxing di Zhejiang provinsi. Selama dinasti Qing akhir, Shaoxing terkenal sebagai rumah keluarga seperti itu Zhou, yang anggotanya bekerja sebagai pemerintah "pegawai" (Shiye) dari generasi ke generasi. Untuk naik tangga dalam pelayanan sipil, laki-laki dalam keluarga sering harus mendapatkan ditransfer, dan dalam tahun-tahun terakhir Dinasti Qing, cabang Zhou Enlai keluarga pindah ke Huai'an.

Bahkan setelah beraktivitas, namun, keluarga terus melihat Shaoxing sebagai rumah leluhur. Kakek Zhou, Zhou Panlong , dan kakek nya, Zhou Jun'ang, adalah anggota pertama dari keluarga untuk pindah ke Huai'an. Panlong tampaknya lulus ujian provinsi, dan Zhou Enlai kemudian mengklaim bahwa Panlong menjabat sebagai hakim memerintah Huai'an county. ayah Zhou, Zhou Yineng, adalah anak kedua dari empat Zhou Panlong putra. Kelahiran ibu Zhou, bermarga Wan, adalah putri dari seorang pejabat Jiangsu menonjol.

Dalam Shenyang , Zhou menghadiri Academy Model Dongguan, sebuah sekolah gaya Barat. Pendidikan sebelumnya Nya seluruhnya terdiri dari home schooling. Selain mata pelajaran baru seperti bahasa Inggris dan ilmu pengetahuan, Zhou juga terkena tulisan reformis dan radikal seperti Liang Qichao , Kang Youwei , Chen Tianhua , Zou Rong dan Zhang Binglin . Pada usia empat belas , Zhou menyatakan bahwa motivasinya untuk mengejar pendidikan adalah untuk "menjadi orang besar yang akan mengambil tanggung jawab yang berat dari negara di masa depan." Pada tahun 1913, paman Zhou dipindahkan ke Tianjin, di mana Zhou memasuki terkenal Nankai Middle School .

Nankai Middle School didirikan oleh Yan Xiu , seorang sarjana terkemuka dan dermawan, dan dipimpin oleh Zhang Boling , salah satu pendidik Cina yang paling penting dari abad ke-20. metode pengajaran Nankai yang tidak biasa dengan standar Cina kontemporer. Pada saat Zhou mulai menghadiri, telah mengadopsi model pendidikan yang digunakan di Phillips akademi di Amerika Serikat. Reputasi sekolah, dengan yang rutin "yang sangat disiplin" sehari-hari dan "kode moral yang ketat" menarik banyak siswa yang kemudian menjadi menonjol dalam kehidupan publik. Teman Zhou dan teman sekelas ada berkisar dari Ma Jun (pemimpin komunis awal dilaksanakan pada tahun 1927) ke KC Wu (kemudian walikota Shanghai dan gubernur Taiwan di bawah Partai Nasionalis).

Bakat Zhou juga menarik perhatian Yan Xiu dan Zhang Boling. Yan khususnya amat menghormati Zhou, membantu membayar untuk studi di Jepang dan kemudian Perancis. Yan sangat terkesan dengan Zhou bahwa ia mendorong Zhou untuk menikahi putrinya, tapi Zhou menolak. Zhou kemudian mengungkapkan alasan untuk keputusannya untuk tidak menikahi putri Yan untuk teman sekelasnya, Zhang Honghao . Zhou mengatakan bahwa ia menolak perkawinan karena ia takut bahwa prospek keuangannya tidak akan menjanjikan, dan bahwa Yan akan, sebagai ayah mertuanya, kemudian mendominasi hidupnya.

Zhou kembali ke Tianjin kapan di musim semi 1919. Sejarawan tidak setuju atas partisipasi Zhou dalam Gerakan Mei Keempat (Mei sampai Juni 1919). "Resmi" Zhou menyatakan biografi Cina bahwa dia adalah seorang pemimpin protes mahasiswa Tianjin dalam gerakan Mei Keempat, tetapi banyak sarjana modern percaya bahwa itu sangat tidak mungkin bahwa Zhou berpartisipasi sama sekali, berdasarkan total kurangnya bukti langsung antara catatan hidup dari periode. Pada Juli 1919, Namun, Zhou menjadi editor dari Buletin Student Union Tianjin, rupanya atas permintaan teman sekelasnya Nankai nya, Ma Jun , pendiri Perhimpunan. Selama keberadaannya singkat nya dari Juli 1919-1920-an, Buletin itu secara luas dibaca oleh kelompok-kelompok mahasiswa di seluruh negeri dan ditekan pada setidaknya satu kesempatan oleh pemerintah nasional sebagai "berbahaya bagi keamanan dan ketertiban masyarakat sosial."

Ketika Nankai menjadi universitas pada bulan Agustus 1919, Zhou berada di kelas, tapi ia seorang aktivis penuh-waktu. Kegiatan politiknya terus berkembang, dan pada bulan September ia dan beberapa siswa lain sepakat untuk mendirikan "Masyarakat Kebangkitan", sebuah kelompok kecil pernah berjumlah lebih dari 25. Dalam menjelaskan maksud dan tujuan dari Society Kebangkitan, Zhou menyatakan bahwa "apapun yang tidak sesuai dengan kemajuan dalam waktu saat ini, seperti militerisme, kaum borjuis, partylords, birokrat, ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan, ide-ide keras kepala, moral usang, etika tua ... harus dihapuskan atau direformasi", dan menegaskan bahwa adalah tujuan dari Masyarakat untuk menyebarkan kesadaran ini di kalangan orang-orang Cina.


Itu di masyarakat ini bahwa Zhou pertama kali bertemu dengan calon istrinya, Deng Yingchao . Dalam beberapa hal, Society Kebangkitan menyerupai kelompok studi klandestin Marxis di Universitas Peking dipimpin oleh Li Dazhao , dengan anggota kelompok menggunakan angka bukan nama untuk "kerahasiaan." (Zhou adalah "Number Five," nama samaran yang ia terus digunakan dalam tahun kemudian.) Memang, segera setelah kelompok itu didirikan, itu mengundang Li Dazhao untuk memberikan kuliah tentang Marxisme. Zhou diasumsikan peran aktif lebih menonjol dalam kegiatan politik selama beberapa bulan ke depan. The terbesar dari kegiatan ini adalah unjuk rasa untuk mendukung boikot nasional dari barang-barang Jepang.

Sebagai boikot menjadi lebih efektif, pemerintah nasional, di bawah tekanan dari Jepang, berusaha untuk menekannya. Pada tanggal 23 Januari 1920, konfrontasi atas kegiatan boikot di Tianjin menyebabkan penangkapan sejumlah orang, termasuk anggota Masyarakat Kebangkitan beberapa, dan pada 29 Januari Zhou memimpin pawai di Kantor Gubernur di Tianjin untuk menyajikan sebuah petisi yang menyerukan untuk tahanan 'rilis. Zhou dan tiga pemimpin lain ditangkap sendiri. Para tahanan ditahan selama lebih dari enam bulan, selama penahanan mereka, Zhou seharusnya diselenggarakan diskusi tentang Marxisme. Pada sidang mereka pada bulan Juli, Zhou dan enam orang lainnya dijatuhi hukuman dua bulan, sisanya dinyatakan tidak bersalah. Semua segera dirilis sejak mereka sudah ditahan selama enam bulan.

Kelompok Zhou tiba di Marseille 13 Desember. Tidak seperti kebanyakan mahasiswa Cina lainnya, yang melakukan perjalanan ke Eropa pada pekerjaan-program studi, beasiswa Zhou dan posisi dengan Yishi bao berarti bahwa ia baik disediakan untuk dan tidak perlu melakukan pekerjaan apapun selama tinggal. Karena posisi keuangan, ia mampu mengabdikan dirinya penuh waktu untuk kegiatan revolusioner. Dalam sebuah surat kepada sepupunya di 30 Januari 1921, Zhou mengatakan bahwa tujuan di Eropa adalah untuk menemukan kondisi sosial di negara-negara asing dan mereka metode menyelesaikan masalah sosial, untuk tujuan kemudian menerapkan pelajaran ke China setelah kedatangannya. Dalam surat yang sama ia mengatakan bahwa sepupunya, mengenai adopsi nya ideologi tertentu, "Saya masih harus membuat pikiran saya."

Zhou kembali ke China pada akhir Agustus atau awal September 1924 untuk bergabung dengan Departemen Politik Akademi Militer Whampoa , mungkin melalui pengaruh Zhang Shenfu, yang sebelumnya bekerja di sana. Posisi yang tepat Zhou diadakan di Whampoa dan tanggal yang menahan mereka tidak jelas. Beberapa bulan setelah kedatangannya, kemungkinan Oktober 1924, ia menjadi wakil direktur Departemen Politik Akademi, dan kemudian, mungkin November 1924, direktur departemen. Meskipun secara teknis bertanggung jawab kepada pemerintah pusat, departemen politik Zhou dioperasikan di bawah mandat langsung untuk mengindoktrinasi taruna Whampoa dalam ideologi KMT untuk tujuan meningkatkan loyalitas dan moral. Sementara ia melayani di Whampoa, Zhou juga dibuat sekretaris Partai Komunis Guandong-Guanxi, dan menjabat sebagai wakil PKC dengan pangkat mayor jenderal.

Zhou berpartisipasi dalam dua operasi militer yang dilakukan oleh rezim Nasionalis pada tahun 1925, kemudian dikenal sebagai Ekspedisi Timur pertama dan kedua. Yang pertama adalah pada Januari 1925 ketika Chen Jiongming , pemimpin militer penting Kanton sebelumnya diusir dari Guangzhou oleh Sun Yat-sen, berusaha merebut kembali Guangzhou. Kampanye rezim Nasionalis melawan Chen terdiri dari pasukan dari Angkatan Darat Guangdong bawah Xu Chongzhi , dan resimen pelatihan dua Angkatan Darat Partai Nasionalis, dipimpin oleh Chiang Kai-shek dan dikelola oleh petugas Academy dan kadet. Pertempuran berlangsung melalui Mei 1925 , dengan kekalahan, tetapi tidak kehancuran, pasukan Chen. Zhou menemani kadet Whampoa pada ekspedisi sebagai pejabat politik.

Secara pribadi, 1925 juga merupakan tahun yang penting bagi Zhou. Zhou terus berhubungan dengan Deng Yingchao , yang ia telah bertemu dalam Masyarakat Kebangkitan sementara di Tianjin, dan, pada bulan Januari 1925, Zhou meminta dan menerima izin dari otoritas PKC untuk menikah Deng. Kedua menikah di Guangzhou pada tanggal 8 Agustus 1925. Karya Zhou di Whampoa berakhir dengan Insiden Kapal Perang Zhongshan 20 Maret 1926, di mana kapal perang dengan awak sebagian besar Komunis pindah dari Whampoa ke Guangzhou tanpa sepengetahuan atau persetujuan Chiang. Acara ini menyebabkan pengucilan Chiang tentang Komunis dari Akademi pada bulan Mei 1926, dan penghapusan Komunis banyak dari posisi tinggi dalam Partai Nasionalis. Dalam memoarnya, Nie Rongzhen menyarankan bahwa kapal perang tersebut telah pindah sebagai protes terhadap (singkat) penangkapan Zhou Enlai. Waktu Zhou di Whampoa merupakan periode penting dalam karirnya. Karya rintisannya sebagai perwira politik di militer membuatnya ahli Partai Komunis penting di daerah ini kunci, sebagian besar karir di kemudian hari berpusat di militer.

No comments:

Post a Comment