Saturday, January 11, 2014

Biografi Ani Sumadi - Ratu Kuis Indonesia



Biografi Ani Sumadi - Ratu Kuis Indonesia



Ani Sumadi (lahir di Aceh, 18 Mei 1939; umur 73 tahun) yang biasa dipanggil Ani adalah ratu kuis yang menjadi pelopor dunia perkuisan di Indonesia. Ia dilahirkan dari pasangan perantau asal Minangkabau yang telah lama menetap di Aceh sebelum masa kemerdekaan. Menikah dengan Ir. Sumadi yang pernah menjadi Direktut Utama TVRI pada dekade 1980-an.

Sebelumnya ia sempat berkarier sebagai karyawan TVRI selama beberapa tahun sebelum dipersunting oleh suaminya. Ia mengawali karirnya di stasiun televisi TVRI sebagai pembawa acara sekaligus reporter pada tahun 1959. Posisinya sebagai istri karyawan TVRI membuatnya bisa menyalurkan ide-ide kreatifnya lewat program-program penyiaran. Karya prestisiusnya adalah kuis Berpacu Dalam Melodi yang sempat populer di stasiun televisi TVRI.

Karya pertamanya adalah Silent Quiz pada tahun 1969. Sejak itu, lahirlah berbagai bentuk kuis, seperti Gita Remaja, Aksara Bermakna, dan Tak Tik Boom. Ani juga tak sembarang memilih orang untuk membawakan acara kuisnya. Koes Hendratmo, Tantowi Yahya, dan Helmy Yahya, termasuk dari sedikit mereka yang beruntung bisa membawakan kuis ciptaan Ani.

Aksara Bermakna adalah salah satu kuis Indonesia dekade 1990-an ciptaan Ani Sumadi. Dalam acara ini, 2 pasangan kontestan saling adu pengetahuan dan strategi. Kuis Aksara Bermakna menggunakan konsep permainan matriks bersel segienam yang disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai persegi 5 baris dan 5 kolom. Setiap segienam berisi sebuah huruf (antara A sampai Z) yang merupakan inisial jawaban benar dari pertanyaan yang diajukan pembawa acara dan segienam pertama dipilihkan oleh pembawa acara.

Dua pasangan kontestan akan saling berebut hak jawab dengan menekan tombol bel. Kontestan yang menekan tombol bel terlebih dahulu akan berhak menjawab terlebih dahulu. Jika jawabannya benar, maka segienam yang dipilih kontestan penekan tombol bel (biru atau merah). Jika jawabannya salah, maka pertanyaan akan dilemparkan kepada pasangan lawan. Jika pasangan lawan menjawab salah, maka pertanyaan untuk segienam yang dipilih tersebut akan digantikan dengan pertanyaan lainnya.

Di babak I, pasangan biru harus menghubungkan sisi kiri ke kanan atau sebaliknya tanpa terputus, dan pasangan merah harus menghubungkan sisi atas ke bawah atau sebaliknya tanpa terputus. Sebalknya, di babak II, pasangan biru harus menghubungkan sisi atas ke bawah atau sebaliknya tanpa terputus, dan pasangan merah harus menghubungkan sisi kiri ke kanan atau sebaliknya tanpa terputus. Pasangan kontestan yang menang 2 babak langsung berhak masuk ke babak prabonus. Jika masing-masing pasangan kontestan memenangkan 1 babak, maka akan diadakan babak III dengan aturan sama seperti babak I untuk menentukan siapakah pasangan yang berhak masuk ke babak prabonus.

Berpacu dalam Melodi (disingkat BDM) adalah acara kuis Indonesia ciptaan Ani Sumadi. Acara ini dibawakan oleh Koes Hendratmo.
Saat masih di TVRI, musik untuk BDM dimainkan oleh band pimpinan Ireng Maulana. Adapun saat tayang di Metro TV, musiknya dimainkan oleh band Grasshopper. Acara ini pernah dipelesetkan pada acara Extravaganza di Trans TV sebagai Berpacu dengan Muladi dan Big Show di TPI sebagai Berpacul dalam Melodi.

Tak Tik Boom adalah salah satu acara kuis Indonesia ciptaan Ani Sumadi. Dalam acara ini, 2 kontestan saling adu pengetahuan dan strategi. Acara ini ditayangkan di RCTI, pada dekade 1990-an dan 2010-an. Di babak ini, ada 9 kategori pertanyaan yang ditampilkan dalam matriks 3×3. Semua kategori yang belum dipilih akan diacak terlebih dahulu. Kontestan yang menjawab dengan benar akan mendapatkan sebuah simbol yang dimilikinya. Waktu berpikir untuk semua kontestan adalah 5 detik.

Jika kontestan menjawab salah, maka kesempatan menjawab akan dilempar ke kontestan lawan. Kontestan yang simbolnya berhasil membentuk 1 garis horizontal, vertikal, atau diagonal (terdiri dari 3 petak) akan memperoleh hadiah kemenangan dan berhak masuk ke babak bonus. Jika ke-9 petak telah terisi penuh oleh simbol tetapi tidak ada simbol yang berhasil membentuk 1 garis lurus, maka akan diadakan pertanyaan sudden death untuk menentukan pemenangnya

No comments:

Post a Comment