Thursday, January 9, 2014

Douglas Adams - Penulis dan Musikus



Douglas Adams - Penulis dan Musikus



Douglas Noël Adams (11 Maret 1952 – 11 Mei 2001) adalah seorang penulis dan musikus Inggris. Ia dikenal sebagai penulis seri Hitchhiker's Guide to the Galaxy. Hitchhiker's dimulai di radio, dan berkembang menjadi lima buku yang terjual 15 juta kopi dalam masa hidupnya. Selain itu seri ini juga diangkat ke layar TV, film, permainan komputer, dan komik.

Selain The Hitchhiker's Guide to the Galaxy, Douglas Adams menulis tiga cerita untuk film seri televisi Doctor Who, dan bekerja sebagai penyunting naskah dalam tahun ke-17. Ia juga menulis novel-novel Dirk Gently, Liff, dan Last Chance to See. Adams juga menciptakan dan mengarahkan permainan komputer Starship Titanic , dikembangkan oleh perusahaan The Digital Village. Adams adalah aktivis lingkungan hidup, seorang ateis, dan pecinta mobil, kamera, dan komputer Macintosh.


Doctor Who adalah sebuah program televisi fiksi ilmiah Inggris yang diproduksi oleh BBC. Program ini menceritakan petualangan seorang Time Lord—sesosok alien humanoid penjelajah waktu yang dikenal sebagai Doctor. Ia mengeksplorasi alam semesta dengan 'TARDIS', sebuah pesawat luar angkasa penjelajah waktu yang berkesadaran. Bagian luarnya tampak sebagai sebuah police box berwarna biru, pemandangan yang lazim di Inggris pada tahun 1963, saat serial ini ditayangkan pertama kali. Bersama dengan pendamping yang silih berganti, Doctor menghadapi berbagai macam musuh sambil bekerja untuk melindungi peradaban, membantu masyarakat biasa, dan membasmi kejahatan.

Sebelas aktor telah membintangi serial ini sebagai Doctor. Transisi dari satu aktor ke aktor yang lain dituliskan dalam plot acara ini sebagai regenerasi, salah satu proses kehidupan para Time Lord di mana karakter Doctor menempati sebuah tubuh baru dan, sampai taraf tertentu, kepribadian baru. Meskipun tiap aktor memiliki pembawaan yang berbeda-beda, dan bahkan ada kesempatan di mana inkarnasi-inkarnasi berbeda bertemu satu sama lain, mereka semua dimaksudkan sebagai aspek-aspek dari karakter yang sama. Saat ini Doctor diperankan oleh Matt Smith, yang mengambil peran ini setelah penampilan terakhir David Tennant dalam sebuah episode yang ditayangkan 1 Januari 2010.

Last Chance to See - Buku Last Chance to See oleh Douglas Adams dan Mark Carwardine adalah buku terbitan pertama pada tahun 1990, sebagai bentuk lain serial radio BBC dengan nama yang sama. Tema dokumenter tersebut adalah menonjolkan spesies binatang yang terancam punah.

Mark Carwardine (lahir 9 Maret 1959; umur 54 tahun) adalah pakar zoologi, yang pernah bergabung dengan World Wildlife Fund, dan menjadi penulis lepas, fotografer, dan pakar zoologi sejak tahun 1986. Dia juga berkolaborasi menulis buku Last Chance to See dengan Douglas Adams. Pada 10 Maret 2005, dia berceramah dalam Ceramah Memorial Douglas Adams tahunan yang ketiga, membicarakan
tentang Last Chance to See dan menawarkan untuk memperbarui beberapa gambar spesies yang menjadi sampul buku tersebut.

World Wide Fund for Nature (WWF) adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang menangani masalah-masalah tentang konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan, dulunya bernama World Wildlife Fund dan masih menjadi nama resmi di Kanada dan Amerika Serikat. WWF adalah organisasi konservasi independen terbesar di dunia dengan lebih dari 5 juta pendukung di seluruh dunia yang bekerja di lebih dari 100 negara, mendukung sekitar 1.300 proyek konservasi dan lingkungan. WWF adalah sebuah yayasan yang pada tahun 2010 mendapatkan 57% pendanaannya dari pihak perorangan dan warisan, 17% dari sumber-sumber internasional (seperti Bank Dunia, DFID, USAID) dan 11% dari berbagai perusahaan.

Grup ini memiliki misi "menghalangi dan memutarbalikkan penghancuran lingkungan kita". Saat ini, sebagian besar tugas mereka terfokus pada konservasi tiga bioma yang berisikan sebagian besar keragaman hayati dunia, yaitu hutan, ekosistem air tawar, dan samudera dan pantai. Selain itu, WWF juga menangani masalah spesies terancam punah, polusi dan perubahan iklim.

No comments:

Post a Comment