Tuesday, January 7, 2014

Gaffurius - Tokoh Teori Musik Italia



Gaffurius - Tokoh Teori Musik Italia




Franchinus Gaffurius (Franchino Gaffurio, 14 Januari 1451 - 25 Juni 1522) adalah seorang Italia teori musik dan komposer dari Renaissance. Dia adalah seorang kontemporer hampir tepat Josquin des Prez dan Leonardo da Vinci, keduanya adalah teman pribadinya. Dia adalah salah satu musisi paling terkenal di Italia pada abad ke-16-an dan awal 15.

Dia lahir di Lodi ke keluarga aristokrat. Pada awal kehidupan dia memasuki Benediktin biara, di mana ia mendapatkan pelatihan awal musiknya, kemudian ia menjadi imam . Kemudian ia tinggal di Mantua dan Verona sebelum menetap di Milan sebagai maestro di capella di katedral di sana, posisi yang ia diterima di Januari 1484.


Selama dekade sebelumnya Sforza keluarga, dengan menggunakan komposer Gaspar van Weerbeke sebagai perekrut, telah membangun paduan suara di kapel mereka di Milan menjadi salah satu ansambel musik terbesar dan paling terkenal di Eropa: komposer-penyanyi seperti Alexander Agricola, Loyset compere dan Johannes Martini semua telah bekerja di sana.

Sementara keanggotaan paduan suara di katedral Milan adalah sebagian besar Italia, cross-pengaruh antara paduan suara dan kelompok di kapel Sforza adalah signifikan. Gaffurius mempertahankan pos di katedral selama sisa hidupnya, dan itu di Milan bahwa ia tahu kedua Josquin des Prez dan Leonardo da Vinci.

Gaffurius secara luas dibaca, dan menunjukkan kuat humanis membungkuk. Selain memiliki pemahaman menyeluruh tentang praktek musik kontemporer, ia bertemu komposer dari seluruh Eropa, karena ia memiliki nasib baik untuk tinggal dan bekerja di salah satu pusat kegiatan untuk masuk Belanda. Buku-bukunya memiliki niat pedagogis, dan menyediakan komposer muda dengan semua teknik yang diperlukan untuk belajar seni.

Risalah utama tahun di Milan tiga: Theorica musicae (1492), Practica musicae (1496), dan De Harmonia musicorum instrumentorum opus (1518). Yang kedua ini, para musicae Practica, adalah yang paling menyeluruh, melanjutkan melalui mata pelajaran yang beragam seperti notasi Yunani kuno, plainchant , pengukuran , counterpoint , dan tempo . Salah satu komentar yang paling terkenal adalah bahwa tactus, tempo dari semibreve , sama dengan pulsa seorang pria yang bernapas dengan tenang-mungkin sekitar 72 denyut per menit.

Gaffurius secara luas dibaca, dan menunjukkan kuat humanis membungkuk. Selain memiliki pemahaman menyeluruh tentang praktek musik kontemporer, ia bertemu komposer dari seluruh Eropa, karena ia memiliki nasib baik untuk tinggal dan bekerja di salah satu pusat kegiatan untuk masuk Belanda . Buku-bukunya memiliki niat pedagogis, dan menyediakan komposer muda dengan semua teknik yang diperlukan untuk belajar seni.

Risalah utama tahun di Milan tiga: Theorica musicae (1492), Practica musicae
(1496), dan De Harmonia musicorum instrumentorum opus (1518). Yang kedua ini, para musicae Practica, adalah yang paling menyeluruh, melanjutkan melalui mata pelajaran yang beragam seperti notasi Yunani kuno, plainchant , pengukuran , counterpoint , dan tempo . Salah satu komentar yang paling terkenal adalah bahwa tactus, tempo dari semibreve , sama dengan pulsa seorang pria yang bernapas dengan tenang-mungkin sekitar 72 denyut per menit.

Teori musik adalah studi tentang bagaimana musik bekerja. Itu menguji bahasa dan notasi musik. Ini berusaha untuk mengidentifikasi pola-pola dan struktur dalam teknik komposer 'di dalam atau genre, gaya, atau periode sejarah. Dalam arti besar, disuling teori musik dan menganalisa parameter mendasar atau unsur musik-ritme, harmoni (fungsi harmonik), melodi, struktur, bentuk, tekstur, dll Secara umum, teori musik dapat mencakup segala pernyataan, keyakinan, atau konsepsi atau tentang musik [1]. seseorang yang mempelajari sifat-sifat ini dikenal sebagai teori musik. Beberapa telah menerapkan akustik, fisiologi manusia, dan psikologi untuk penjelasan tentang bagaimana dan mengapa musik dirasakan

No comments:

Post a Comment