Sunday, February 23, 2014

Apa yang Terpenting dari Marketing?



Apa yang Terpenting dari Marketing?




Kalau ada orang yang bertanya mengenai, “Apa yang paling penting dari marketing?” Kira-kira apa jawaban Anda?

Sebagian dari Anda mungkin akan menjawab produk. Ya, produk yang dapat mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan konsumen adalah bagian paling penting dari marketing. Sebab dengan adanya produk yang berkualitas, persoalan yang dihadapi konsumen diharapkan bisa teratasi dengan cepat.

Jawaban ini tidak keliru, tapi yang penting diperhatikan juga adalah produk yang Anda buat harus selalu mampu menjawab kebutuhan konsumen. Produk yang Anda luncurkan sekarang mungkin bisa menyelesaikan persoalan hari ini, namun untuk besok belum tentu. Oleh karenanya, Anda harus terus membuat produk selalu baru yang inovatif.

Update produk merupakan salah satu caranya. Dengan memperbarui isi produk informasi dengan perkembangan terkini, diharapkan persoalan yang sedang berkembang bisa teratasi.

Namun selain produk, ada satu lagi bagian penting dari marketing. Apa itu? Yaitu bagaimana cara Anda menjual produk.

Di sinilah pentingnya menjalankan berbagai teknik marketing serta memantau efektivitasnya. Dari berbagai teknik marketing yang Anda lakukan, teknik apa yang berjalan optimal, teknik apa yang baru berefek setengah optimal, dan apa yang tidak menghasilkan dampak sama sekali.

Dengan begitu, proses marketing yang Anda jalankan berada di bawah kontrol. Anda jadi tahu bagaimana meningkatkan penjualan produk-produk.

Namun begitu, dalam bisnis apapun yang Anda lakukan, Anda tidak boleh berpuas diri. Anda harus terus melakukan tindakan untuk mempelajari tren penjualan paling baru. Sehingga Anda betul-betul paham tentang marketing yang efektif saat ini, dan mengapa teknik tersebut efektif. Saat itulah Anda pantas dijuluki pakar pemasaran.

Sebagai penutup, silakan jawab pertanyaan berikut ini untuk mengetahui ilmu dan pengalaman marketing Anda:

1. Apa keuntungan terbesar dari produk yang Anda tawarkan?
2. Apa kesalahan yang umum dilakukan pemasar?
3. Bagaimana perubahan tingkah laku konsumen?
4. Apa yang anda lakukan untuk menyesuaikan dnegan perubahan dari sisi konsumen itu?

Kalau Anda mampu menjawab pertanyaan di atas dengan cepat dan percaya diri, berarti Anda sudah mendalami marketing dengan baik. Namun kalau dalam menjawab masih ragu-ragu, artinya Anda perlu mengasah kemampuan marketing lebih dalam lagi. (*DI)
Sumber: Koleksi Artikel Strategi Bisnis, Muhammad Yusuf

No comments:

Post a Comment