Monday, December 16, 2013

Sesuatu di balik tatapan mata anakku




Sesuatu di balik tatapan mata anakku

Semenjak kepergian ayahku untuk selama lamanya, kondisi rumah orang tuaku yang cukup lumayan luas, terlihat lengang dan selalu sepi, jauh sekali berbeda tidak seperti dulu dimana aku masih anak anak, begitu ramai bahkan sangat terasa sekali hangat kebahagian, kini dirumah itu tinggal ibuku,

adik perempuan ku dan adik laki laki bungsu ku yang saat ini telah kelas tiga SMU..hmmm.. waktu sangat cepat berlalu ku ingat adik laki laki bungsuku itu dulu saat usia 2 tahun, kumandikan, kubedaki dan ku bawa bawa main hmmm..

kini sudah tumbuh menjadi pria remaja!! oh iya, sedikit bercerita mengenai keluargaku,  kami adalah enam bersaudara, 4 orang wanita dan 2 orang laki laki dan aku adalah anak ke 2 dan merupakan anak laki laki tertua dari saudara2 ku yang memang dominan wanita..



semenjak ayahku meninggal dunia dua tahun yang lalu, belakangan ibu sering berkata "" gi, balik lagi aja si kesini, temenin mamah.. kamar banyak yang kosong gak ke isi, si  icha juga sekolah jadi deket biar gak sering kesiangan"" secara tidak langsung sebenar nya ibuku meminta aku agar kembali kerumah itu,  ya rumah yang telah ku diami dari semenjak aku kecil hingga tumbuh dewasa... Hmm. sebuah rumah yang telah memberiku banyak kisah dan bayak cerita baik suka maupun duka....



namun selama ini aku masih saja tetap tinggal di rumah ku sendiri, bagi yang sudah berkeluarga, mungkin kalian mengerti karena setelah berkeluarga, setiap keputusan walau ada di tangan ku sebagai kepala rumah tangga,

namun tetap saja tidak semudah seperti saat masih sendiri terutama dalam mengambil keputusan, hingga kami memutuskan  kami akan menemani ibu jika memang benar benar adiku telah pindah ke bekasi, aku pikir jik masih ada adik perempuanku yang ke empat tinggal bersama ibuku,

setidak nya ibuku masih ada yang menemani, walau pada kenyataan nya akupun tiap hari pasti mondar mandir nengokin ibuku seperti minum obat, gak pagi gak sore gak malem... Karena jujur saja ku akui aku sangat mencintai ibuku yang kini tinggal satu satu nya hingga melebihi apapun di dunia ini,bahkan diri ku ini, beserta nyawaku sekalipun sebagai taruhan nya



hari rabu kemarin adiku yang ke empat benar benar meluluskan niat nya, yaitu adiku jadi pindah ke bekasi dan ikut berkumpul bersama suami nya disana, yang selama ini biasa nya suami nya yang datang ke serang setiap seminggu sekali,

akhir nya kini mereka berkumpul bersama di sana, yahh aku rasa itu adalah keputusan yang sangat baik, karena dalam merajut dan membina rumah tangga sangat jauh jauh lebih baik ketika suami dan istri bersatu dan bersama sama menyongsong masa depan dan mencoba hidup mandiri..

intinya apapun pilihan yang adiku pilih dan menjadi keputusan yang terbaik untuk nya tentu, ibuku dan aku,  sebagai kaka lelaki tertua, sangat mendukung dan mendoakan semoga segala sesuatu nya lancar dan di mudahkan, amiin



akhir nya sesuai dengan janji yang aku ucapkan di hatiku, kalau adiku jadi pindah, maka aku anak yang paling dekat, akan kembali kerumah itu dan menemani ibuku, persoalan rumah yang sekarang aku tempati, mungkin jika ada rezeki kaka peempuan ku yang di jakarta akan merenovasi dan kemudian di kontrakan saja atau apalah,

aaah .. itu gak penting yang terpenting bagiku, aku harus segera siap siap untuk pindahan rumah.. ya pindah kembali kerumah ibu ku,  rumah yang telah membesarkan ku..



sebetul nya niat untuk balik kerumah ibuku itu sangat tidak mudah, karena salah satu penyebab nya yaitu istriku.. gimana ya??.. Yang membuat tidak mudah itu, bukan karena istriku tidak mau atau tidak menurutiku apa kataku untuk pindah kembali kerumah orang tuaku..

tapi karena?? .. begini , kalau orang serang bilang istriku ini, lempeuh yuni atau gampang ngeliat yang begituan, atau  kalau orang bilang, bisa ngeliat begitu saja di depan mata seperti sosok sosok halus, lalu apa hubungan nya dengan pindahan ke rumah ku??

Jadi sebelum kami memiliki rumah sendiri, aku dan istriku hampir 5 tahun tinggal di rumah ibuku, dan menurut istriku di rumah ibuku itu, banyak sekali sosok sosok halus,,,,dari karuhun sampai sosok yang tidak menyenangkan memang aku akui,

terlebih semenjak rumah sering kosong di tinggal usaha dari pagi sampai sore.. apalagi sekarang udah hampir 4 tahun lebih banyak ruangan kosong permanen karena anak anak udah pada misah dan punya rumah sendiri


yang jadi persoalan dan yang pualing suebel.. istriku yang mampu melihat ini, tapi dia juga penakut nya ruarrr biasa..liat tuh di tulis nya juga gak pake L tapi pake R .. rruaaar biasa hahahaha!! Ngertikan!!! siapa yang bakal repot, kalau bukan aku selaku suami..

hmmm,, memang dulu aja karena saking ruet nya aku masa tiap mau pipis, atau minum taga tega ya ak yang lagi asyik terbuai mimpi kudu wara wiri bersambung gara gara di bangunin anter inilah anter itulah kan capcay deh, hingga pada suatu ketika  kemampuan nya itu di segel oleh paman nya yang memiliki kemampuan yang sama yaitu mampu melihat hal hal kasat mata... Beuuh.



Pukul 8 selasa pagi 26-02-2013 tiba di rumah ibu ( belum pindahan )


Aku istri dan kedua anaku alita yang berumur 2 tahun dan adelia yang paling bungsu dan baru berumur 2 bulan lebih, tiba di rumah ibuku atau nenek mereka, aku dan istri sekalian liat liat kamar mana yang bakal kami tempati, hari itu aku seharian dirumah ibuku,

karena beberapa hari lagi aku akan mulai berkemas dan pindah kesini, akhir nya terpilih lah sebuah kamar di bagian pavaliun yaitu sebua kamar yang terpisah dari rumah inti yaaa.. sebuah kamar yang dulu aku tempati sendiri, itu loh kamar yang bekas kandang kambing, mungkin kalian tau kamar mana yang aku pilih jika kalian mengikuti kisah dan cerita pengalaman mistisku hehehe .. pede badai dah...


Ya aku pilih ruangan dan kamar pavaliun, aku menyebutnya begitu karena ruangan itu terpisah dari rumah inti selain memiliki  ruang tamu sendiri, kmar tidur uama dan kamar mandi husus,ruangan ini adalah ruangan kamar ku dulu saat aku masih bujangan hehehe jadi keinget inget

masa lalu yang indah waktu tak lama aku ngacir pindah kedalam rumah dan tak mau lagi tidur di kamar itu lantaran ada sosok melengkung sampai enternit melototin aku yang terbaring kaku tak bisa bergerak fiuuuuhh... Dan akhir nya kamar ini jadi kamar ayahku .. bahkan hingga ayah ku tutup usia kamar ini adalah kamar nya....



Kurang lebih pukul 14.30 siang di kamar paviliun

Singkat cerita hari selasa itu matahari semakin meninggi selepas duhur anak anak mulai semaput alias ngantuk bapak nya juga sama semaput sebab semalaman begadang kelayaban di dumay hehehe.. singkat cerita aku pun membawa anaku yang cantik alita yang udah mulai tertidur,

lalu kurebahkan di atas springbed disi paling kanan dekat dinding kamar (kamar paviliun) aku pun ikut rebahan disisi anaku, tak lama istriku pun datang masuk dan merebahkan anak paling bungsu adelia..

yang kala itu masih melotot belum tidur dan istriku tidur di sisi paling kiri dan paling ujung tempat tidur yang kala itu aku masih belum tidur siang aku masih ngobrol ngalor ngidul ternyata setelah aku tertidur pulas dan tak sadarkan diri.. hmmmm.. di sini awal cerita ... Bermula



Anaku adelia yang baru berumur 3 bulan jalan, masih saja belum tertidur ... Anak itu malah main cengar cengir aja sendiri dikamar itu dan sesekali bersuara, heeeenggg... Hakeennnng...sambil bergerak gerak Khas suara bayi,

adelia seperti tengah ngobrol dengan sesuatu namun entah apa itu, tapi kata orang tua dulu, hal seperti itu wajar saja jika anak bayi seperti itu karena kadang lagi tidur pun anak bayi kadang suka senyum sendiri, atau nangis bahkan tertawa gaje, yah bagi yang sudah memiliki anak pasti fenomena seperti ini gak akan aneh dan biasa saja



Nah .. pas anaku adelia di kamar paviliun itu berprilaku seperti itu selain berprilaku seperti tengah mengobrol dengan sesuatu, matanya berbinar binar dan kepalanya terus saja miring ke kiri menatap tajam sambil cengar cengir seperti asik sekali,

istriku tiba tiba iseng .."" nih anak lagi ngobrol sama siapa sih, seneng banget keliatan nya "" bergumam di hati kala itu, istriku yang memang tidur disisi anaku adelia dia memandang lekat lekat ke bola mata anaku, awal nya biasa saja ,,,,

tapi.. tiba tiba istriku terkejut bukan kepalang deg..deg... Jantung istriku mendadak berdetak kencang, karena saat melihat bola bola mata anaku yang masih bayi itu, di antara bola bola mata nya yang hitam bening.. istriku melihat satu bayangan jelas sebuah sosok.....astral..



Istriku siang hari itu tak sedikit pun bergerak, apalagi menengok memutar tatapan nya kebelakang, yang dimana tubuh nya yang berposisi terbaring miring menghadap adelia yang masih saja cengar cengir genit.. karena dari pantulan mata anaku yang hitam bening itu, istriku melihat sosok pocong tengah berdiri persis di belakang tubuh istriku yang ternyata tengah di pandangi terus oleh anaku adelia



Semakin penasaran .. sampai di lihat dari jarak yang paling dekat hingga sampai hampir bersentuhan wajah istriku dan anaku adelia di pandangi setatap tatap nya bola mata anaku itu oleh ibunya yaaa,,,

dan tetap mash ada pantulan sosok pocong di boa mata yang hitam bening itu,,,,, aakkkhh... Istriku gemeteran sob... di sini bedanya kalau istriku udah liat yang aneh aneh, dia walau penakut luar biasa banget tapi kalau udah pas kejadian ada yang dilihat dia paling diem gak histeris atau menjerit dia hanya diem saja dan sampai akhir nya menjelang sore ...



Singkat cerita aku dan istripun pamitan pulang kepada ibuku, dan saat ibu aku bertanya mau dimana nanti tempat yang akan ku tempati? Dengan mantap aku bilang di paviliun aja mah... Sambil seraya aku bertanya sama istri , dipaviliun aja ya say??

Istriku Cuma senyum kecut ..sesampai dirumah, tepat nya tadi malam istriku bercerita.. aku yang mendengar cerita istriku hanya berkata HAAaaH?? Yang bener si say? Aa gak ngeliat ada apa apa kok? Lagian kalau iya memang pocong harus nya

si adelia nangis bukan ketawa ketawa kamu salah liat tuh matanya!!! Aku ngotot dewa?? Istri ku lebih ngotot lagi sahut nya """ Gimana aa mau liat, orang AA sama si Alita asik ngorok aja berdua ^ _ ^

Akhir nya kubilang gimana kalau di dalem aja, di kamar paling belakang yang dulu nya bekas sumur aku memberikan opsi ke dua sambil nyengir?? Istriku langsung meloto, Haduuuuh gak mau sahut istriku!! disitu apalagi lebih banyak AA ..

haiisss.. makin susah lagi aja... Akhir nya sampai sekarang belum juga pindah pindah dah..sampai sampai ci mamah telp.. "" gi kamu jadi pindah gak sih bukan cepetan"" aku jawab aja jadi mah.. tapi nanti aja akhir bulan nunggu gajian hehehehe""

No comments:

Post a Comment