Monday, February 22, 2016

Resep Masakan Ikan Kakap Siram Saus Asam Manis


Resep Masakan Ikan Kakap Siram Saus Asam Manis

Resep Masakan Ikan Kakap Siram Saus Asam Manis – resepcaramemasak.info, mari para pecinta kuliner, terutama resep masakan seafood simak nih info yang saya berikan kepada anda tentang kuliner-kuliner yang enak dan lezat tentunya. Semakin banyak menu masakan seafood yang kita sajikan disini nantinya bisa untuk menambah daftar menu masakan yang ingin anda buat sendiri dirumah. Bagi para ibu atau juru masak yang ingin membuat masakan dari ikan kakap dengan bumbu asam manis simak resepnya yang akan kita berikan dibawah ini.

Ikan Kakap merupakan salah satu ikan yang biasa diolah sebagai santapan yang lezat. Ikan jenis ini memang banyak dikonsumsi dan dibuat resep masakan seafood dikarenak rasanya yang enak dan lezat. Selain itu, kandungan gizi dan zat penting lainnya dari ikan yaang akan kita olah menajdi resep ikan kakap saus asam manis ini juga cukup banyak dan bermanfaat buat kesehatan tubuh kita lho.

Selain rasanya yang enak dan lezat, resep ikan kakap siram saus manis yang akan kita buat kali ini juga banyak mengandung protein hewani dan kalium yang berguna buat kebutuhan tubuh sehari hari. Selain itu asam lemak omega 3 didalam tubuh ikan kakap putih ataupun merah juga berguna sekali untuk kesehatan jantung kita. Kalu kita mngkonsumsi ikan kakap sebanyak 3 ons berarti kebutuhan vitamin A kita sudah terpenuhi lho. Teman teman tahu sendiri bukan kegunaan dan manfaat vitamin A ini buat tubuh kita.

Selain kakap merah, teman teman juga bisa menggunakan ikan kakap putih kok untuk membuat resep ikan asam manis ini. Jika anda sekarang bingung bagaimana si mengolah iklan kakap ini dan bumbu apa saja yang dibutuhkan agar menjadi makanan yang enak, langsung saja anda baca langkah-langkah resep Ikan Kakap Siram Saus Asam Manis berikut ini atau baca juga Resep Cara Memasak Steak Tempe.

Bahan Ikan Kakap Siram Saus Asam Manis:
250 g fillet ikan kakap yang kondisinya masih segar. Cuci ikan yang akan digunakan sampai bersih sebelum dimasak dengan bumbu saus asam manisnya.
1/4 sdt garam dapur beryodium
1/4 sdt merica bubuk. Bisa ditambahkan sesuai selera.
1 sdt air jeruk lemon.
4 sdm tepung maizena.

Bahan untuk membuat saus asam manis:

1 siung bawang putih. Kupas kulitnya lalu cincang sampai halus.
1 cm jahe ukuran sedang besar. Kupas kulitnya lalu cincang halus.
1/2 buah bawang bombai ukuran sedang. Kupas kulit luarnya lalu iris iris memanjang.
1 buah cabai merah besar. Bisa ditambah dengan cabai rwait kalau suka. Cuci bersih lalu buang bijinya kemudian iris iris serong.
25 g wortel segar. Kupas kulitnya lalu potong potong kecil panjang seperti korek api
1/2 batang daun bawang, iris serong.
250 ml kaldu.
4 sdm saus tomat kualitas bagus.
1 sdt kecap inggris.
1 sdm gula pasir.
1/4 sdt garam dapur beryodium.
1/4 sdt kaldu ayam bubuk supaya rasanya lebih gurih dan sedap kuahnya.
1/4 sdt merica bubuk. Bisa ditambahkan kalau suka.
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Cara membuat Ikan Kakap Siram Saus Asam Manis :
Ikan kakap: Cuci bersih ikan kakap, potong dadu. Campur dengan garam, merica bubuk, dan air jeruk lemon. Aduk rata, diamkan selama 15 menit. Campur dengan tepung maizena, aduk-aduk hingga semua permukaan terselimuti. Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, sisihkan.
Saus asam manis: Panaskan minyak. Masukkan bawang putih dan jahe, tumis hingga harum. Masukkan bawang bombai, cabai merah besar, dan wortel. Tuang kaldu, didihkan. Masukkan saus tomat, kecap inggris, gula pasir, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica bubuk. Didihkan kembali. Masukkan daun bawang dan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental, angkat.
Penyajian: Tata ikan kakap goreng di atas piring saji, siram atasnya dengan saus asam manis, sajikan segera.
Baca dengan teliti apa saja yang harus anda lakukan untuk Memasak Ikan Kakap Siram Saus Asam Manis, setelah mencoba membuatnya jangan lupa minta pendapat orang lain tentang masakan anda. Semoga resep ikan kakap asam manis ini bisa menjadi menu ikan favorit baru di keluarga anda.


No comments:

Post a Comment