Friday, July 10, 2015

Pantai Molang



Pantai Molang, Eksotisme di Perbatasan Blitar Tulungagung (Renewal)

Posting ini merupakan pembaharuan dari posting terdahulu tentang Pantai Molang yang berjudul “Pantai Molang dan Ini Tanggal 1 Januari”. Pembaharuan ini bertujuan untuk menampilkan eksotika Pantai Molang dalam suasana yang berbeda. Jika dalam posting terdahulu kami menampilkan eksotika Molang dalam suasana mendung, maka dalam posting ini kami akan menampilkan eksotika Molang dalam suasana cerah. Inilah eksotika Pantai Molang yang sesungguhnya.

Pantai Molang adalah pantai yang terletak di perbatasan antara Kab. Blitar dan Kab Tulungagung bagian selatan. Secara adminstratif terletak di perbatasan Desa Plandirejo, Bakung, Blitar dengan Desa Pucanglaban, Pucanglaban, Tulungagung. Akses termudah untuk menuju pantai ini adalah melalui Pucanglaban Tulungagung. Dari Pucanglaban sudah ada akses jalan aspal hingga ke lokasi pantai. Kondisi jalan tersebut sedikit rusak tapi masih mudah untuk dilalui.

Pantai Molang bisa diakses melalui beberapa rute. Dari arah Blitar rute yang bisa dilalui adalah: Kademangan ke selatan menuju Suruhwadang; Dari kantor Kecamatan Kademangan (di atas Gunung) berbelok ke kanan menuju Desa Maron; Setelah menjumpai pertigaan puskesmas pembantu Maron, berbelok ke kanan hingga menjumpai pertigaan yang di tengahnya terdapat miniatur candi di Desa Panggungduwet; Dari pertigaan tersebut belok ke kanan lagi menuju Pasar Puser; Dari Pasar Puser belok ke kiri menuju Pucanglaban. Dari arah Tulungagung rute yang bisa dilalui adalah: Pasar Ngunut ke selatan mengikuti papan petunjuk arah; Pasar Panjerejo terus ke selatan mengikuti jalan ke kanan ke selatan beberapa kali; Sebelum masuk Desa Ngubalan belok ke selatan menaiki gunung dengan jalan yang berkelok-kelok; Ikuti jalan hingga Pasar Puser dan lanjut terus ke selatan sampai tiba di Pucanglaban.

Setiba di Pantai Molang, yang akan kita saksikan adalah eksotika yan tiada akhir. Dengan hamparan pasir putihnya, pantai ini akan segera membius siapa saja yang menyambanginya. Keberadaan muara sungai juga turut menyemarakkan panorama di Molang. Meski keberadaan sungai tersebut telah memisahkan Molang menjadi dua bagian, tetapi telah tersedia jembatan alam untuk menyeberanginya, yakni jajaran karang yang tertata secara alami


Yang harus selalu di waspadai dari Pantai Molang adalah ombaknya. Ingat! Pantai ini terletak di pesisir selatan Jawa yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Jadi di pantai ini sangat tidak direkomendasikan untuk berenang. Apabila air laut sedang pasang juga tidak direkomendasikan untuk menyeberang melalui karang, cari saja tempat yang teduh dan saksikan atraksi ombak yang keren.




Pantai Tulungagung Yang Lain

Pantai Sine
Pantai Popoh
Pantai Sidem 
Pantai Coro
Pantai Sanggar
Pantai Lumbung
Pantai Dlodo
Pantai Brumbun
Pantai Gerangan 
 

No comments:

Post a Comment