Tuesday, July 21, 2015

Resep Cara Membuat Sambal Bawang Enak



Resep Cara Membuat Sambal Bawang Enak

Resep Dan Cara Membuat Sambal Bawang Enak – Hari hari akan lebih bertenaga jika kita makan 3 kali dalam sehari tapi dalam hal makan pun perlu diperhatikan variais menu makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai karena menu makanan yang itu-itu saja tanpa variasi lain pastinya akan membuat kita dan semua anggota keluarga bosan untuk makan. Hal ini juga bisa membuat kurang berselera makan sehingga kadang menggangu pikiran ibu ibu semua. Sebenarnya dengan mudah kita bisa membeli variasi masakan lain di rumah makan atau warung makan sekitar kita. Tetapi tentu saja ini akan mengeluarkan dan menambah budget pengeluaran yang cukup besar. Teruatma untuk ibu ibu yang lagi dalam program pengetatan anggaran. Nah untuk itu, kami dari situs resepcaramemasak.info akan mengupdate Resep Masakan kepada para ibu supaya punya ide dan pilihan yang lain untuk memasak buat keluarga. Kali ini untuk menu makanan hari ini ada menu Sambal Bawang yang rasanya enak dan tidak kalah dengan Resep Sambal Teri Nasi yang sudah pernah kami berikan sebelumnya.

Bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat sambal bawang yang enak dan pas di lidah:

    15 butir bawang merah ukuran sedang besar. Lebih disarankan memakai bawang merah lokal supaya hasilnya lebih enak dan harum aromanya.
    7 siung bawang putih ukuran sedang besar. Kupas kulitnya lalu potong kecil kecil supaya mudah saat mau diuleg nantinya.
    5 buah cabai merah besar. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesua dengan selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan
    15 buah cabai rawit merah yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Kalau tidak suka pedas, bahan ini bisa dikurangi sesuai selera masing masing.
    1 batang serai. Ambil yang bagian berwarna putihnya saja lalu diiris tipis tipis.
    1 1/4 sendok teh garam dapur beryodium. Bisa ditambahkan atau dikurangi buat mereka yang tidak terlalu suka masakan yang agak asin.
    1/4 sendok teh gula pasir putih. Bisa ditambahkan kalau dirasa terlalu pedas.
    Minyak sayur untuk menumis secukupnya

Cara membuat sambal bawang yang mudah dan cepat:

     Langkah pertama adalah cuci bersih semua bahan yang akan digunakan, seperti buah cabai, batang serai supaya lebih setril dan sehat.
    Tumbuk atau uleg bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, dan serai. Untuk mengulegnya jangan terlalu halus seperti menguleg bumbu buat tumisan. Secukupnya saja asal hancur saja.
     Panaskan minyak. Tumis sambal di atas api kecil sambil diaduk aduk semua bahan hingga tercium bau harum khas bumbunya dan matang.
    Tambahkan garam dapur beryodium dan gula pasirnya sesuai selera . Aduk aduk kembali sampai semua bahan benar benar tercampur rata.

Sambal diatas bisa disajikan kurang lebih untuk 5 porsi sampai 7 porsi.

Sekian menu masakan hari ini untuk ibu. Walaupun menu diatas bisa dibilang sangat sederhana, tetapi semoga Resep Sambal Bawang ini bisa ibu buat dan sajikan secara istimewa kepada anggota keluarga dan disukai oleh semua. Untuk ide resep masakan sederhana yang lain, ibu ibu bisa melihat resep kami yang lain. Semoga ibu ibu tidak pusing atau kesulitan lagi untuk membuat variasi masakan yang berbeda setiap harinya.

No comments:

Post a Comment