Sunday, July 19, 2015

Curug Sawer Bandung





Wisata Air Terjun Curug Sawer Bandung

Wisata Air Terjun Curug Sawer ini berlokasi di Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Curug Sawer yang dikelola oleh KPH Perhutani ini memiliki area seluas 7 ha, berada di ketinggian 1700 m (dpl) dengan curah hujan sekitar 4000 mm/tahun. Air terjun ini memiliki beberapa air terjun yang bertingkat. Namanya sendiri   merupakan legenda bagi masyarakat yang konon jika anda mandi di air terjun ini, anda akan segera menikah dan awet muda. Sayangnya obyek wisata ini secara rutin hanya ramai pada hari Minggu dan musim liburan. Hal ini dikarenakan lokasi wisata ini belum maksimal dikembangkan. Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata,  tak sedikit juga orang yang datang untuk sekedar berjogging sambil menikmati indahnya panorama alam yang disajikan

Di kawasan Wisata Air Terjun Curug Sawer ini  terdapat dua air terjun, yaitu Curug Cimanaracun yang letaknya sangat dekat dengan danau dan Curug Sawer yang merupakan air terjun terbesar di Taman Nasional. Curug Sawer dapat dikunjungi dengan berjalan kaki sejauh dua km. Letak  kompleks danau terpisah dari kawasan utama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan jalan setapak menuju Curug Sawer melewati  areal Situgunung yang sangat baik untuk mengamati berbagai jenis burung dan  juga baik untuk mengamati bajing, tupai, surili dan owa.

 Biaya tiket masuknya hanya membayar 3000/orang dan jika ingin berkemah dikenakan biaya 5000/hari. Di area Wisata Air Terjun Curug Sawer ini  tersedia beberapa warung makan, toilet, mushola, pusat informasi dan area parkir.   Juga di sekitar kawasan ini (sebelum pintu masuk) banyak tersedia cottage atau vila.  Harga yang ditawarkan antara Rp. 250 ribu hingga Rp. 350 ribu per malam. Disini juga tersedia beberapa sarana penginapan dan area perkemahan yang luasnya lima hektar serta masing-masing blok disediakan kamar mandi, MCK dan beberapa ruangan lengkap dengan air bersih.  Bagi yang tidak membawa perlengkapan berkemah, pihak pengelola menyediakan tenda dan alat-alat berkemah lainnya.

Adapun wisata lainnya yaitu  Danau Situ Gunung dengan luas sekitar 10 hektar  dengan  disertai panorama yang indah dan dikelilingi bukit serta tegakan pohon cemara. Lokasi Wisata Air Terjun Curug Sawer   ini  hanya berjarak 2,5 kilometer dari loket pintu masuk. Namun, jalan yang sudah beraspal hanya sekitar 1 kilometer, sisanya berupa jalan setapak yang menanjak dan berbatu. Satu-satunya penunjuk hanyalah papan nama kayu yang berada di samping jalan untuk masuk ke jalan setapak. Ada dua jalur bagi pejalan kaki yang akan  menuju air terjun, yaitu dari perkemahan Situ Gunung dan dari perkemahan Cinumpang.

 Jika anda senang melewati jalan yang penuh rintangan anda bisa mengambil jalur berangkat dari perkemahan Situ Gunung dan kembali lewat perkemahan Cinumpang. Jalur dari perkemahan Situ Gunung cukup menantang karena turun naik di pinggir jurang. Namun, bagi yang menggunakan kendaraan umum dari kota Sukabumi dapat menggunakan angkutan umum dengan trayek Sukabumi - Cisaat.  Selanjutnya turun di depan alun-alun Cisaat kemudian menyeberang jalan dan berjalan kaki sedikit ke arah tempat mangkal angkot jurusan Kadudampit yang berada dijalan disamping kantor Polsek Cisaat.   Karena biasanya angkutan umum ini tidak sampai ke depan gerbang masuk lokasi Wisata Air Terjun Curug Sawer ,  maka anda harus bayar lebih supaya diantar langsung kesana.


Wisata CURUG di BANDUNG yang direkomendasikan

Curug Dago
Curug Cimahi
Curug Cilengkrang
Curug Malela
Curug Jompong
Curug Panganten
Curug Siliwangi
Pesona Curug Omas
Curug Maribaya
Curug Tilu
 

No comments:

Post a Comment