Thursday, July 16, 2015

Curug Cilengkrang - Bandung





Curug Cilengkrang - Bandung

Curug Cilengkrang berada di kawasan Gunung Manglayang (+1800 m dpl) sebelah timur kota Bandung dan merupakan obyek wisata yang dikelola Perum Perhutani PH Unit 3 Bandung Utara dan masyarakat setempat.

Curug Cilengkrang ini berupa rangkaian air terjun dalam rentang 2 kilometer di sepanjang aliran Sungai Cihampelas.  Sungai ini mengikuti alur lembah Gunung Manglayang  dari utara ke selatan.

Di kawasan ini setidaknya enam air terjun dengan ketinggian bervariasi, 3-10 meter.   Oleh warga setempat, air terjun itu pun diberi nama (berurutan dari hilir), yaitu Curug Batupeti, Curug Papak, Curug Panganten, Curug Kacapi, Curug Dampit dan Curug Leknan.  Keenam obyek wisata ini dibilang cukup tersembunyi. Tidak ada penunjuk jalan apa pun yang dipasang di sepanjang jalan menuju lokasi.

Penamaan air terjun  berasal dari bentuk bongkahan batu hasil lava karena proses alam dan membentuk air terjun tersebut, seperti Curug Panganten, yang menyerupai kursi pelaminan. Ada pula Curug Papak dengan formasi batuan yang datar dimana permukaannya rata.  Juga Curug Batu Peti, demikian dinamakan karena di samping curug ini terdapat bongkahan lava yang mana dua sisinya rata menyerupai peti yang tertutup.  Konon  peti ini adalah  tempat perkakas Sangkuriang untuk membuat perahu.

Di ujung jalan terdapat Curug Dampit yang tak lain adalah dua air terjun berdempetan, mengalir di dinding batu setinggi hampir 1 kilometer.  Dari curug ini untuk menuju Curug Papak lebih indah dan dekat menyusuri sungai dari pada naik tebing atau melewati Pos I. Dua tingkat Curug Batupeti, masing-masing setinggi 4 meter bagian bawah dan 2 meter di bagian atas,

Lokasi

Terletak di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan JKoordinat GPS:
 
Aksesbilitas

Berjarak 10 km dari Kota Bandung.  Salah satu jalan yang bisa diambil untuk mencapai Curug Cilengkrang adalah dari arah jalan A. H Nasution di Km 12 sebelah timur alun-alun Kecamatan Ujung Berung Bandung.  Kemudian masuk ke kalan Cilengkrang I. Dari ujung jalan tersebut, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 10 kilometer untuk mencapai pintu masuk menuju air terjun. Sepanjang 7 kilometer pertama adalah dari ujung jalan hingga Kantor Desa Cilengkrang, ditambah 3 kilometer berikutnya untuk mencapai pintu masuk.

Kondisi aspal jalan relatif baik. Hanya, selepas melewati Kantor Desa Cilengkrang, hanya ada jalanan berbatu (koral) menuju pintu masuk. Kendaraan roda empat bakal kesulitan melalui jalan berbatu kecuali mobil dengan gardan ganda.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat naik ojek (yang mangkal di Jalan Cilengkrang I di Jalan AH Nasution) dengan ongkos Rp 8000 hingga Kantor Desa Cilengkrang.

Selanjutnya untuk mencapai ke enam curug ini harus melewati jalan setapak menyusuri sungai, bahkan harus melintasi badan sunga dan mendaki bukiti demi mencapai air terjun yang letaknya jauh di dalam hutan.

Jarak tempuh ke Curug Batu Peti sekitar 100 m dari pintu masuk.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 3000/orang

Fasilitas dan Akomodasi

Tersedia area perkemahan, juga warung-warung yang menjual makanan tetapi hanya buka pada akhir pekan atau masa liburan. Ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman saat berkunjung.


Wisata CURUG di BANDUNG yang direkomendasikan

Curug Dago
Curug Cimahi
Curug Malela
Curug Jompong
Curug Panganten
Curug Siliwangi
Pesona Curug Omas
Curug Maribaya
Curug Tilu
Curug Sawer
 

No comments:

Post a Comment