Thursday, July 30, 2015

Museum di Meksiko Punya Mumi Terkecil di Dunia



Guanajuato - Mumi tak hanya ada Mesir, tapi juga di negara lain seperti Meksiko. Di Meksiko pun ada Museum of the Mummies, yang berisi lebih dari seratus mumi. Mumi yang diyakini terkecil di dunia juga ada di sana. Berani lihat?

Museo de las Momias atau Museum of the Mummies bisa ditemukan di Kota Guanajuato, Meksiko. Museum ini menyimpan sekitar 111 mumi asli. Maka selama di dalam museum, sejauh mata memandang akan terlihat mumi dengan berbagai ukuran. Hiii!

Ditengok detikTravel dari situs resminya, Kamis (30/7/2015) dari seratusan mumi yang ada, mumi terkecil di dunia menjadi salah satu koleksi penting di museum. Mumi itu merupakan bayi dari seorang wanita hamil yang meninggal karena penyakit kolera.

Selain bayi, mumi wanita dan pria dewasa juga bisa dilihat. Berbeda dengan mumi di Mesir kebanyakan, mumi yang ada di Museum of the Mummies ini terbentuk secara alami.

Ceritanya, pada tahun 1865 hingga 1958 pemerintah Kota Guanajuato membuat aturan yang mengharuskan warga untuk membaya pajak pemakaman. Jika terlambat membayar pajak selama tiga tahun berturut-turut, mayat keluarga siapapun yang sudah dimakamkan akan digali dari kubur.

Saat menggali mayat itulah ditemukan sesuatu yang aneh. Mayat yang sudah lama dikubur itu terlihat seperti mumi. Semuanya terbentuk menjadi mumi dengan sendirinya. Belum diketahui kandungan apa yang ada di tanah Guanajuato, yang membuat mayat yang dikubur bisa menjadi mumi.

Mayat-mayat yang telah menjadi mumi tersebut kemudian digeletakkan di suatu ruang bawah tanah di area pemakaman. Jika pihak keluarga datang dan membayar pajak, maka akan kembali dikubur dengan semestinya.

Pada tahun 1894, pemakaman di kota itu telah mengumpulkan banyak mumi dari keluarga yang tidak membayar pajak. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat museum yang isinya mumi.

Mumi yang ada di Museum of the Mummies terlihat begitu seram dengan mulut menganga dan kain compang-camping yang masih melekat. Mumi tesebut ada yang diletakkan di dalam kotak kaca dalam keadaan duduk, berbaring ataupun berdiri.

Traveler yang sedang liburan di Meksiko dan penasaran ingin melihat mumi, langsung saja datang ke Museum of the Mummies. Museum buka setiap hari sejak sekitar pukul 09.00 hingga 18.00.

No comments:

Post a Comment