Tuesday, July 14, 2015

Pantai Sanggar Tulungagung

Pantai Sanggar terletak di Dusun Ngelo, Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Tulungagung berada di pesisir selatan Jawa Timur, Indonesia, dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia/Hindia . Berjarak sekitar 154 kilometer dari kota Surabaya, Tulungagung dapat diakses dari Surabaya dengan menggunakan bus atau kereta api.

Pantai ini berada sekitar 30 kilometer dari pusat kota Tulungagung. Untuk menuju lokasi pantai, kita hanya bisa menggunakan sepeda motor atau bahkan jalan kaki karena sarana transportasi publik belum tersedia hingga saat ini. Dari pemukiman di sekitar pantai menuju Pantai Sanggar, jarak tempuh adalah sekitar 5 kilometer dengan medan berupa perbukitan. Sepanjang perjalanan kita akan menemui banyak ladang milik warga dan beberapa spot hutan yang masih alami.

Keindahan Pantai Sanggar sungguh menggoda. Pantai Sanggar terletak di Desa Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Propinsi Jawa Timur.  Merupakan salah satu pantai selatan pulau jawa.

Pantai Sanggar sangat jernih dan bersih karena masih jarang dikunjungi wisatawan. Dengan pesona pasirnya yang putih membuat kita pasti pengen berlama - lama disini.

Pantai Sanggar masih dikelola oleh penduduk sekitar jadi masih belum ditentukan tiket masuknya, biasanya pengunjung memberikan sumbangan untuk perbaikan akses jalan dan pengadaan sarana mck dan mushola yang sampai sekarang masih dalam tahap perencanaan karena belum cukupnya anggaran....

Pantai Sanggar juga bersebelahan dengan Pantai Ngalur dan Pantai "Pathok Gebang" yang keindahannya juga tidak kalah menarik.

Pantai  Ngalur  memiliki pasir putih yang luas, bagus bila dikunjungi saat sore hari. Sedangkan Pantai "Pathok Gebang" terletak disebelah kanan Pantai Sanggar, untuk menuju kesana dibutuhkan perjalanan kaki sekitar 1 jam karena belum dapat di akses dengan menggunakan kendaraan bermotor. Mata anda akan dimanjakan dengan deburan ombak yang menghantam batu karang. Ketinggian deburan ombak bisa mencapai 10 m.

Pantai-pantai ini berhubungan langsung dengan Samudra Hindia sehingga ombaknya agak besar. Keberadaan  hutan lindung semakin menambah kecantikan pantai ini.

Pada sore hari    ketika air laut surut, kita bisa mencari kerang atau mungkin sekedar mengamati kehidupan bawah laut dari balik batu karang. Pantai Sanggar bagus buat petualang.
       Sering kali kita jumpai lobster yang masih kecil ikut terseret arus ombak sampai ke bibir pantai. Dan binatang - binatang laut lainnya yang tidak kalah menarik seperti bintang laut, kuda laut dan masih banyak lagi.
   Transportasi yang bisa digunakan untuk sementara masih sepeda motor, mobil belum bisa sampai pantai. Bagi pengunjung yang membawa  mobil bisa menggunakan jasa ojek untuk dapat sampai ke pantai tersebut.
        Untuk jalur yang ditempuh bila ingin ke pantai sanggar dari Terminal Tulungagung kurang lebih 37km.

Dari terminal Tulungagung ke selatan 10 km ada pasar Campur darat terus ke timur kurang lebih  7 km lagi ada SMA Negeri 1 Campurdarat ambil arah  yang ke timur       kurang        lebih      10   km  sampai       SLTPN 1 Tanggunggunung.

Silahkan pilih jalur ke selatan arah Pantai Sine. Dari SLTPN 1 Tanggunggunung kurang lebih 10 km lagi sudah sampai Dusun Ngelo.

Sesampai Dusun Ngelo silahkan tanya kepada warga sekitar arah ke pantai Sanggar. Jalan masuknya lewat sebelah Masjid Dusun Ngelo

Jalan Menuju Pantai Sanggar:
  1. Dari kota Tulungagung, tepatnya alun-alun, ke selatan Hingga perempatan Tamanan, Dari terminal Gayatri Tulungagung Ke Timur Hingga perempatan Lampu Merah Tamanan. Dari perempatan Tamanan lurus ke selatan Hingga Universitas Tulungagung, terus lurus ke selatan sampai Perempatan Pasar Boyolangu, masih lurus keselatan sampai pertigaan Lampu merah Pasar Campurdarat, Lalu belok ke kiri (ke arah pantai popoh) ikuti jalan raya hingga sampai di pertigaan SMAN 1 Campurdarat(pojok kiri jalan), dari SMAN 1 Campurdarat belok ke kiri ( ke arah Telaga Buret ) sampai Kecamatan Tanggunggunung, dari sini anda bisa bertanya kemana arah menuju Dusun Ngelo, Desa Jengklungaharjo(disarankan), karena Tidak kebanyakan orang Tulungagung tahu mengenai Pantai Sanggar.
  2. Dari Stasiun Sumbergempol, ke barat hingga perempatan lampu merah (perempatan Gragalan), dari perempatan Gragalan belok ke kiri/keselatan (arah ke Kecamatan Kalidawir), Lurus keselatan sampai tikungan 2 kali Desa Wonorejo, lalu keselatan Hingga Pom Bensin Podorejo, masih ke selatan lagi hingga Pasar Bendilwungu, masih keselatan lagi Hingga Tugu Pancasila, belok kiri hingga perempatan, perempatan belok kanan hingga pasar, lalu melewati Telkom Kalidawir keselatan hingga Naik jalan mulai menanjak ke bukit ikuti jalan aspal hingga ke Tanggunuggunug, dari sini anda bisa bertanya kemana arah menuju Dusun Ngelo, Desa Jengklungaharjo(disarankan), karena Tidak kebanyakan orang Tulungagung tahu mengenai Pantai Sanggar.