Thursday, July 16, 2015

Curug Jompong Bandung



Wisata Air Terjun Curug Jompong Bandung



Wisata Air Terjun Curug Jompong Bandung adalah curug yang merupakan aliran dari sungai Citarum. Curug ini dulunya sempat dijadikan sebagai salah satu objek wisata dan tercatat di dalam buku panduan wisata  Bandung/Priangan pada tahun 20-30an dan terbentuk dari batuan purba. Curug Jompong itu sendiri terletak di Jl. Balakasep Kaler, Soreang Kab. Bandung. Namun Curug yang kaitannya sangat erat dengan sungai citarum  ini keindahannya  sudah jauh berkurang, kini sampah plastik, styrofoam, hingga limbah industri sudah mencemarinya.

 Ada wacana bahwa Wisata Air Terjun Curug Jompong Bandung ini akan dipangkas untuk memperlancar aliran Citarum.  Dengan adanya pemangkasan ini diharapkan banjir di daerah Bale Endah dapat teratasi.  Namun menurut para ahli hal tersebut tidak akan mengatasi banjir dan dianggap hanya akan menghambur-hamburkan uang melalui proyek-proyek yang beranggaran besar yang tidak akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Namun ada orang berpendapat bahwa cukup masuk akal untuk dirombak yang akan bermanfaat bagi warga sekitar yaitu warga Bale endah.

Tetapi ada pula yang berpendapat lain bahwa jika Wisata Air Terjun Curug Jompong Bandung di hancurkan maka akan ada erosi mudik ke arah hulu sungai yang menyebabkan pondasi jembatan-jembatan  di sekitar bantaran sungai tidak kuat dan akhirnya ambruk. Pada jaman Belanda, daerah Bandung selatan yang sering banjir itu bukan merupakan pemukiman, melainkan tempat pelimpahan air dari sungai jika terjadi peluapan. Jadi  memang daerah itu tidak cocok untuk dijadikan pemukiman. Maka dari itu mulai dari sekarang apakah kita akan salahkan alam atau memang manusianya yang tidak bisa menjaga lingkungan.

Selain itu, yang diajukan PSDA ketika itu berupa pemangkasan tanggul dalam dasar Sungai Citarum. Tanggul alam di dasar sungai itu disebut warga sekitar dengan nama Wisata Air Terjun Curug Jompong Bandung. Lokasinya ada di wilayah hilir sungai tepian genangan Waduk Saguling Kabupaten Bandung Barat sekitar 15 Km ke arah barat dari area langganan banjir sekarang.

PemangkasanWisata Air Terjun Curug Jompong Bandung memang dapat berakibat beragam seperti dampak positif maupun negatif. Sehingga dulu saat solusi dikemukakan banyak pihak khawatir atas menurunnya dasar sungai bagian hulu karena terbawa arus sedimen. Dengan begitu banyak pondasi bangunan tepi sungai yang tergerus, bahkan kemungkinan labilnya tiang-tiang jembatan penting yang melintasi Sungai citarum.

Dan pada akhirnya pemangkasan Curug Jompong hanya akan menguntungkan pemerintah pusat dan daerah dan menjadi proyek semata yang rentan dijadikan bahan korupsi oleh birokrasi pemerintahan baik pusat dan daerah yang gila harta. Mulai dari sekarang siapa lagi kalo bukan kita yang merawatnya.



Wisata CURUG di BANDUNG yang direkomendasikan

Curug Dago
Curug Cimahi
Curug Cilengkrang
Curug Malela
Curug Panganten
Curug Siliwangi
Pesona Curug Omas
Curug Maribaya
Curug Tilu
Curug Sawer
 

No comments:

Post a Comment