Thursday, July 16, 2015

Curug Malela Bandung Barat




Curug Malela, Wisata Air terjun di Bandung Barat

Tidak ada banyak orang yang tahu bahwa Curug Malela ini adalah salah satu curug yang terindah di Bandung, khususnya di kabupaten Bandung Barat. Ini adalah salah satu wisata alam yang terbaik yang pernah ada. Selain dari udaranya yang sejuk, tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan sangat sayang untuk dilewatkan. Perjalanan yang ditempuh juga akan menyajikan pemandangan yang sangat asri dan berbeda dari kawasan wisata yang lainnya yang ada di Bandung.

Ada beberapa rute yang bisa digunakan untuk sampai ke Curug Malela, yakini melewati Cianjur dan kota Cimahi. Para pengunjung bisa memilih rute yang terdekat dengan tempat tinggal untuk menghemat perjalanan. Beberapa sumber mengatakan bahwa jalur yang dilalui saat mendekati loasi curug kebanyakan adalah jalur berbatu dan rusak sehingga perlu kehati-hatian dalam melaluinya. Namun demikian kondisi tersebut tidak akan ada apa-apanya sebab letih yang terasa saat diperjanan akan terbayar saat air terjun ini sudah berada di depan mata kita.

Jalanan yang dilalui ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Ada begitu banyak orang yang akan terpesona dengan keindahan alam yang masih sangat alami ini. Semua kelelahan yang dialami dijamin akan terbayar dengan keindahan dan segarnya alam di Curug Malela.

Mengenal Lokasi
Alamat lengkap Curug Malela ialah berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat - Indonesia. Lokasinya yang cukup jauh dari kota Bandung membuat membuat banyak backpacker yang belum mengetahui keindahan air terjun yang satu ini.

Aksesibilitas
Untuk lebih jelasnya mengenai rute atau petunjuk jalan menuju ke Curug Malela, berikut ini akan diulas secara lengkap yang mudah-mudahan dapat membantu kepada siapa saja yang membutuhkannya.
Rute ke Curug Malela Dengan Kendaraan Pribadi
Jika anda membawa kendaraan pribadi maka rute yang di tempuh adalah sebagai berikut :
( Cimahi -> Batu Jajar -> Kota Kecamatan Cihampelas -> Cililin -> Sindang Kerta -> Gunung Halu -> Buni Jaya -> Lokasi )

    Pertama anda harus pergi menuju Cimahi, agar mudah anda dapat menggunakan Gerbang Tol Baros
    Kemudian dilanjutkan ke arah Batu Jajar
    lalu masuk arah Cihampelas, dan diteruskan menuju Cililin
    Lalu masuk kawasan Sindang kerta di teruskan ke arah Gunung Halu
    Dilanjutkan menuju Buni Jaya, dan langsung menuju lokasi wisata Curug Malela


Cara / Rute ke Curug Malela dengan kendaraan Umum
Sebenarnya untuk menuju lokasi dimana Curug Malela berada bisa juga melalui jalur Cianjur, namun menggunakan jalur Bandung mungkin akan lebih memudahkan kita untuk mencapai lokasi curug malela.
Pertama yang harus disinggahi tentunya adalah kota Bandung dimana terdapat beberapa terminal yang bisa dijadikan rute awal perjalanan kita. Jika anda berasal dari Jakarta, Bekasi, Tangerang Bogor, Depok dan sekitarnya dapat singgah di terminal Leuwi Panjang. Namun bagi pelancong yang berasal dari Garut, Taikmalaya, Ciamis, Cirebon dan sekitarnya selain Leuwi Panjang bisa juga turun di terminal Cileunyi.
Setelah turun di salah satu terminal terminal sebagaimana yang disebutkan diatas, dilanjutkan dengan mengikuti rute berikut ini:

    Dari terminal Leuwi Panang menuju Curug Malela.
    Pertama naik angkot jurusan Cimahi dan Cililin -> dari Cililin dilanjutkan dengan naik Bus jurusan Gununghalu/Bunijaya -> dari terminal Bunijaya perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek menuju Desa Cicadas, dari sana tinggal berjalan kaki melintasi bukit - bukit dan pesawahan yang indah sampai lokasi air terjun.
    Dari terminal Cileunyi ke Curug Malala.
    Di terminal Cileunyi naik saja Bis Jurusan Cileunyi - Cililin -> kemudian dari Cililin dilanjutkan dengan menggunakan Bis jurusan Gununghalu / Bunijaya. Setelah sampai terminal Bunijaya lalu naik ojek menuju Desa Cicadas kemudian berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

Ada banyak air terjun yang cukup terkenal di wilayah Jawa Barat khususnya kawasan Bandung yang sering mendapat kunjungan dari para pelancong, namun belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata alam yang satu ini.


Wisata CURUG di BANDUNG yang direkomendasikan

Curug Dago
Curug Cimahi
Curug Cilengkrang
Curug Jompong
Curug Panganten
Curug Siliwangi
Pesona Curug Omas
Curug Maribaya
Curug Tilu
Curug Sawer
 

No comments:

Post a Comment