Friday, July 10, 2015

Pantai Sine Tulungagung



Mulusnya Jalan Menuju Pantai Sine Tulungagung

Keindahan Pantai Sine yang terletak di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, 35 Km arah selatan kota Tulungagung semakin ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun luar daerah. Hal ini, karena di Pantai Sine selain mempunyai Keindahan yang alami,   Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah melakukan berbagai usaha, salah satunya memperbaiki dan melebarkan akses jalan   menuju pantai yang mempunyai hamparan pantai putih yang luas ini. Dari pantauan, Reporter Bagian Humas yang mengunjungi pantai sine, Kamis kemarin (5/03/2015) sepanjang jalan mulai dari Kota Tulungagung hingga  lokasi wisata pantai sine,  semua jalan sudah lebar dan mulus beraspal Hotmix. Pemandangan alam pegunungan yang sangat elok menambah semangat untuk berbagi cerita kepada kawan. Apalagi, setelah  sampai di pantai wow... menyenangkan sekali. Pantai sine berbentuk teluk menampilkan pemandangan yang begitu Indah dan fantastis serta mengagumkan. Bisa jadi Pantai Sine adalah Balinya Tulungagung.


Imam Suwarno (48) salah satu tokoh warga setempat menuturkan, semenjak jalan diperbaiki oleh Bupati Syahri Mulyo kawasan pantai sine setiap hari libur dan Minggu tidak kurang dari 500 orang mengunjungi pantai.  “Alhamdulillah mas, sak wis se Bupati syahri bangun dalan ko kalidawir teko pantai iki, saben dino libur lan minggu okeh sing podo teko mrene, kiro-kiro ndak kurang ko 500 uwong dolan mrene,” ujar Warno. (Red. Alhamdulillah, setelah Bupati Syahri Mulyo membangun jalan dari Kalidawir hingga pantai sine, setiap hari libur dan minggu banyak yang datang ke pantai, sekitar 500 orang).

Lebih lanjut, Imam mengungkapkan berkad perbaikan jalan membuat warga Kalibatur terutama sekitar Pantai Sine bisa membuka usaha baru yaitu ikan asap, warung makan dan minuman serta toilet umum.  Hal ini dapat menambah tingkat kesjahteraan para warga.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Tulungagung Drs. Marjadji, MM secara terpisah mengatakan Pemerintah Daerah telah memperbaiki jalan menuju pantai sine dan sekarang masyarakat sudah bisa menikmati fasilitas umum tersebut. Adanya jalan tersebut agar warga dan para pecinta wisata pantai bisa dengan mudah dan nyaman mengunjungi pantai yang  indah tersebut. Lebih lanjut Marjadji menambahkan Pemkab Tulungagung bertekat untuk terus membangun sarana dan prasarana, utamanya akses jalan yang ada di Wilayah Tulungagung, dan hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat Tulungagung, utamanya menggalakkan wisata yang mampu menyerap tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran.


Selain menyajikan keindahan alami Pantai Sine ini juga menyajikan keragaman budaya lokal masyarakat sekitar, seperti kesenian wayang kulit yang dipertunjukkan setiap tanggal satu suro. Ditambah lagi, prosesi  larung sesaji yang dipercaya warga setempat untuk mengusir semua hal-hal buruk atau pun acara mencuci atau memandikan senjata kuno seperti keris dan tombak dari para sesepuh masyarakat. (Din/Humas)



Pantai Tulungagung Yang Lain

Pantai Popoh
Pantai Molang
Pantai Sidem 
Pantai Coro
Pantai Sanggar
Pantai Lumbung
Pantai Dlodo
Pantai Brumbun
Pantai Gerangan 

No comments:

Post a Comment